PusatDapodik
Home Dapodik Kip & Beasiswa Jangan bingung, ini dia informasi lengkap tentang Departemen Periklanan

Jangan bingung, ini dia informasi lengkap tentang Departemen Periklanan

Anda suka memanfaatkan jeda jeda iklan acara televisi favorit Anda untuk mengambil camilan di dapur atau menyelesaikan kebutuhan Anda di kamar mandi, sobat? Hampir semua orang acuh tak acuh terhadap iklan, tanpa menyadari bagaimana setiap aspek kehidupan kita di era ini telah dipengaruhi oleh iklan.

Baca juga: Jurusan Multimedia, Dari Sekolah Sampai Perguruan Tinggi – Kepo Dulu, Buruan Saja

Coba lihat, apa nama produk yang kamu gunakan saat membeli air mineral dalam kemasan, Sobat Pintar? Itu saja membuktikan bahwa Anda adalah korban iklan.

membayangkan Tidak, jika Anda bisa membuat orang lain melabeli sesuatu dengan nama produk yang Anda iklankan? Ya, dengan kuliah di Jurusan Periklanan.

Macam-Macam Jurusan Periklanan di Perguruan Tinggi

Jangan bingung ini dia informasi lengkap tentang Departemen Periklanan
Foto oleh Will Francis di Unsplash

Sebelum membahas lebih jauh tentang Jurusan Periklanan, ada baiknya untuk menjelaskan secara singkat jurusan-jurusan lain yang berhubungan dengan periklanan. Hanya saja kali ini jurusan lain yang lebih cocok dengan minat Anda.

Jika pada jenjang S1, Periklanan biasanya menjadi salah satu program keahlian bagi mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi. Beberapa universitas menempatkan jurusan ini di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Selain di lingkup FISIP, Periklanan juga menjadi topik penting di Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain. Tidak hanya berkonsentrasi pada seni desain, departemen ini juga memberikan wawasan tentang bagaimana membuat desain dapat diterima sesuai dengan tujuan dibuatnya. Di sinilah pengetahuan tentang Periklanan atau Periklanan juga diperlukan, jadi ada juga Departemen Desain Komunikasi Visual Iklan Kreatif.

Jika melanjutkan studi di Politeknik, baik di jenjang D-III maupun D-IV, seluk-beluk periklanan diajarkan di jurusan yang biasanya disebut sebagai Teknik Periklanan atau Advertising saja.

Nah, apakah Anda benar-benar lebih tertarik? jeda iklan daripada acara televisi, Smart Buddy? Alternatif pilihan jurusan diatas bisa jadi pertimbangan untuk belajar tentang Advertising.

Jurusan Komunikasi Periklanan dan Lulusan

1667069719 489 Jangan bingung ini dia informasi lengkap tentang Departemen Periklanan
Foto oleh Marjan Blan | @marjanblan di Unsplash

Jika minat Anda lebih berat pada bobot periklanan atau periklanan daripada teknik desain, Ilmu Komunikasi adalah pilihan yang lebih baik di tingkat sarjana. Konsentrasi departemen ini tidak hanya pada periklanan (iklan), tetapi juga termasuk pemasaran (pemasaran). Di Departemen Komunikasi iklan, Anda akan bertemu mata kuliah Sosiologi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Etika Periklanan, Produksi Media Komunikasi Visual, hingga Teknik Kamera Video dan Mengedit. Lengkap, kan?

Selama kursus Komunikasi Periklanan, Anda perlahan akan memahami bagaimana iklan disampaikan kepada publik. Melewati baliho saat menyeberang jalan, atau menerima pamflet saat berjalan-jalan di mall, hingga melihat iklan produk di media sosial akan menjadi hal serius sehari-hari yang dapat memicu analisis Anda.

Pengetahuan tentang komunikasi, pemasaran, dan periklanan membuat Anda tahu tentang banyak hal. Karena cakupan ilmu yang luas di jurusan ini, banyak sekali profesi yang ditawarkan kepada lulusannya. Katakan saja eksekutif akun mengelola strategi pemasaran, copywriter bertanggung jawab atas konten iklan, atau sebuahdirektur rt yang mengkhususkan diri dalam desain dan seni periklanan.

Belajar Periklanan di Indonesia

1667069719 589 Jangan bingung ini dia informasi lengkap tentang Departemen Periklanan
Foto oleh Vanilla Bear Films di Unsplash

Kembali ke berbagai Jurusan Periklanan yang telah dibahas sebelumnya, masing-masing universitas memiliki perbedaan dalam hal pengelolaan dan penamaan jurusannya. Tapi karena hampir semua universitas punya FISIP, dan tentunya Seni Rupa, kamu bisa kuliah Periklanan di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, atau Universitas Sebelas Maret.

Beberapa perguruan tinggi swasta juga menawarkan Jurusan Periklanan, seperti Universitas Esa Unggul, Sekolah Hubungan Masyarakat London, Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Kristen Petra, dan masih banyak lagi.

Jadi, apakah Anda siap untuk pindah? merek air mineral dalam kemasan favorit dengan nama yang lebih populer, Sobat Pintar? Mantapkan langkah Anda dalam Beriklan dengan terlebih dahulu mengetahui potensi dan kemampuan Anda di Smart Interest.

Comment
Share:

Ad