Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

- Penulis

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pusat dapodik – Bahasa Inggris merupakan salah satu pelajaran penting yang diajarkan di sekolah menengah pertama, termasuk di kelas 9. Pada semester 1, dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka, terdapat sejumlah perubahan dan penyesuaian dalam materi yang diajarkan. Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang materi Bahasa Inggris kelas 9 semester 1 berdasarkan Kurikulum Merdeka, serta memberikan tips agar pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan.

Pendekatan Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka menawarkan pendekatan yang lebih fleksibel dan berfokus pada pengembangan kompetensi siswa. Dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, hal ini berarti lebih banyak kesempatan untuk praktek berbicara, mendengar, membaca, dan menulis dalam situasi yang lebih relevan dan kontekstual. Siswa diharapkan dapat mengaplikasikan kemampuan Bahasa Inggris mereka dalam kehidupan sehari-hari, bukan sekadar menghafal aturan tata bahasa.

Materi Utama Semester 1

1. Introduction and Greetings

Pada awal semester, siswa akan belajar cara memperkenalkan diri dan orang lain. Ini meliputi penggunaan kalimat sederhana seperti “My name is…”, “Nice to meet you”, dan “How are you?”. Selain itu, siswa juga diajarkan cara bertanya dan menjawab pertanyaan dasar tentang diri sendiri dan orang lain.

2. Describing People and Objects

Siswa akan mempelajari cara mendeskripsikan orang dan benda di sekitar mereka. Materi ini mencakup penggunaan kata sifat (adjectives) seperti “tall”, “short”, “beautiful”, “expensive”, dan sebagainya. Mereka juga akan belajar tentang penggunaan bentuk kata benda tunggal dan jamak (singular and plural nouns).

3. Daily Activities

Materi ini fokus pada aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan. Siswa diajarkan untuk menggunakan present simple tense dalam menjelaskan rutinitas harian mereka. Misalnya, “I wake up at 6 AM”, “She goes to school by bus”, dan “They play football in the afternoon”.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Siswa yang Tertinggal Materi Selama PJJ

4. Telling Time

Kemampuan untuk menyatakan waktu dalam Bahasa Inggris juga menjadi bagian penting dari materi semester ini. Siswa belajar bagaimana menyebutkan jam dan menit dengan benar, serta memahami istilah seperti “quarter past”, “half past”, dan “o’clock”.

5. Hobbies and Interests

Siswa akan diajak untuk berbicara tentang hobi dan minat mereka. Ini termasuk penggunaan kalimat seperti “I like playing basketball”, “She loves reading books”, dan “They enjoy listening to music”. Materi ini juga mencakup kosakata terkait berbagai jenis hobi dan kegiatan rekreasi.

6. Simple Present Tense

Pemahaman tentang present simple tense akan lebih diperdalam. Siswa belajar mengenai struktur kalimat positif, negatif, dan interogatif dalam present simple tense. Misalnya, “I do not like apples”, “Do you go to school every day?”, dan “She does not play piano”.

Pendekatan Belajar yang Menyenangkan

Agar pembelajaran Bahasa Inggris lebih menarik dan tidak membosankan, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Praktik dengan Percakapan Sehari-hari

Cobalah untuk mempraktikkan Bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. Misalnya, gunakan Bahasa Inggris saat berbicara dengan teman atau keluarga tentang hal-hal sederhana seperti cuaca, kegiatan harian, atau rencana akhir pekan. Praktik ini akan membantu siswa menjadi lebih percaya diri dalam berbicara Bahasa Inggris.

2. Mendengarkan Lagu dan Menonton Film

Mendengarkan lagu dan menonton film berbahasa Inggris adalah cara yang menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan mendengar (listening) dan memperkaya kosakata. Pilihlah lagu atau film yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa, dan cobalah untuk memahami lirik atau dialognya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 8 SMP MTs Bab 2 Halaman 73 Kurikulum Merdeka: Worksheet 2.1

3. Membaca Buku atau Artikel

Membaca buku atau artikel berbahasa Inggris juga dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca (reading) dan memperluas kosakata. Mulailah dengan bacaan yang ringan seperti cerita pendek atau artikel di majalah remaja. Jika menemukan kata-kata baru, catat dan cari tahu artinya.

4. Menulis Jurnal Harian

Menulis jurnal harian dalam Bahasa Inggris bisa menjadi latihan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis (writing). Siswa bisa menulis tentang kegiatan mereka sehari-hari, perasaan, atau rencana mereka. Ini akan membantu siswa lebih terbiasa dengan struktur kalimat dan penggunaan kosakata dalam konteks yang nyata.

5. Menggunakan Aplikasi Pembelajaran

Saat ini banyak aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris yang interaktif dan menyenangkan. Aplikasi seperti Duolingo, Babbel, atau Memrise menawarkan latihan yang dapat disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai permainan dan tantangan yang bisa meningkatkan motivasi belajar.

Evaluasi Pembelajaran

Penting untuk melakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Evaluasi bisa dilakukan melalui tes tertulis, presentasi, atau proyek kecil yang melibatkan penggunaan Bahasa Inggris. Selain itu, feedback dari guru dan teman sekelas juga sangat penting untuk membantu siswa memperbaiki kekurangan mereka.

Kesimpulan

Materi Bahasa Inggris kelas 9 semester 1 dalam Kurikulum Merdeka menawarkan pendekatan yang lebih kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Melalui materi ini, siswa diharapkan dapat lebih percaya diri dalam menggunakan Bahasa Inggris dalam berbagai situasi. Dengan pendekatan belajar yang menyenangkan dan evaluasi yang tepat, pembelajaran Bahasa Inggris dapat menjadi pengalaman yang menarik dan bermanfaat.

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
50 Soal Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 7 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru