PusatDapodik
Home Guru Kesiswaan Keterampilan yang Penting Dimiliki

Keterampilan yang Penting Dimiliki

pexels yaroslav shuraev 9489915

Keterampilan – Memiliki keterampilan adalah sesuatu yang dimiliki setiap manusia di dunia. Sikap terampil ini juga dapat diterapkan di lingkungan sekolah. Keterampilan ini ditekankan pada cara atau sikap seseorang dalam memecahkan berbagai masalah untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah ditargetkan.

Untuk menjadi manusia yang terampil tentunya membutuhkan latihan yang nantinya menjadi kebiasaan yang akan terus terjadi dan didukung penuh oleh proses pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung.

Di bawah ini adalah beberapa keterampilan jadul yang harus ditiru oleh anak-anak zaman sekarang agar mereka dapat menjalani hidup dengan percaya diri dan mandiri.

Keterampilan Korespondensi

Dulu, mungkin tidak asing lagi bagi seseorang yang memiliki sahabat pena dari berbagai kota bahkan negara. Ini tentu menjadi acara yang spesial karena mereka bisa bertukar cerita tentang berbagai hal melalui tulisan.

Bahkan tulisan yang didapat juga dapat dipahami oleh teman dan mengungkapkan perasaan yang dapat menggambarkan ekspresi dan keterampilan yang mumpuni hingga saat ini. Ini adalah bagian dari keterampilan literasi dasar. Karena dalam menulis surat menyurat termasuk dalam kategori menulis dan membaca.

Menghormati Orang yang Lebih Tua

Sejak dini kita selalu diajarkan oleh orang tua untuk menghormati mereka yang lebih tua dari kita. Cara berbicara dan berperilaku dengan orang yang lebih tua juga merupakan salah satu etika yang sederhana dan mendasar.

Ini adalah keterampilan yang harus diterapkan di kehidupan yang akan datang agar nantinya kita bisa membiasakan diri. Secara naluriah, orang yang lebih tua akan merasa senang jika kita menghormati mereka baik dalam sikap, perilaku maupun gaya bicara.

Sabar

Saat ini tentunya mendapatkan segala informasi lebih mudah karena semuanya serba instan. Misalnya keterampilan dalam memiliki kesabaran. Misalnya Anda akan menebus resep di apotek, maka yang harus Anda lakukan adalah mengantri sesuai nomor antrian yang sudah didapatkan.

Di situlah kesabaran Anda harus dilatih, karena apa yang Anda harapkan harus melalui tahapan sesuai dengan prosedur yang telah di tetapkan. Buah dari kesabaran dapat menumbuhkan sikap pantang menyerah bagi siapa saja.

Menjahit

Keterampilan terakhir adalah keterampilan menjahit. Selain mencuci dan menyetrika, menjahit merupakan salah satu keterampilan yang harus diketahui. Keterampilan menjahit ini membuat Anda harus bisa menggunakan jarum dan memasukkan benang, memisahkan kancing baju hingga cara menambal saku baju yang sobek.

Ini adalah hal yang sederhana jika kita terbiasa melakukannya sendiri. Keterampilan menjahit ini akan semakin berguna ketika kita mulai belajar hidup mandiri, terutama bagi seorang siswa yang merantau jauh dari orang tuanya.

Comment
Share:

Ad