PusatDapodik
Home Berita Isu Pramuka Akan Menjadi Mata Pelajaran? Ini Penjelasannya

Isu Pramuka Akan Menjadi Mata Pelajaran? Ini Penjelasannya

b33e9 dsc00148

Table of content:

[Hide] [Show]

PUSATDAPODIK.COM – Ada wacana bahwa pramuka akan dijadikan mata pelajaran, apakah informasi tersebut benar adanya? Padahal informasi ini sudah menuai berbagai pro dan kontra dari berbagai pihak. Untuk mengetahui kebenaran informasinya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Beberapa waktu belakangan ini publik khususnya dunia pendidikan dihebohkan dengan berita bahwa ekstrakulikuler pramuka kini bukan lagi ekstrakurikuler wajib. Bahkan ada berita bahwa pramuka akan dijadikan sebagai mata pembelajaran.

Penjelasan Menteri Pendidikan

Namun, informasi ini sudah diluruskan oleh Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), bahwa pramuka merupakan ekstrakurikuler pilihan dan bukan dijadikan sebagai mata pelajaran wajib.

Pernyataan ini disampaikan oleh Nadiem dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI dengan Kemendikbud Ristek RI di Gedung DPR RI pada Rabu, 3 April 2024.

Nadiem menyatakan harapannya untuk melanjutkan diskusi dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (Kwarnas) guna mengintegrasikan nilai-nilai kepramukaan ke dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) setelah terbitnya Permendikbud Ristek No 12 Tahun 2024.

Nadiem menjelaskan bahwa P5 dan Pramuka bukanlah mata pelajaran baru bahkan dirinya tdk ada rencana untuk menambah maupun mengurangi mata pelajaran yang sudah ada.

Menteri Pendidikan juga menjelaskan bahwa P5 merupakan kegiatan diluar mata pelajaran yang masuk ke dalam ranah kokurikuler. Setidaknya lebih dari 20% waktu di masa sekolah dialokasikan untuk mengerjakan proyek P5 yang dilakukan peserta didik.

Lebih lanjut Nadiem berharap bisa berdiskusi antara kementrian pendidikan dengan Kwartir Nasional gerakan Pramuka agar menghasilkan kesepakatan dalam membangun peserta didik.

Ia juga menyetujui adanya upaya untuk menyusun satu pernyataan bersama, yang menandakan adanya kemitraan yang lebih erat antara kedua pihak.

Jadi, wacana Pramuka sebagai kokurikuler alam P5 bukanlah hal pasti namun masih dalam tahap diskusi lebih lanjut. Demikianlah informasi ini semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Disclaimer : Saksikan informasi update terbaru tentang pendidikan, CPNS, ASN dan informasi penting bagi guru lainnya dengan bergabung di channel telegram kami. KLIK LINK BERIKUT dan pilih JOIN.

 

Comment
Share:

Ad