Pusatdapodik.com Kemendikbudristek Luncurkan Awan Penggerak, Platform Pelatihan Mandiri bagi Guru – Nadiem Makarim, yang menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, kembali mengumumkan peluncuran sebuah aplikasi inovatif untuk mendukung para guru, yang dinamai Awan Penggerak. Peluncuran platform atau aplikasi Awan Penggerak tersebut berlangsung pada hari Kamis, tanggal 14 Maret 2024, dengan klaim bahwa aplikasi ini akan memberikan manfaat signifikan bagi para pendidik.

Selain memberikan manfaat bagi para guru, Nadiem Makarim juga menegaskan bahwa platform Awan Penggerak memiliki potensi besar untuk memberikan dukungan kepada seluruh jajaran tenaga kependidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengungkapkan bahwa aplikasi ini khusus dirancang untuk mengatasi tantangan jaringan internet yang masih menjadi masalah di beberapa wilayah.

“Awan Penggerak hadir sebagai solusi untuk mendukung para guru di daerah-daerah yang masih mengalami hambatan dalam akses internet,” demikian kata Nadiem seperti yang dilaporkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tanggal 14 Maret 2024.

Meskipun secara resmi diluncurkan pada tanggal 14 Maret 2024, sebenarnya aplikasi ini sudah mulai digunakan sejak bulan Desember 2022, meskipun dalam skala yang lebih terbatas dan tidak seluruhnya. Pengembangan Awan Penggerak melibatkan berbagai tahapan uji coba, masukan dari berbagai pihak, serta testimoni dari para guru di daerah 3T, yang semuanya menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan untuk merilis platform ini secara menyeluruh.

Mengenal Platform Awan Penggerak Lebih Dekat

Mengenal Awan Penggerak Lebih Dekat

Terkait dengan apa yang dimaksud dengan Awan Penggerak, ini adalah sebuah platform atau aplikasi yang bertujuan memberikan pelatihan kepada para guru dan tenaga kependidikan di daerah 3T yang menghadapi kendala dalam akses internet.

Berbagai fitur yang disediakan oleh Awan Penggerak mencakup Pelatihan Mandiri, Asesmen Murid, Perangkat Pembelajaran, Evaluasi Capaian Pembelajaran, hingga Penetapan Tujuan Pembelajaran. Fitur-fitur tersebut dapat diakses tanpa memerlukan koneksi internet, baik melalui perangkat komputer (PC atau laptop) maupun melalui ponsel pintar. Dengan demikian, para siswa juga dapat mengakses platform ini tanpa perlu khawatir terhadap masalah sinyal internet.

Hingga saat ini, aplikasi penggerak telah diterapkan di lima Provinsi yang mencakup 15 Kabupaten, dengan total 50 sekolah yang terlibat dalam program ini. Wilayah yang pertama kali merasakan manfaat dari platform Awan Penggerak adalah Balai Guru Penggerak di Lampung, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Semua materi yang tersedia dapat diakses dengan mudah melalui sistem lokal pada komputer, laptop, bahkan perangkat android. Dengan adanya platform Awan Penggerak, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berharap dapat menciptakan kesetaraan dalam kemajuan pendidikan. Terutama di daerah dengan tingkat keterpencilan, keterbatasan, dan kerentanan (3T).

Keunggulan Awan Penggerak

Keunggulan Awan Penggerak

Awan Penggerak memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sistem PKB tradisional, yaitu:

1.      Aksesibilitas

Awan Penggerak memungkinkan akses luring, yang berarti guru-guru di daerah terpencil atau dengan koneksi internet yang tidak stabil dapat tetap mengaksesnya. Ini berarti tidak ada lagi hambatan akses untuk guru yang berada di lingkungan yang sulit terhubung dengan internet. Mereka dapat dengan mudah mengakses pelatihan dan sumber daya yang diperlukan untuk pengembangan profesional mereka.

2.      Ketersediaan Materi

Platform ini menyediakan berbagai macam materi pelatihan yang berkualitas tinggi. Mulai dari modul pembelajaran yang terstruktur dengan baik, hingga video tutorial yang informatif, dan bahan ajar yang terkini. Materi-materi ini disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh para guru. Dengan demikian, mereka dapat memilih materi yang paling relevan dan bermanfaat bagi perkembangan mereka.

3.      Interaktivitas

Fitur interaktif dari Awan Penggerak memungkinkan guru untuk terlibat dalam diskusi yang mendalam dengan rekan-rekan seprofesinya dan pakar pendidikan. Mereka dapat berbagi pengalaman, bertukar ide, dan mendiskusikan tantangan yang mereka hadapi di lapangan. Ini menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan kolaboratif, di mana guru dapat saling mendukung dan memperluas wawasan mereka.

4.      Personalisasi

Salah satu aspek yang paling penting dari Awan Penggerak adalah kemampuannya untuk dipersonalisasi. Guru-guru dapat belajar sesuai dengan kecepatan dan preferensi mereka sendiri. Mereka dapat menyesuaikan pengalaman belajar mereka sesuai dengan gaya belajar dan kebutuhan individu mereka. Dengan personalisasi ini, pengalaman belajar menjadi lebih efektif dan efisien. Karena guru dapat fokus pada area yang benar-benar relevan bagi perkembangan mereka.

5.      Fleksibilitas Waktu

Awan Penggerak juga menawarkan fleksibilitas waktu yang besar bagi para penggunanya. Guru-guru dapat mengakses platform ini kapan pun mereka memiliki waktu luang, tanpa terikat pada jadwal tertentu. Ini sangat berguna bagi mereka yang memiliki jadwal yang padat atau harus menyesuaikan waktu belajar mereka dengan tugas-tugas mengajar dan kehidupan pribadi.

6.      Kemungkinan Penyesuaian Berkelanjutan

Selain itu, Awan Penggerak memungkinkan untuk penyesuaian berkelanjutan seiring dengan perkembangan dan perubahan dalam bidang pendidikan. Platform ini terus diperbarui dengan materi-materi terbaru, serta fitur-fitur tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman belajar penggunanya. Ini memastikan bahwa guru-guru selalu memiliki akses ke informasi dan sumber daya terkini yang relevan dengan tuntutan dan perkembangan dalam dunia pendidikan.

Sebagai sebuah inovasi yang revolusioner dalam pendidikan. Awan Penggerak tidak hanya menyediakan solusi yang praktis dan efektif bagi para guru dalam pengembangan profesional mereka. Tetapi juga menjadi tonggak baru dalam memperkuat kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Kesimpulan

Dengan aksesibilitas yang luas, ketersediaan materi yang beragam, fitur interaktif yang membangun kolaborasi, personalisasi yang mendalam, fleksibilitas waktu, dan kemungkinan penyesuaian berkelanjutan. Awan Penggerak membawa harapan akan masa depan pendidikan yang lebih inklusif, adaptif, dan berdaya saing.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *