Apa jurusan kuliah untuk mahasiswa sains yang suka fisika? Sahabat cerdas yang telah mengikuti langkah-langkah penting sebelum memilih jurusan kuliah, dan akhirnya tetap memilih jurusan fisika, mungkin akan sedikit bingung dengan alternatif yang tersedia.

Beneran, kalau suka pelajaran Fisika, apakah harus belajar Fisika di Jurusan Fisika? Apakah tidak ada alternatif untuk jurusan kuliah lain yang berhubungan dengan fisika? Kenapa ada, sobat. Berikut ini beberapa alternatif jurusan IPA untuk kamu yang menyukai pelajaran Fisika.

Baca juga: Macam-Macam 3 Jurusan Fisika

1. Fisika

jurusan sesuai mata kuliah
Foto oleh JESHOOTS.com di Pexels

Fisika adalah jurusan kuliah yang ideal bagi mahasiswa sains yang menyukai fisika. Apakah itu benar? di sini, sobat? Eitts, tunggu sebentar. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa mata kuliah yang berhubungan dengan fisika. Selain Jurusan Fisika sendiri, masih ada Pendidikan Fisika, Pendidikan Fisika, Geofisika, Teknik Fisika, Teknik Geofisika, dan Ilmu Tadris Konsentrasi Fisika.

Meski sama-sama mengambil jurusan fisika, masing-masing jurusan di atas memiliki fokus keilmuan yang berbeda. Jika Anda ingin mempelajari fisika sebagai ilmu murni, misalnya, Anda dapat memilih untuk belajar Fisika. Jurusan ini biasanya berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Namun, jika Anda lebih tertarik dengan fisika di bidang teknik atau engineering, Anda bisa memilih Teknik Fisika. Mahasiswa Teknik Fisika biasanya belajar di gedung teknik bersama-sama dengan mahasiswa Fakultas Teknik lainnya.

2. Astronomi

jurusan menurut mata pelajaran

Foto oleh Lucas Pezeta di Pexels

Astronomi pasti diklasifikasikan sebagai salah satu jurusan sains. Itu sangat jelas. Tapi tahukah Anda, sobat. Astronomi sebenarnya adalah jurusan yang berhubungan dengan Kimia, Matematika, dan Fisika secara bersamaan. Artinya, menyukai pelajaran Fisika saja tidak cukup. Anda juga harus memiliki bekal kemampuan kimia dan matematika yang tidak mengecewakan.

Saat ini, hanya ada satu Departemen Astronomi di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Oleh karena itu, jurusan sains ini cukup langka. Namun jika Anda bertekad untuk memilih jurusan perguruan tinggi sesuai dengan mata pelajaran favorit Anda, yaitu Fisika, maka Astronomi adalah salah satu jurusan yang patut dipertimbangkan – dan patut diperjuangkan.

3. Arsitektur

jurusan kuliah untuk anak sains

Foto oleh Tuur Tisseghem di Pexels

Jurusan dan pekerjaan di bidang arsitektur mungkin masih terdengar asing bagi Anda yang selama ini hanya fokus pada satu bidang saja, yaitu fisika. Namun pada kenyataannya, Arsitektur adalah bagian dari departemen sains. Itu dia, tidak sedikit anak sains yang tertarik untuk belajar arsitektur, sobat.

Jangan terintimidasi oleh kemampuan menggambar untuk kursus Arsitektur. Ini diperlukan rasa sendiri untuk menghasilkan karya arsitektur yang indah. Namun, setiap desain arsitektur membutuhkan keterampilan matematika yang sebenarnya sudah Anda miliki saat “berdekatan” dengan fisika. Jadi jika Anda harus memilih jurusan sesuai dengan mata kuliah favorit Anda, jangan abaikan beberapa alternatif jurusan seperti Teknik Arsitektur, Seni dan Arsitektur Islam, Arsitektur Lansekap, Pendidikan Teknik Arsitektur, Arsitektur Interior, dan tentunya Arsitektur itu sendiri.

4. Rekayasa/Teknik

jurusan yang berhubungan dengan kimia
Foto oleh Anamul Rezwan di Pexels

Bidang teknik atau engineering juga menawarkan berbagai pilihan jurusan berdasarkan mata pelajaran favorit Anda, Fisika. Ada banyak pilihan jurusan sains di bidang ini, antara lain Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Dirgantara, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Pertambangan, Teknik Elektro, Teknik Perminyakan, Teknik Multimedia dan Jaringan, Teknik Komputer, Pendidikan Teknik Informatika, Teknik Lingkungan, Pendidikan Teknik Bangunan, Teknik Pertambangan, Teknik Logistik, Teknik Lepas Pantai, Teknik Geomatika, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Keselamatan Kebakaran, Teknik Infrastruktur dan Lingkungan, Teknik Pengelolaan Air Terpadu, Teknik Kosmetik, Teknik Sistem Komputer, Teknik Minyak dan Gas Bumi, Teknik Instrumentasi dan Otomasi, Teknik Biologi, Teknik Pertanian dan Biosistem, Teknik Kehutanan, Teknik Nanoteknologi, Teknik/Teknik Industri, Manajemen Teknik, Agricultu Teknik ral, Teknik Infrastruktur Lingkungan, Teknik Infrastruktur dan Lingkungan, dan Teknik Bio-Medis dan Biologi.

Dari berbagai jurusan sains di atas, ada yang berkaitan dengan fisika sementara yang lain mungkin lebih terkait dengan biologi, matematika, atau kimia. Tapi bidang-bidang ini sudah tidak asing lagi bagi Anda yang mahasiswa IPA bukan?

5. Geografi

jurusan yang berhubungan dengan matematika
Foto oleh studio cottonbro di Pexels

Begitu juga geografi. Bidang ilmu ini mungkin tidak berhubungan langsung dengan fisika, namun Geografi merupakan salah satu jurusan ilmu yang terbuka lebar bagi anda yang menyukai fisika. Selain Geografi, jurusan alternatif yang bisa Anda pertimbangkan adalah Pendidikan Geografi dan Ilmu Informasi Geografis. Latar belakang IPAmu memakai benar-benar, di tiga jurusan ini.

Baca juga: Prinsip-Prinsip Geografi dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pilihan jurusan di perguruan tinggi untuk anak-anak sains biasanya adalah jurusan yang berkaitan dengan matematika atau mata pelajaran sains lainnya. Namun selain mata pelajaran favorit, sebenarnya ada hal lain yang tak kalah penting dalam memilih jurusan kuliah, yaitu faktor kepribadian.

Mengetahui mata pelajaran favorit Anda dan mencari jurusan kuliah berdasarkan mata pelajaran favorit Anda benar-benar baik-baik saja. Namun, mengetahui apakah kepribadian Anda cocok untuk belajar di jurusan dan pekerjaan tertentu juga sama pentingnya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *