Menyusun makalah praktik terbaik merupakan salah satu proses pembelajaran bagi pendidik untuk meningkatkan kualitas diri.

Karena menjadi guru bukanlah akhir dari proses belajar. Bahkan untuk guru PNS, menyusun makalah praktik terbaik merupakan program yang dibutuhkan untuk menjadi point dalam meningkatkan akumulasi nilai kredit.

Bagi guru non-ASN, menyusun makalah praktik terbaik bukanlah hal yang sia-sia. Meski tidak tercatat dalam penambahan nilai kredit, hal ini akan semakin membuat guru berbakat dalam aspek penulisan ilmiah selain jurnal.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat lain yang akan diperoleh guru. Lantas, apa saja manfaat lain yang bisa diperoleh dari penyusunan makalah? praktek terbaik?

Berbagai Manfaat Membuat Makalah Praktek terbaik

Agar Anda termotivasi untuk menyusun makalah, berikut beberapa makalah yang bisa Anda dapatkan sekaligus:

1. Tingkatkan Semangat Belajar

Idealnya, seorang individu perlu menjadi seseorang yang selalu memiliki semangat untuk belajar. Semangat ini tentu tidak datang dengan sendirinya. Perlu adanya pemantik api seperti kegiatan belajar, pelatihan, seminar dan lain-lain.

Penyusunan makalah juga merupakan salah satu hal yang efektif untuk meningkatkan semangat belajar dalam diri. Awalnya memang agak sulit. Karena karya tulis berkaitan dengan penyusunan berupa karya ilmiah.

Seperti halnya mahasiswa, menulis merupakan kegiatan yang cukup meresahkan dan tidak banyak dinikmati orang. Apalagi jika tulisannya harus berupa karya ilmiah. Nah, tentunya membutuhkan penelitian yang lebih optimal dan data yang valid.

2. Meningkatkan kinerja

Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan prestasi dan harga diri Anda. Prestasi adalah sesuatu yang membanggakan bagi guru.

Apalagi di era Kurikulum Mandiri, Anda perlu selalu mengatur banyak strategi agar prestasi mudah diraih.

Di masa pandemi, ada berbagai pelatihan untuk meningkatkan kinerja. Salah satunya terkait rapat bersama tentang “persiapan makalah praktik terbaik”. Misalnya, ada juga berbagai komunitas yang mendukung pembuatan makalah praktik terbaik.

Halaman selanjutnya

3. Memperluas Koneksi…

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *