PusatDapodik
Home Guru Kepegawaian Lowongan CPNS dan PPPK Tahun 2023 : Berikut Kategori Honorer Yang Paling Diuntungkan!

Lowongan CPNS dan PPPK Tahun 2023 : Berikut Kategori Honorer Yang Paling Diuntungkan!

Wajib Tau Berikut Kebijakan Baru Pemenuhan PPPK Guru 2023

Kabar baik untuk energi kehormatan bahwa dalam tahun 2023pemerintah dibuka kembali lowongan CPNS dan PPPK 2023.

Pengadaan ASN CPNS dan PPPK selama bertahun-tahun 2023 Hal itu diinformasikan langsung oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas.

Seiring dengan kabar kepastian pembukaan pilihan CPNS dan PPPK 2023Menteri PANRB juga telah menetapkan posisi kehormatan yang akan diprioritaskan untuk menjadi karyawan ASN.

Tentu saja, kehormatan diprioritaskan di pilihan CPNS dan PPPK 2023 berbeda. Posisi mana yang paling diuntungkan? Simak penjelasannya dalam artikel ini sampai akhir.

Selain menentukan kehormatan prioritas dalam pengadaan ASN CPNS dan PPPK 2023Menteri PANRB juga memaparkan arah kebijakan pemerintah dalam rekrutmen ASN 2023.

Arah kebijakan pertama, pengadaan ASN tahun 2023 akan difokuskan pada pelayanan dasar yaitu guru dan tenaga kesehatan. Fokus ini dilakukan untuk menyelesaikan masalah kehormatan secara optimal.

Kedua, pemerintah akan merancang kebijakan untuk memberikan kesempatan bagi digital talent dan data scientist untuk menjadi tenaga kerja ASN di tahun 2023.

Untuk arah kebijakan ketiga, rekrutmen CPNS tahun 2023 oleh pemerintah akan berlangsung dengan cara yang sangat selektif.

Keempat, pemerintah akan mengurangi perekrutan tenaga kerja posisi atau profesi yang akan terpengaruh oleh transformasi digital.

Pemerintah sendiri belum mengumumkan posisi atau profesi apa saja yang akan dikurangi dalam proses rekrutmen dan masih dianalisis.

Sementara itu, Menteri PANRB juga membedakan prioritas dalam pengadaan CPNS dan PPPK 2023.

Untuk pilihan CPNS tahun 2023pemerintah akan memprioritaskan pemenuhan profesi tertentu, antara lain:

  • jaksa
  • Pengajar
  • Hakim
  • Tenaga teknis tertentu lainnya termasuk talenta digital
  • Jabatan pelaksana prioritas menurut Peraturan Menteri PANRB Nomor 45 Tahun 2022 tentang Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil Pada Instansi Pemerintah.

Sedangkan untuk pilihan PPPK tahun 2023pemerintah akan fokus pada pemenuhan kategori berikut:

  • Guru
  • Pekerja kesehatan
  • Tenaga teknis lainnya.

Anas juga meminta instansi pemerintah untuk mulai mendata dan mengusulkan jumlah kebutuhan ASN di tahun 2023.

“Berdasarkan usulan kebutuhan kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, akan ditetapkan formasi dengan memperhatikan pertimbangan Menteri Keuangan dan pertimbangan teknis Kepala BKN,” ujarnya.

Tak lupa, Menteri PANRB juga menyampaikan rekrutmen calon ASN tahun 2023 akan mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu.

Variabel yang dimaksud Anas antara lain indikator jumlah pensiunan PNS dan pemenuhan SDM untuk mendukung program strategis nasional, antara lain letak geografis dan kemampuan anggaran.

“Pemerintah juga sudah menyiapkan kajian terkait penataan dan pemenuhan formasi ASN Papua dan Papua Barat serta Daerah Otonomi Baru Papua,” lanjut Anas.

Halaman selanjutnya

Tenaga Kehormatan yang dikukuhkan sebagai ASN tahun 2023


naikpangkat.com

Comment
Share:

Ad