OLEH: Diakon Eki Junedin, OCD

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Jaga dirimu! Jika saudaramu berbuat dosa, tegurlah dia. Jika dia berbuat dosa terhadap kamu tujuh kali sehari dan kembali kepadamu tujuh kali dan berkata, ‘Maafkan aku’, kamu harus mengampuni dia. “

* Inspirasi Harian

Dosa adalah kelemahan, sedangkan pengampunan adalah kekuatan. Satu-satunya hal yang melemahkan sifat manusia adalah dosa. Dan cara untuk menyembuhkan kelemahan itu adalah melalui pengampunan.

kata Santo Fransiskus dari Assisi, “Satu-satunya hal yang menyedihkan di dunia ini adalah dosa.” Jadi, benar untuk mengatakan bahwa kita diciptakan untuk kemuliaan, kebahagiaan dan kegembiraan dalam hidup. Tidak ada alasan bagi kita untuk bersedih, karena bukan itu alasan kita diciptakan.

Dengan mengatakan, “jaga dirimu!”, Tuhan ingin mengingatkan bahwa siapa pun bisa jatuh dan ternoda dosa. Selain menjaga diri sendiri, kita juga dituntut untuk menjaga orang lain agar tidak terjatuh.

Ini bukan karena kita cukup kuat, tetapi justru sebaliknya, karena kita perlu diperkuat oleh orang lain. Tak perlu menunggu senja berhenti, tak perlu sempurna untuk peduli.

Baca Juga: Inspirasi Harian Minggu, Lukas 20:27-38, Tiga Fase Kehidupan Rohani

Sebuah kutipan menarik dari film, Electra, telah lama menginspirasi saya: “Ada hal-hal yang tidak dapat dipelajari, tetapi dialami untuk dipahami.” Juga dipahami bahwa cara terbaik untuk melindungi diri sendiri adalah dengan memahami kejatuhan orang lain.

Pengampunan dan pengampunan menjadi kekuatan, karena tindakan seperti itu melemahkan dosa dan membawa kedamaian.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *