PusatDapodik
Home Berita Pendidikan Kenapa Bisa Terjadi Perbedaan Waktu di Bumi? Begini Penjelasannya

Kenapa Bisa Terjadi Perbedaan Waktu di Bumi? Begini Penjelasannya

Table of content:

[Hide] [Show]


Jakarta

Negara-negara di Bumi mengalami waktu yang berbeda pada saat yang sama. Indonesia sendiri bahkan memiliki tiga zona waktu, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Tengah (WITA), dan Timur (WITA). Mengapa bisa terjadi perbedaan waktu?

Ternyata, perbedaan waktu tersebut terjadi karena bumi berputar 360 derajat dalam waktu 24 jam. Artinya, bumi berputar 15 derajat setiap jam, dari perhitungan, 360 derajat: 24 jam.

Secara teknis, setiap lokasi yang berbeda 15 derajat bujur, akan ada perbedaan waktu 1 jam, seperti dikutip dari Australian Mathematical Sciences Institute.

Zona waktu di Bumi diukur dari Meridian Greenwich atau Prime Meridian, yang merupakan titik awal yang berpusat di Observatorium Greenwich, Inggris. Ukurannya adalah Greenwich Mean Time (GMT) atau Waktu Universal.

Di Jakarta, WIB sama dengan GMT +7 yaitu Waktu Universal ditambah 7 jam (lebih cepat).

Apa itu Daylight Saving Time?

Aturan yang sedikit berbeda berlaku di beberapa negara saat musim berganti. Aturan ini disebut Daylight Saving Time (DST) atau waktu siang, seperti dikutip dari laman Encyclopaedia Britannica.

Modifikasi waktu ini dibuat agar lebih sesuai dengan waktu tengah hari setempat. Waktu dapat berubah setengah atau seperempat jam dari aturan GMT.

Misalnya, di Amerika Serikat, Zona Waktu Bagian Timur AS adalah -5 jam GMT. Saat tengah hari di wilayah zona waktu ini, pukul 5 sore di Observatorium Greenwich. Nah, saat musim dingin, Amerika Serikat menggunakan waktu standar menurut GMT.

Namun selama DST, jam dimajukan satu jam di musim semi dan mundur satu jam di musim gugur. Aturan ini diingat dengan istilah melompat maju, mundur.

AS juga menerapkan waktu musim panas yang dimulai pada DST pukul 02:00 pada hari Minggu kedua bulan Maret dan kembali ke waktu standar GMT pada hari Minggu pertama bulan November.

Namun, beberapa negara bagian mengabaikan aturan daylight saving, seperti dikutip dari laman How Stuff Works Science. Contohnya adalah Arizona, yang menggunakan waktu standar GMT sepanjang tahun.

Menonton video “Partai Republik Memenangkan Pemilu Paruh Waktu AS, Menguasai DPR
[Gambas:Video 20detik]
(dua / faz)

www.detik.com

Comment
Share:

Ad