PusatDapodik
Home Guru Keunggulan Kurikulum Merdeka Beserta Manfaat dan Dampak Positifnya

Keunggulan Kurikulum Merdeka Beserta Manfaat dan Dampak Positifnya

Keunggulan Kurikulum Merdeka Beserta Manfaat dan Dampak Positifnya.webp

Halo Pak/Bu, apa kabar? Semoga sehat selalu, ya.

Apakah Anda sudah mulai menerapkan Kurikulum Mandiri di sekolah Anda? Menurut Anda, apa kesan yang Anda dapatkan setelah menggunakan kurikulum baru ini? Tentunya pembelajaran dapat berjalan lebih efektif dan optimal bukan? Seperti diketahui, Kurikulum Merdeka memang berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Kurikulum ini juga diharapkan menjadi penguat pemulihan pendidikan pasca pandemi. Lalu, apa kelebihan dari Kurikulum Mandiri ini? Yuk, lihat selengkapnya!

Mengapa Memilih Kurikulum Mandiri

Setelah diluncurkan pada awal 2022, pemerintah belum mewajibkan semua sekolah untuk menerapkan Kurikulum Mandiri. Hal ini terkait perbedaan kondisi dan kesiapan masing-masing sekolah. Bagi sekolah yang dianggap mampu, baik dari segi sarana prasarana maupun sumber daya manusia, diharapkan dapat mengimplementasikan kurikulum ini dengan mendaftar di website yang telah disediakan. Lalu, mengapa memilih Kurikulum Mandiri? Ada tiga alasan mengapa suatu satuan pendidikan harus memilih Kurikulum Mandiri, yaitu sebagai berikut.

Lebih Sederhana Tapi Dalam

Alasan pertama, mata pelajaran yang diajarkan hanya mata pelajaran esensial, sehingga pembelajaran bisa lebih mendalam dan bermakna. Dengan itu diharapkan dapat meningkatkan kompetensi siswa dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

Lebih Mandiri

Siswa di tingkat sekolah menengah harus merasa lebih mandiri. Hal ini dikarenakan belum adanya sistem peminatan seperti pada kurikulum sebelumnya. Siswa diberi kebebasan untuk memilih kelompok mata pelajaran sesuai dengan minat dan bakatnya. Tidak hanya itu, setiap sekolah juga diberikan kebebasan untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kondisi dan perkembangan siswanya.

Lebih Relevan dan Interaktif

Salah satu pelajaran yang ditekankan dalam Kurikulum Mandiri adalah pembelajaran berbasis proyek, sehingga pembelajaran dapat berjalan secara interaktif. Pembelajaran semacam ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan menumbuhkan perilaku yang mencerminkan Profil Siswa Pancasila.

Manfaat Kurikulum Mandiri

Lalu, apa manfaat yang akan diperoleh melalui penerapan Kurikulum Mandiri ini?

  1. Sekolah bersinergi dengan pemerintah daerah dan orang tua dapat menemukan solusi yang efektif untuk menjawab tantangan pendidikan yang terjadi di setiap sekolah sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan yang diterima siswa.
  2. Kinerja guru menjadi lebih terarah karena ada pengurangan beban administrasi.
  3. Siswa dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan minat dan bakatnya melalui lembaga sekolah.

Dampak Positif Penerapan Kurikulum Mandiri

Menurut Mendikbud Nadiem Makarim, kehadiran Kurikulum Gratis diharapkan dapat mengatasi krisis pendidikan di Indonesia dengan membentuk generasi yang adaptif terhadap perubahan zaman. Dampak positif penerapan Kurikulum Mandiri adalah sebagai berikut.

Menciptakan Ruang Belajar yang Positif

Pelaksanaan Kurikulum Mandiri mengutamakan pembelajaran yang esensial dan sesuai dengan minat atau bakat peserta didik. Ternyata, konsep belajar esensial ini menghasilkan interaksi yang konstruktif, sehingga terbentuk ruang belajar yang lebih positif, di mana guru mengajar pada tingkat yang tepat dan siswa mendapatkan pengetahuan pada tingkat yang tepat.

Merubah Sistem Pendidikan Menjadi Lebih Baik

Salah satu keunikan Kurikulum Merdeka adalah memuat beberapa episode dengan fokus program yang berbeda namun tetap sinergis. Sinergi ini mampu mengubah sistem pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dan berkualitas.

Menghasilkan Guru yang Lebih Kompeten

Program Mobilisasi Guru merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk membentuk guru yang berkompeten dan dapat terus berkembang mengikuti tuntutan zaman. Artinya, Kurikulum Mandiri tidak hanya fokus pada peningkatan kompetensi siswa, tetapi juga fokus pada pengembangan kompetensi guru.

Keunggulan Kurikulum Mandiri

Keunggulan Kurikulum Mandiri dapat dilihat dari sisi siswa, guru, dan sekolah. Lalu, apa keuntungannya?

Keunggulan Kurikulum Mandiri Bagi Siswa

Bagi siswa, Kurikulum Merdeka memiliki sejumlah keunggulan sebagai berikut.

  1. Siswa tidak dipaksa untuk mempelajari mata pelajaran yang tidak mereka sukai. Mereka dapat memilih mata pelajaran apa yang ingin mereka pelajari dan sesuai dengan minat dan bakat mereka.
  2. Pembelajaran terasa lebih menyenangkan karena disesuaikan dengan tingkat kompetensi siswa pada setiap tahapannya.
  3. Peserta didik tidak dipaksa atau diburu-buru untuk menguasai suatu mata pelajaran.
  4. Siswa akan terbiasa menerapkan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis proyek yang melibatkan Profil Mahasiswa Pancasila.

Keunggulan Kurikulum Mandiri untuk Guru

Keunggulan Kurikulum Mandiri bagi guru adalah sebagai berikut.

  1. Guru dapat menentukan sendiri perangkat pengajaran yang sesuai dengan kondisi siswanya.
  2. Guru dapat mengajar dalam kondisi yang tepat atau mengajar pada tingkat yang tepat karena pembelajaran mengacu pada fase CP.
  3. Guru lebih dekat dengan siswa mereka melalui penilaian diagnostik non-kognitif.
  4. Guru menjadi lebih kreatif dan inovatif karena harus mampu mengembangkan perangkat pengajaran yang menarik bagi siswanya.

Keunggulan Kurikulum Mandiri untuk Sekolah

Berikut keunggulan Kurikulum Mandiri jika dilihat dari sisi sekolah.

  1. Sekolah diberi kebebasan untuk menentukan sistem pembelajaran yang sesuai dengan kondisi sekolah.
  2. Sekolah merupakan tempat untuk membentuk SDM Pendidik yang unggul melalui kegiatan pengembangan perangkat pengajaran.
  3. Sekolah dapat memetakan sendiri tingkat kesiapan dalam mengimplementasikan Kurikulum Mandiri.
  4. Sekolah mendapat bantuan dari pemerintah sebagai bagian dari implementasi Kurikulum Mandiri.

Keunggulan Kurikulum Mandiri Dibandingkan dengan Kurikulum 2013

Program pengembangan kurikulum tentunya bertujuan untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya. Begitu juga dengan Kurikulum Mandiri yang merupakan pelengkap Kurikulum 2013. Lalu, apa kelebihan kurikulum ini dibanding Kurikulum 2013?

Tidak Ada Minat

Dalam Kurikulum 2013, siswa setingkat SMA atau sederajat diharuskan memilih peminatan, misalnya IPA, IPS, atau Bahasa. Ternyata, sistem peminatan sudah tidak berlaku lagi di Kurikulum Merdeka. Dalam kurikulum ini, siswa diberikan kebebasan untuk memilih kelompok mata pelajaran sesuai dengan minat dan bakatnya.

alokasi JP

Salah satu keunggulan Kurikulum Mandiri dibandingkan Kurikulum 2013 adalah alokasi jam belajar dihitung per tahun, bukan per minggu seperti sebelumnya.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran dalam Kurikulum 2013 ditentukan per tahun atau per tingkat kelas. Sedangkan pada Kurikulum Mandiri, hasil belajar ditentukan per fase yaitu dalam kurun waktu 2-3 tahun. Artinya, siswa diberi waktu lebih banyak untuk mencapai tujuan akhir pembelajaran tanpa merasa terburu-buru.

kebebasan guru

Dalam Kurikulum Merdeka, guru diberi kebebasan untuk menentukan sendiri perangkat pengajaran yang sesuai dengan kondisi siswanya. Hal ini tentu berbeda dengan kurikulum 2013 yang perangkat pengajarannya sakral.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa Kurikulum Mandiri memberikan kebebasan bagi setiap insan pendidikan untuk mengembangkan dirinya sesuai dengan minat dan bakatnya sehingga terjadi peningkatan kompetensi.

Itulah pembahasan Quipper Blog kali ini. Semoga bermanfaat. Jika Anda sedang mencari solusi terintegrasi untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar, mari bergabung dengan Quipper School Premium.

www.quipper.com

Comment
Share:

Ad