PusatDapodik
Home Guru Macam-macam Aspek Penilaian Keterampilan pada Kurikulum 2013

Macam-macam Aspek Penilaian Keterampilan pada Kurikulum 2013

Berbagai Aspek Penilaian Keterampilan dalam Kurikulum 2013

Dalam kurikulum K13, tugas utama guru adalah mengimplementasikan standar pendidikan melalui proses penilaian. Ada tiga penilaian yang harus diberikan oleh guru kepada siswanya, salah satunya adalah penilaian keterampilan.

Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa menerapkan pengetahuan untuk melakukan tugas tertentu dalam berbagai konteks keterampilan.

Penilaian meliputi ranah berpikir dan bertindak. Keterampilan dalam ranah berpikir meliputi keterampilan menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mencipta. Keterampilan dalam ranah tindakan meliputi membaca, menulis, berhitung, menggambar, dan mengarang.

Lalu, ruang lingkup apa saja yang dibutuhkan dalam menilai keterampilan siswa? Simak penjelasan lengkap tentang instrumen, teknik dan contoh penilaian keterampilan di bawah ini.

Instrumen Penilaian Keterampilan

Untuk menilai kinerja siswa, seorang guru harus mengetahui berbagai instrumen yang disajikan dalam kurikulum K13 seperti daftar periksa, rubrik, skala penilaian. Hal ini diperlukan untuk mengetahui instrumen apa yang sesuai dalam proses pembelajaran akhir. Ketiga penjelasan tersebut adalah:

  1. Daftar periksa (daftar periksa): Guru dapat menyusun checklist atau daftar pilihan ganda yang isinya berupa poin-poin mengenai karakter dan keterampilan yang akan diukur. Kelebihan metode ini bisa dikatakan lebih praktis untuk mengamati subjek dalam jumlah besar. Walaupun lebih mudah, guru hanya memiliki dua pilihan untuk melakukan penilaian mutlak, seperti benar-salah, baik-buruk, atau berhasil-tidak berhasil.
  2. Skala penilaian: Guru dapat menyusun skala penilaian yang memuat beberapa tingkatan keterampilan, mulai dari tingkatan yang paling rendah sampai tingkatan yang paling baik. Dengan cara ini guru dapat menyesuaikan tingkat keterampilan siswa berdasarkan tingkat yang akan dicapai.
  3. Rubrik penilaian: Dalam menilai dengan rubrik, guru dapat menentukan kriteria yang harus dicapai siswa. Kriteria tersebut memiliki skor berdasarkan tingkat keberhasilan siswa. Untuk menentukan apakah siswa berhasil, Anda dapat melalui penghitungan skor.

Teknik Penilaian Keterampilan

Ada beberapa teknik penilaian keterampilan yang dapat digunakan guru, antara lain:

1. Teknik observasi melalui penugasan praktik langsung

Pada saat memberikan tugas praktik atau kegiatan yang disesuaikan dengan kompetensi, guru dapat melakukan pengamatan langsung terhadap proses pengerjaan tugas tersebut. Untuk itu bentuk tugas yang diberikan dapat berupa latihan membaca, berpidato, menyanyi, dan menari.

Dalam menentukan penilaian praktik diperlukan perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, dan acuan kualitas rubrik. Untuk aspek tes praktek dengan format rubrik harus dicantumkan beberapa kriteria, seperti:

  • Rubrik berisi seperangkat indikator untuk menilai kompetensi tertentu
  • Indikator dalam rubrik diurutkan berdasarkan urutan langkah pengerjaan tugas atau sistematika pengerjaan tugas siswa
  • Rubrik dapat mengukur kemampuan yang akan diukur (valid)
  • Rubrik dapat digunakan (layak) dalam menilai kemampuan siswa
  • Rubrik dapat memetakan kemampuan siswa
  • Rubrik disertai dengan penilaian yang jelas untuk pengambilan keputusan

2. Penilaian kerajinan atau produk

Penilaian ini mengutamakan keterampilan siswa dalam menciptakan suatu produk atau menghasilkan suatu produk dalam waktu tertentu berupa pembuatan kerajinan tangan, penelitian ilmiah, dan pembuatan cerpen.

3. Penilaian proyek adalah kegiatan yang bertujuan untuk menguji pengetahuan siswa melalui instrumen proyek dalam waktu tertentu

Penerapan pembelajaran dapat berupa kegiatan perencanaan dan pengolahan data. Hasil akhir proyek ini berupa penilaian yang dituangkan dalam rubrik yang memuat kriteria dan tahapan proyek. Ada tiga poin dalam penilaian proyek seperti pengelolaan, relevansi dan orisinalitas.

4. Teknik Lainnya Pengukuran keterampilan

Teknik Lain Untuk mengukur keterampilan dalam ranah berpikir abstrak (membaca, menulis, menyimak, dan menghitung) dapat digunakan teknik lain, misalnya tes tertulis. Pada mata pelajaran matematika atau IPA, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep pada kedua mata pelajaran tersebut dapat dilakukan tes tertulis. Dalam mata pelajaran kelas bahasa, siswa menyusun berbagai jenis teks.

5. Penilaian portofolio

Penilaian ini dilakukan dengan mengumpulkan contoh hasil karya siswa selama proses pembelajaran, seperti foto, video, atau dokumen yang berkaitan dengan keterampilan yang akan diukur, dan menilai portofolio sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Penilaian portofolio ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang kemajuan siswa dalam memahami dan menerapkan keterampilan yang dimilikinya.

Agar penilaian dapat dilaksanakan dengan efektif, guru dapat menentukan jenis karya yang harus disampaikan dan memberikan kritik dan saran terhadap karya tersebut.

Contoh Penilaian Keterampilan

Ada beberapa contoh penilaian keterampilan yang dapat diukur dengan menggunakan instrumen rubik, antara lain:

Contoh Penilaian Keterampilan Berbicara

Jenis-jenis keterampilan dalam pembelajaran memiliki berbagai jenis, salah satunya keterampilan berbicara yang terintegrasi. Keterampilan membaca memiliki berbagai komponen yang dapat dijadikan dasar untuk membuat contoh penilaian. Sebagai:

  • Kosakata
  • struktur bahasa
  • Intonasi
  • kebingungan
  • Isi pembicaraan
  • Teknik pertunjukan berbicara

Untuk teknik pertunjukan self talk dibagi menjadi contoh, menurut Nurgiyantoro (1988) dapat dilakukan dalam bentuk sebagai berikut: 1) Percakapan Berbasis Gambar, 2) Wawancara, 3) Bercerita, 4) Pidato, 5) Diskusi.

Berikut ini contoh penilaian keterampilan berbicara yang dapat Anda berikan kepada siswa adalah tugas pidato di depan kelas dengan tema yang telah ditentukan. Kemudian uraikan komponen yang akan dinilai dalam bentuk rubik dan skala penilaian yang akan diberikan.

Contoh Penilaian Keterampilan Berbicara

Contoh Penilaian Keterampilan Presentasi

Contoh Penilaian Keterampilan Presentasi

Sumber: eprints.uny.ac.id/46657/25/RUBRIK%20PENILAIAN%20Ketrampilan%20.pdf

Bagi yang sedang mencari contoh penilaian kemampuan presentasi, Anda bisa menggunakan aspek dan kriteria penilaian di atas untuk mengetahui kemampuan Anda dalam menyelesaikan tugas kelompok.

2-Contoh Penilaian Keterampilan Presentasi

Sumber: eprints.uny.ac.id/46657/25/RUBRIK%20PENILAIAN%20Ketrampilan%20.pdf

Setelah mengetahui skor yang diperoleh setiap kelompok presentasi, Anda dapat dengan mudah menilai keterampilan siswa dengan rumus di atas dan mengklasifikasikan pencapaian setiap siswa.

Contoh Penilaian Keterampilan Menulis

1-Contoh Penilaian Keterampilan Menulis

Sumber: eprints.uny.ac.id/9687/5/lampiran.pdf

Contoh Penilaian Keterampilan Menulis

Sumber: eprints.uny.ac.id/9687/5/lampiran.pdf

Contoh keterampilan menulis di atas memuat beberapa rubrik penilaian yang diberikan guru kepada siswa melalui teknik menulis esai deskriptif. Skor dalam panduan penilaian dirinci berdasarkan poin-poin yang ingin dicapai.

Misalnya pada aspek isi/ide yang dikemukakan memiliki empat indikator yang masing-masing skor juga dibagi berdasarkan kemampuan siswa dalam menulis esai.

Itulah informasi mengenai penilaian keterampilan pada Kurikulum 2013

www.quipper.com

Comment
Share:

Ad