PusatDapodik
Home Guru Kepegawaian Kriteria dan Syarat Inpassing! Tunjangan Berpotensi Setara Dengan PNS

Kriteria dan Syarat Inpassing! Tunjangan Berpotensi Setara Dengan PNS

667170 720

Bagi seorang pendidik atau guru yang mendapat inpassing, tunjangan yang diperoleh akan setara atau sama dengan guru yang sudah menjadi PNS. Tunjangan yang diperoleh dibedakan berdasarkan golongan guru yang diyakini masing-masing dengan mengacu pada perhitungan angka kredit jabatan yang dijabat dan pangkat guru selama aktif dalam kegiatan mengajar.

Program guru inpassing ini dilaksanakan setiap tahun untuk waktu yang tidak ditentukan. Hal ini menyebabkan guru dituntut untuk aktif mencari informasi terbaru tentang program inpassing guru untuk mengetahui kapan jadwal dilaksanakan serta syarat dan mekanisme pelaksanaan program inpassing guru.

pengaturan/Melewati adalah proses pengangkatan pegawai negeri sipil pada jabatan fungsional dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dalam jangka waktu tertentu. Pengangkatan PNS pada jabatan fungsional melalui penyesuaian/melewati diatur dalam Peraturan Menteri Pemberdayaan dan Pendayagunaan Aparatur Negara Birokrasi Nomor 26 Tahun 2016.

pengaturan/Melewati ke dalam Jabatan Fungsional keterampilan atau keahlian di kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dimaksudkan untuk hal-hal yang diatur dalam Permenpan RB Nomor 26 Tahun 2016 Pasal 2, yaitu:

  1. Pegawai Negeri Sipil yang telah dan masih menjalankan tugasnya di bidang Jabatan Fungsional yang akan dijabat berdasarkan keputusan pejabat yang berwenang.
  2. Pegawai Negeri Sipil yang masih menjalankan tugasnya sesuai dengan formasi Jabatan Fungsional dan telah mendapat kenaikan pangkat ke jenjang yang lebih tinggi.
  3. Pejabat tinggi, pengurus dan pengawas yang memiliki kecocokan antara jabatan terakhir yang diduduki dengan jabatan fungsional yang akan diduduki.
  4. Pegawai Negeri Sipil yang diberhentikan sementara dari jabatannya, karena dalam jangka waktu 5 (lima) tahun setelah diangkat pada jabatan/pangkat terakhir tidak dapat memenuhi Angka Kredit untuk promosi ke jenjang yang lebih tinggi.

Pegawai Negeri Sipil yang melakukan Penyesuaian/Inpassing harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Keterampilan Fungsional Posisi:

1) memiliki ijazah minimal SLTA atau sederajat/ Diploma I/ Diploma II/ Diploma III sesuai dengan persyaratan kualifikasi pendidikan jabatan yang akan diduduki;

2) pangkat terendah adalah Manajer Muda golongan II/a sesuai dengan persyaratan pangkat jabatan yang akan diduduki;

3) memiliki pengalaman dalam melaksanakan tugas di bidang Jabatan Fungsional yang akan dijabat paling kurang 2 (dua) tahun;

4) mengikuti dan lulus uji kompetensi di bidang Jabatan Fungsional yang akan dijabat;

5) nilai prestasi kerja paling kurang baik dalam 1 (satu) tahun terakhir; dan

6) usia tertinggi: a. 3 (tiga) tahun sebelum batas usia pensiun pada jabatan terakhir pejabat pelaksana. b. 2 (dua) tahun sebelum batas usia pensiun pada jabatan terakhir pengurus dan pengawas.

7) Persyaratan lain yang ditentukan oleh Badan Pembina.

  1. Keahlian Fungsional Jabatan

1) memiliki gelar minimal strata satu (S-1)/Diploma IV (D-IV) atau minimal strata dua (S2) atau sederajat dari pendidikan tinggi yang terakreditasi sesuai dengan persyaratan kualifikasi pendidikan jabatan untuk ditempati;

2) pangkat terendah adalah Panitera Muda golongan III/a sesuai dengan persyaratan pangkat jabatan yang akan diduduki;

3) memiliki pengalaman dalam melaksanakan tugas di bidang Jabatan Fungsional yang akan dijabat paling kurang 2 (dua) tahun;

4) mengikuti dan lulus uji kompetensi di bidang Jabatan Fungsional yang akan dijabat;

5) nilai prestasi kerja paling kurang baik dalam 1 (satu) tahun terakhir; dan

6) usia tertinggi: a. 3 (tiga) tahun sebelum batas usia pensiun pada jabatan terakhir pejabat pelaksana. b. 2 (dua) tahun sebelum batas usia pensiun pada jabatan terakhir pengurus dan pengawas. c. 1 (satu) tahun sebelum batas usia pensiun pada jabatan terakhir bagi pengurus yang akan menduduki Jabatan Fungsional Ahli Madya. d. 1 (satu) tahun sebelum batas usia pensiun pada jabatan terakhir pejabat tinggi.

7) Persyaratan lain yang ditentukan oleh Wali Amanat

Untuk File Lengkap Tentang Peraturan BPR Nomor 26 Tahun 2016 pasal 2 dapat diunduh pada tautan di bawah ini:

Comment
Share:

Ad