Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah resmi mengumumkan jumlah guru yang pasti lulus PPPK 2022 dan menjadi ASN. Proses seleksi masih berlangsung mulai Senin 21 November hingga Jumat 24 November 2022 dan masih dalam tahap menjawab keberatan seleksi administrasi.

Seleksi rekrutmen Guru PPPK 2022 sebenarnya akan selesai sekitar Maret 2023 dengan pengumuman final pada Februari 2023. Meski masih ada beberapa tahapan proses yang harus dilalui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis jumlah guru yang akan pasti lolos seleksi PPPK 2022.

Nunuk Suryani selaku Pj Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengungkapkan ada sekitar 127 ribu guru yang dipastikan lolos seleksi guru PPPK. Guru yang lolos seleksi masuk dalam kategori pendaftar P1 pada PPPK 2022, namun tidak semua pendaftar P1 bisa langsung lulus.

Nunuk menambahkan, jumlah guru yang masuk kategori P1 sebanyak 193 ribu orang. 127.000 guru yang dipastikan lolos karena telah mendapat formasi/penempatan di satuan pendidikan masing-masing.

Untuk memastikan guru lulus atau tidak, bisa cek akun SSCASN BKN. Ketika sudah masuk ke akun maka akan muncul tanda berupa :

“Anda mendapatkan penempatan. Lokasi penempatan Anda akan ditentukan pada saat pengumuman”

Bagi pendaftar P1 yang belum mendapatkan penempatan pada seleksi PPPK 2022, akan diberikan pilihan untuk turun ke kategori P2 atau P3, melainkan dapat mengikuti seleksi lanjutan.

Sebelumnya, panitia seleksi nasional PPPK tahun 2022 telah mengumumkan hasil seleksi administrasi PPPK bagi pelamar kategori Prioritas 1, Prioritas 2, Prioritas 3, dan Umum pada Rabu 16 November 2022 dan Kamis 17 November 2022.

Dalam seleksi guru PPPK 2022, Kemendikbud membagi pelamar menjadi 4 kategori. Adapun guru honorer yang bisa langsung lulus menjadi ASB PPPK tahun 2022 adalah pelamar yang masuk dalam kategori Prioritas 1 (P1).

Guru PPPK pelamar P1 adalah mereka yang telah mengikuti seleksi PPPK Jabatan Fungsional Guru (JF) Tahun 2021 dan telah memenuhi nilai ambang batas (passing grade). Plt Dirjen Pendidik dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Nunuk Suryani menyatakan, sekitar 193 ribu guru masuk kategori pendaftar P1 pada seleksi PPPK 2022.

Namun, tidak semua guru honorer yang terdaftar sebagai pendaftar kategori P1 bisa langsung menjadi ASN PPPK tahun ini karena ketersediaan formasi guru tahun ini hanya sekitar 127 ribu guru. Guru yang akan diangkat menjadi PPPK ASN adalah guru yang telah mendapat pembinaan/penempatan.

Halaman selanjutnya

Tanda lulus ASN PPPK

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *