Memanfaatkan Menu Blog pada CMS Sekolahku

- Penulis

Selasa, 12 September 2023 - 12:45 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Blog Website CMS Sekolahku

Blog Website CMS Sekolahku

Assalamualikum Wr. Wb.

Halo sobat GTK semuanya…. Semoga sehat dan bahagia.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial memanfaatkan menu blog di CMS Sekolahku yang dapat digunakan secara gratis untuk membangun website sekolah.

Blog Situs Web CMS Sekolah Saya
Memanfaatkan Menu Blog Website CMS Sekolahku

A. Blog Sekolah

Blog

Sebenarnya apa itu blog?

Kami hanya akan mengutip dari Wikipedia…

Blog (dari kata log web) merupakan suatu bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan (yang dimuat sebagai postingan) di halaman web.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2003. Sejak saat itu, banyak sekali aplikasi open source yang ditujukan untuk pengembangan para penulis blog.

Blog memiliki fungsi yang sangat beragam, mulai dari catatan harian, media publikasi dalam kampanye politik, hingga media dan program perusahaan.

Beberapa blog dikelola oleh satu penulis, sementara yang lain dikelola oleh beberapa penulis.

Banyak blog juga memilikinya fasilitas interaksi dengan pengunjung, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang memungkinkan pengunjungnya memberikan komentar terhadap isi artikel yang diterbitkan, namun ada juga blog yang sebaliknya (non-interaktif).

Blog Sekolah

Sedangkan untuk blog sekolah tentunya merupakan blog yang dibuat oleh sekolah dengan tujuan sebagai media pembelajaran dan media informasi sekolah.

Blog sekolah digunakan oleh sekolah atau lembaga pendidikan untuk berbagi informasi, berita, artikelDan konten pendidikan kepada siswa, orang tua, guru, dan masyarakat umum.

Manfaat Blog Sekolah

Blog sekolah dapat memiliki berbagai macam tujuan dan manfaat, antara lain sebagai berikut:

1. Komunikasi: Blog sekolah dapat menjadi saluran komunikasi yang efektif antara sekolah, siswa dan orang tua. Dapat digunakan untuk mengumumkan berita, acara, perubahan jadwal dan informasi penting lainnya.

2. Sedang belajar: Guru dapat menggunakan blog sekolah untuk berbagi materi pembelajaran, tugas, catatan kuliah, dan sumber daya pendidikan dengan siswa. Hal ini dapat membantu dalam mendukung pembelajaran jarak jauh atau sebagai pelengkap pembelajaran di kelas.

3. Memamerkan Pertunjukan: Blog sekolah juga dapat digunakan untuk menampilkan prestasi siswa, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik, seperti kegiatan olah raga, seni, dan keterlibatan dalam masyarakat.

Baca Juga :  Pentingnya Memahami Sosiologi Pendidikan untuk Guru

4. Keterlibatan orang tua: Orang tua dapat menggunakan blog sekolah untuk terus mengetahui perkembangan anak mereka, mengikuti aktivitas sekolah, dan berpartisipasi dalam kehidupan sekolah.

5. Peluang Berbagi Pengetahuan: Guru, staf, atau siswa dapat menulis artikel atau postingan blog tentang berbagai topik pendidikan, penelitian, atau pengalaman pribadi yang dapat bermanfaat bagi komunitas sekolah dan masyarakat luas.

6. Pengarsipan Informasi: Blog sekolah dapat berfungsi sebagai arsip informasi penting seperti jadwal, buletindokumen kebijakan, dan catatan penting lainnya yang dapat diakses oleh semua pihak yang berkepentingan.

7. Pengembangan Masyarakat: Blog sekolah dapat membantu membangun dan memperkuat komunitas sekolah dengan menyediakan platform untuk berdiskusi, berbagi ide, dan merayakan pencapaian kolektif.

8. Promosi Sekolah: Blog sekolah dapat digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan sekolah kepada calon siswa dan calon orang tua, dengan menyajikan informasi tentang program pendidikan, fasilitas, dan budaya sekolah.

B. Menu Blog CMS Sekolahku

CMS Sekolahku Dilengkapi dengan fitur-fitur blog canggih yang tidak kalah canggihnya platform blog seperti Blogger juga bukan WordPress.

Di CMS Sekolahku sudah ada fiturnya Menulis Blog, Kategori Penulisan, Tagsebaik Komentar.

Menu Semua Postingan

menu posting blog CMS sekolah saya

Menu “Semua Postingan” untuk menampilkan tulisan/postingan blog yang telah dibuat. Bapak/Ibu Guru dapat menambahkan tulisan baru dengan mengklik icon tambah.

Postingan dapat dihapus dan tidak akan muncul di web, namun tetap muncul di sini dengan warna merah. Ini untuk tujuan pengarsipan.

Tambahkan Menu Baru

Klik cepat pada artikel/postingan baru. Disini kita menulis teks judul postingan dan isi postingan. Agar tulisan lebih menarik dan rapi, Anda juga bisa mengubah format surat dan menambahkan gambar.

Menulis blog CMS sekolah saya

Tentukan juga postingan berdasarkan kategori dan tag, lalu klik menu “Menerbitkan”

Menu Kategori Posting

Kategori Dalam membuat blog berfungsi sebagai cara untuk mengatur dan mengelompokkan konten blog anda berdasarkan topik atau tema tertentu. Dengan penggunaan kategori yang bijak, Anda dapat meningkatkan navigasi, SEO, dan pengalaman pengguna, serta membantu pembaca menemukan konten yang relevan dengan minat mereka.

Kategori penulisan CMS sekolah saya

Di CMS Sekolah Saya Anda dapat menambahkan kategori postingan blog sesuai kebutuhan Anda, disini saya akan memberikan contoh pembuatan kategori sesuai tingkat kelas. Hal ini bertujuan untuk memudahkan navigasi jika ingin mempublikasikan postingan yang berkaitan dengan materi pelajaran.

Baca Juga :  Program Remedial dan Pengayaan Kurikulum Merdeka

Tag Menu

Tag (atau label) Sebuah blog memiliki beberapa fungsi utama.

Pertama, tag membantu meningkatkan navigasi dengan memungkinkan pengunjung menemukan konten yang relevan dengan minat mereka dengan cepat; dengan mengklik tag tertentu, pengunjung dapat menjelajahi lebih jauh topik yang mereka minati.

Kedua, tag memperkuat kategori dengan memberikan dimensi tambahan dalam pengorganisasian konten, tag dapat digunakan untuk mengkategorikan postingan yang berbeda namun terkait dengan topik yang sama, sehingga memudahkan pembaca untuk mengeksplorasi sudut pandang yang beragam.

Terakhir, tag juga berfungsi untuk menyatukan topik dengan menghubungkan postingan terkait, menciptakan jaringan konten yang koheren, dan memudahkan pembaca untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang subjek tertentu di blog.

tag menu cms sekolahku

Sama seperti pada platform WordPress, pihak pengembang juga telah menyematkan fitur Tags pada CMS Sekolahku.

Menu Komentar

Komentar pada blog mempunyai beberapa fungsi, diantaranya memberikan masukanmemfasilitasi diskusi, dan mendorong interaksi antara penulis dan pembaca.

Kolom komentar memungkinkan pembaca untuk berpartisipasi aktif dalam komunitas blog, bertanya, memberikan dukungan, dan berbagi ilmu. Komentar juga dapat memperkuat keterlibatan pembaca, dan memberikan validasi kepada penulis.

Namun, penting untuk memantau dan mengelola komentar untuk menjaga kualitas dan keamanan konten blog. Dengan menggunakan komentar secara bijak, Anda dapat membangun hubungan yang kuat dengan pembaca dan meningkatkan keterlibatan di blog Anda.

Fitur komentar blog CMS sekolah saya

Untuk membalas komentar blog di CMS Sekolahku, silakan gunakan menu “Blog” “Menulis”“Komentar” — klik ikon edit — tulis balasan ke komentar — “Memperbarui”

Penutupan

Hanya itu saja yang dapat saya bagikan mengenai hal tersebut fungsi blog sekolah Dan Cara menggunakan menu blog di CMS Sekolahku.

Kami harap panduan praktis ini bermanfaat bagi Anda.

Terima kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Blog

https://chat.openai.com/

www.tasadmin.id

Berita Terkait

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!
Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)
Kontrak Honorer Akan Diperpanjang Sampai 2027? Pertanda Kuat Honorer Tidak Jadi Dihapus
Ada beberapa Tunjangan Guru Yang nantinya Akan di Hapus Mulai Tahun 2025, Apa saja itu ?
Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:50 WIB

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:24 WIB

Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini

Senin, 15 Juli 2024 - 19:23 WIB

Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!

Senin, 15 Juli 2024 - 11:13 WIB

Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)

Berita Terbaru