Kampus Mandiri – Berbicara tentang pendidikan, tentu tidak akan pernah ada habisnya. Karena dinamika tersebut selalu menjadi pusat perhatian baik dari kalangan keluarga berencana maupun tingkat pendidikan tinggi.

Akhir-akhir ini pembahasan tentang dunia pendidikan tinggi juga sedang ramai diperbincangkan, terutama mengenai program Kampus Mandiri.

Meski pandemi sedang berlangsung, hal tersebut tidak menyurutkan semangat para generasi untuk terus mewujudkan pendidikan yang cemerlang di tanah air.

Salah satunya melalui adanya Program Kampus Merdeka. Program ini secara bertahap dilaksanakan oleh kampus-kampus di tanah air secara massal. Ada yang pro dan ada yang kontra.

Apa itu Program Kampus Mandiri?

Program Kampus Merdeka merupakan standarisasi pembelajaran yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Idealnya, program ini akan memberikan banyak kesempatan kepada mahasiswa untuk terus mengembangkan kemampuannya melalui ranah bakat dan minat.

Salah satu wujudnya adalah melalui program mitra magang dengan beberapa perusahaan besar di tanah air.

Program ini juga bertujuan untuk memberikan banyak keleluasaan bagi mahasiswa untuk dapat memilih kegiatan di luar kelas selama 2 semester. Tentunya hal ini dimaksudkan agar siswa dapat lebih bersosialisasi dengan lingkungan luar.

Selain itu, harapan dari program ini adalah untuk mencetak jiwa-jiwa mahasiswa yang telah memiliki kemampuan untuk dapat menguasai berbagai ilmu untuk digunakan dalam dunia kerja.

Program ini merupakan salah satu program yang menjadi kebijakan Menteri Mas Nadiem Makarim. Sehingga sangat mungkin semua kampus secara bertahap akan mengikuti program tersebut.

Keistimewaan yang bisa didapatkan mahasiswa adalah akan mendapatkan Hak Belajar selama 3 semester di luar program studi mahasiswa yang kuat. Tentunya ini akan menjadi ajang peningkatan kualitas peradaban generasi mendatang.

Berbagai Manfaat Program Kampus Mandiri

Beberapa jenis program kampus mandiri yang patut mendapat perhatian mahasiswa, seperti konversi Praktek Kerja Lapangan (PKL) masuk dalam perhitungan SKS.

Kemudian, dalam program ini, mahasiswa dapat menggali lebih dalam pengetahuan dan kemampuan di bidang tempat mereka magang selama satu semester, bahkan lebih dari waktu tersebut.

Tentunya mahasiswa juga bisa lebih mudah untuk belajar dan bersosialisasi dengan teman-teman di luar kampus. Selain itu, mahasiswa dapat selalu mengembangkan ilmunya langsung dari mitra-mitra terkemuka di tanah air.

Cara Memiliki Akun Belajar Mandiri Kampus Merdeka (MBKM)

Sebelum mengakses program terbaru ini, Anda harus mendaftar akun MBKM. Pertama, pastikan data pribadi Anda benar menurut PDDikti. Kemudian, pada homepage MBKM pilih tombol DAFTAR.

Pada halaman pendaftaran, pastikan data diri yang Anda masukkan sudah benar. Kemudian untuk memastikan akun sudah login, silahkan cek email Anda untuk konfirmasi bahwa akun tersebut sesuai dengan data Anda.

Jika prosedur pendaftaran sudah benar, Anda akan menerima pemberitahuan bahwa akun MBKM aktif.

Nah, itulah ulasan tentang program Kampus Merdeka.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulannya untuk meningkatkan kompetensi Anda sebagai pendidik. Untuk melakukan ini, klik tautan INI atau poster berikut untuk menjadi anggota e-Guru.id!

rah/shd

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *