Murid Memenuhi syaratMenjadi bagian dari kampus negeri tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi generasi bangsa.

Selain itu, dengan bergabung sebagai salah satu mahasiswa kampus negeri, tentunya akan banyak fasilitas yang bisa didapatkan secara turun temurun.

Hingga saat ini perguruan tinggi negeri masih menjadi incaran generasi. Agar sebaran calon mahasiswa merata, dibuatlah aturan untuk memasuki beberapa jalur.

Misalnya jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur seleksi mandiri. Dari rute yang ada, rute mandiri memiliki persentase kuota terbesar.

Biasanya, beberapa sekolah akan mendelegasikan siswa terbaiknya di bidang akademik untuk mengikuti seleksi jalur SNMPTN.

Seiring berjalannya waktu, delegasi menjadi semakin ketat. Ini bertujuan untuk menyaring siswa terbaik dengan benar.

Salah satu dampak dari ketatnya seleksi tersebut adalah adanya kategorisasi siswa memenuhi syarat. Tentu saja, siswa yang termasuk dalam kategori ini dapat mengikuti seleksi SNMPTN.

Seperti diketahui, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan jalur masuk PTN dengan mekanisme penilaian berdasarkan rapor semester 1 – 5 serta beberapa portofolio mahasiswa.

Kegunaannya adalah sebagai perlombaan dalam menentukan kelulusan. Jadi kategorisasi siswa yang memenuhi syarat akan sangat membantu pihak sekolah dalam mendelegasikan siswanya.

Apa Definisi Mahasiswa Memenuhi syarat di sekolah?

Konsep siswa yang memenuhi syarat adalah siswa yang telah memenuhi persyaratan baik secara administrasi maupun segala prestasi yang dimilikinya untuk dapat mendaftar pada jalur SNMPTN.

Maka tidak heran jika hampir semua sekolah berusaha semaksimal mungkin untuk mendorong prestasi siswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik agar dapat mempermudah terwujudnya keinginan mereka untuk masuk ke kampus yang bergengsi.

Dengan masuk ke kategori pelajar memenuhi syaratmaka siswa tersebut akan memiliki peluang lebih besar untuk berjuang di jalur SNMPTN dibandingkan yang tidak.

Persyaratan Penetapan Siswa yang Layak di Sekolah

Untuk mengkategorikan siswa termasuk memenuhi syarat atau tidak, maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Diantaranya adalah:

Persyaratan untuk Sekolah

Siswa yang termasuk dalam kategori memenuhi syarat adalah mahasiswa yang mau dan berkomitmen untuk mendaftar di PTN melalui jalur SNMPTN.

Jalur ini istimewa karena beberapa jurusan tidak memerlukan tes tertulis. Karena pemeringkatan akan menggunakan penilaian dari hasil raport yang dimiliki mahasiswa pada rentang semester 1-5.

Untuk setiap sekolah tentunya memiliki kuota tersendiri. Aturan kuota diputuskan karena pengaruh akreditasi sekolah.

Untuk sekolah terakreditasi A, persentasenya paling besar, dengan kuota 40%.

Sedangkan persentase akreditasi B adalah 25%. Lainnya, akreditasi C memiliki persentase kuota sekitar 5%.

Jika disederhanakan, kuota akan disesuaikan dengan jumlah dan kualitas siswa terbaik di sekolah tersebut.

Persyaratan untuk Siswa

Ada beberapa persyaratan bagi siswa, antara lain:

1. Murid kelas XII

Dari segi persyaratan, siswa yang masuk dalam kategori pilihan memenuhi syarat merupakan siswa kelas 12 dengan beberapa prestasi yang ia peroleh berdasarkan hasil raportnya.

Aturan siswa yang memenuhi syarat hal ini diputuskan berdasarkan kebijakan yang sesuai dalam sosialisasi SNMPTN dan UTBK-SNMPTN dengan memberikan kriteria tersendiri. Diantaranya adalah:

Seleksi pertama yang dilakukan terkait proses penilaian yang dirangking berdasarkan nilai mata pelajaran sesuai dengan dasar aturan yang ada di website resmi LTMPT.

Misalnya untuk jurusan IPA, mata pelajaran yang akan diperhitungkan adalah mata pelajaran yang berkaitan dengan mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Kimia, Biologi, Fisika dan Bahasa Indonesia.

Sedangkan pada jurusan IPS, mata pelajaran yang akan menjadi target perhitungan penilaian adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Geografi, Ekonomi, Sosiologi dan Bahasa Inggris.

Untuk mahasiswa jurusan Bahasa, beberapa mata pelajaran yang termasuk dalam perhitungan adalah Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, Matematika, Antropologi, Bahasa Inggris dan salah satunya Bahasa Asing.

Terakhir, pada jurusan SMK yang dinilai untuk beberapa mata pelajaran yaitu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Kompetensi Keahlian dan Bahasa Inggris.

Selain itu, jika memang ada beberapa siswa yang memiliki nilai rata-rata pada mata pelajaran terkait, akumulasi poin dari prestasi juga akan dihitung.

Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan dalam menentukan siswa yang mendapatkan poin plus.

Kemudian, nama-nama mahasiswa yang telah terpilih akan mendapatkan akses untuk mendaftar kampus PTN melalui SNMPTN berdasarkan kuota yang telah ditetapkan oleh panitia LTMPT.

Dari semua kriteria tersebut, poin penting yang harus dipahami mahasiswa jika akan masuk kampus PTN adalah harus bisa memaksimalkan hasil raport semester 1-5, khususnya mata kuliah terkait.

Apalagi jika mahasiswa masih khawatir dengan nilai yang tidak memuaskan di semester 1-5, persentase pencapaiannya juga bisa diisi.

Apalagi jika prestasi itu bisa membawa go internasional seperti kompetisi dan olimpiade.

2. Sudah Terdaftar di PDSS

Pastikan data siswa sudah masuk daftar halaman SNMPTN PDSS. Jangan lupa untuk secepatnya melakukan proses verifikasi yang telah dibantu pihak sekolah dalam mengunggahnya di website.

3. Daftar DAkun LTMPT iri

Meskipun siswa tersebut telah memenuhi syarat untuk dapat mengikutinya, namun kesempatan untuk masuk melalui jalur SNMPTN akan hangus jika siswa tersebut tidak memiliki akun LTMPT.

Karena di akun itu semua informasi dan seleksi dilakukan. Untuk daftarnya, siswa bisa meminta bantuan operator sekolah atau pihak terkait di bidang kemahasiswaan.

4. Komitmen Masuk Kampus Lewat SNMPTN

Syarat terakhir tentunya memiliki komitmen yang kuat untuk mengikuti seleksi SNMPTN. Tak hanya optimis dengan kabar kelulusannya, namun juga hingga proses pendaftaran menjadi calon mahasiswa diterima.

Sebagai antisipasi, siswa yang sudah memasuki jenjang kelas XI harus sudah mempersiapkan diri dan mental serta mencari jurusan sesuai potensi dan minat bakatnya.

5. Optimalkan diri Anda untuk menjadi siswa terbaik

Syarat lain yang perlu diketahui adalah mahasiswa harus mulai berani menunjukkan kemampuannya di bidang jurusannya.

Misalnya mengikuti beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang akan lebih meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi akademik seperti Kuliah Ilmiah Remaja, LKTI, Debat Bahasa dan tambahan non akademik lainnya.

Hal ini bertujuan agar siswa dapat menumbuhkan benih-benih prestasi sejak dini di sekolah. Selain itu, menjadi siswa berprestasi juga menjadi dambaan dan impian orang tua terhadap anaknya.

Keuntungan Via SNMPTN

Ada beberapa keuntungan bagi mahasiswa yang mengikuti seleksi masuk kampus SNMPTN. Salah satunya adalah mahasiswa dapat menghemat biaya kuliah yang dibebankan. Biasanya, biaya pendidikan ini tergantung pada klasifikasinya.

Kriteria penentuan kelompok ini akan disesuaikan dengan pekerjaan orang tua siswa dan jalur masuk. Nah, bagi siswa yang lolos seleksi SNMPTN pasti memiliki keistimewaan tersendiri. Karena ini adalah entry point pertama yang dibuka di kampus.

Selain itu, siswa yang lulus SNMPTN juga mendapat kesempatan belajar lebih lama. Karena setelah mahasiswa dinyatakan lulus, mereka masih harus menunggu kelulusan melalui jalur SBMPTN dan juga jalur Mandiri.

Nah, itulah pembahasan tentang siswa yang memenuhi syarat, semoga artikelnya bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulannya untuk meningkatkan kompetensi Anda sebagai pendidik. Untuk melakukan ini, klik tautan INI atau poster berikut untuk menjadi anggota e-Guru.id!

rah/shd

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *