Jateng Terima IPHI Award, Menag Ajak IPHI Terus Bekerja Sama

- Penulis

Rabu, 13 September 2023 - 07:20 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jateng Terima IPHI Award Menag Ajak IPHI Terus Bekerja Sama

Jateng Terima IPHI Award Menag Ajak IPHI Terus Bekerja Sama

SMOL.id – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) sebagai mitra pemerintah diharapkan ikut serta mewujudkan kemandirian jemaah haji. Apalagi, saat ini calon jemaah haji Indonesia dari kategori lansia cukup banyak.

Keterbatasan kemampuan petugas dan pengawas tidak sebanding dengan permasalahan yang dihadapi, sehingga diperlukan peran aktif dari masyarakat termasuk IPHI. Kebutuhan pangan jemaah haji Indonesia setiap tahunnya cukup besar. Hanya persediaan bahan baku seperti buah, sayur, dan beras berasal dari negara lain yang memenuhi standar kesehatan. “IPHI diharapkan dapat membantu pasokan dan mengisi kesenjangan tersebut dengan menggerakkan sektor industri pertanian sehingga mampu bersaing dengan negara lain,” tegas Menag dalam sambutan yang disampaikan Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Prof Dr Hilman Latief pada acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IPHI se-Indonesia di Gedung Nusantara V, Jakarta, baru-baru ini.

Sekjen IPHI H Ahmad Bambang Irianto menjelaskan Rakernas merupakan wadah organisasi untuk menyusun program kerja, melaksanakan evaluasi, dan konsolidasi. Pada kesempatan itu dilakukan peluncuran ”IPHI Go Digital” dalam rangka membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji Indonesia.

Baca Juga :  22 Karakter Guru Yang Efektif dan Profesional

Pembukaan acara tersebut tidak hanya dihadiri oleh Pengurus Daerah dan Pengurus Daerah Kabupaten/Kota se-Indonesia, namun juga dihadiri oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof Dr KH Nazaruddin Umar, Wakil Ketua MPR RI Ir H Yandri Susanto dan lainnya.

Visi Organisasi
Ketua Umum PP IPHI Erman Soeparno dalam sambutannya mengatakan Rakernas merupakan amanah Kongres VII Jakarta untuk menguraikan berbagai program kerja.

”Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat visi organisasi IPHI mengenai pengaturan, fasilitasi dan penyelenggaraan permasalahan haji di Indonesia,” tegasnya.

 

 

Menurut mantan Menteri Ketenagakerjaan itu, Rakernas juga menegaskan keberadaan organisasi IPHI yang sah menurut hukum di Indonesia, IPHI hanya satu, tidak ada organisasi sejenisnya.

Rekernas juga menjadi wadah koordinasi dan silaturahmi antar pengurus pusat dan daerah untuk memperkuat organisasi sebagai wadah jemaah haji, ujarnya.

Wakil Ketua MPR RI Ir H Yandri Susanto yang membuka Rakernas tersebut mengatakan, IPHI sebagai organisasi besar yang beranggotakan 12 juta orang merupakan kekuatan dalam mewujudkan kehidupan nasional yang demokratis, damai, dan toleran.

Baca Juga :  Soal dan Jawaban Sejarah Kelas 10 Bab 1 Halaman 23-26 Kurikulum Merdeka: Pengantar Ilmu Sejarah

Oleh karena itu, partisipasi IPHI dalam pemilu merupakan salah satu kunci keberhasilan mewujudkan partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi, tegasnya.

Ia berharap IPHI terus berkolaborasi dengan pemerintah dalam terus meningkatkan pembinaan jemaah haji.

Sekretaris PW IPHI Jateng Dr Najahan Musyafak MA merasa bersyukur karena Jateng mendapat IPHI Award dari pimpinan pusat.

”IPHI Jateng dinilai konsisten dalam menegakkan aturan organisasi. “Jateng juga dinilai mampu melakukan koordinasi dan konsolidasi organisasi baik secara vertikal maupun horizontal,” kata Najahan. Selain Jawa Tengah, penerimanya. Penghargaan tersebut adalah Pengurus Daerah Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Utara, DIY dan Sulawesi Selatan.

Beberapa keputusan Rakernas IPHI yaitu IPHI Go Digital, Program Food Estate dan Pemberdayaan potensi jemaah di berbagai sektor.

“Jateng mengusulkan agar IPHI berperan aktif dalam meningkatkan profesionalisme pemandu dan petugas haji. Meningkatkan pelayanan jamaah dengan mendirikan klinik pratama dan menyukseskan Program Food Estate dengan melibatkan jamaah,” kata Najahan.

Berita Terkait

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli
Tenaga honorer Makin Rumit, Sekarang Gaji Akan di Potong 3% Untuk Tapera ?
Semua Honorer Yang Terdata di BKN Akan Diangkat Menjadi ASN, Begini Cara Melihat Terdata di BKN
Informasi Seleksi CPNS dan PPPK Kemenag 2024: Semua Honorer Jadi ASN, Berikut Formasinya
Mulai Meredup!! Nasib Tenaga Honorer Makin Tidak Jelas, Jadi di angkat PPPK Tahun 2024 ini ?
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:50 WIB

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:24 WIB

Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini

Minggu, 14 Juli 2024 - 10:59 WIB

Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli

Sabtu, 13 Juli 2024 - 10:15 WIB

Tenaga honorer Makin Rumit, Sekarang Gaji Akan di Potong 3% Untuk Tapera ?

Berita Terbaru