Dalam berinteraksi dengan orang lain, tidak jarang kita bertanya untuk mencari tahu informasi atau bahkan kita memberikan informasi yang dibutuhkan orang lain. Untuk memberikan informasi menggunakan kalimat bahasa Inggris, diperlukan pemahaman tata bahasa, khususnya tenses. Lalu bagaimana cara memberikan informasi dalam present tense, past tense, dan future continuous tense?

Tenses adalah perubahan bentuk kata kerja berdasarkan informasi tentang waktu dan sifat kegiatan atau peristiwa. Tenses terbagi menjadi 4 jenis, yaitu present, past, future, dan past future. Nah, pada materi kali ini kita akan membahas tentang pemberian informasi dalam bentuk present tense, past tense, dan future tense.

Present Continuous Tense

Present continuous tense digunakan untuk mengungkapkan atau memberikan informasi tentang suatu kegiatan yang sedang berlangsung saat ini atau sekitar waktu percakapan. Selain itu, tense ini dapat digunakan untuk memberikan informasi kegiatan yang akan terjadi dan harus disebutkan kata keterangan.

Rumus kalimat present continuous tense adalah:

Subjek + to be (is, am, are) + kata kerja

Baca juga: Time Connectives dalam Bahasa Inggris, Apa Itu?

Contoh kalimat untuk memberikan informasi dalam present tense antara lain:

  • Saya berangkat ke Jakarta besok (Saya berangkat ke Jakarta besok)
  • Saya sedang mendengarkan musik (saya sedang mendengarkan musik)

Past Continuos Tense

Past continuous tense adalah bentuk tense yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu tindakan sedang berlangsung pada waktu tertentu di masa lampau (past). Formulir ini memberikan informasi bahwa tindakan tersebut terjadi sebelum (mulai sebelum), selama (sedang berlangsung selama), dan dapat berlanjut setelah (lanjutan setelah) waktu atau tindakan lain yang terjadi di masa lalu.

Rumus kalimat past continuous tense adalah:

Subjek + to be (was, were) verb-ing

Contoh kalimat untuk memberikan informasi dalam bentuk lampau antara lain:

  • Anak-anak sedang belajar matematika (anak-anak sedang belajar matematika)
  • Dia sedang tidur

Ketegangan Berkelanjutan Masa Depan

Future continuous tense adalah bentuk kata kerja untuk menyatakan kejadian yang sedang terjadi di masa depan atau pada waktu yang akan datang dengan keterangan waktu tertentu. Dengan kata lain, kalimat yang menggunakan tense ini memiliki durasi waktu.

Dalam menyusun kalimat khususnya untuk memberikan informasi tentang bentuk future continuous tense harus memperhatikan rumusnya yaitu:

Subjek + akan + menjadi + kata kerja

Contoh kalimat dalam bentuk future continuous tense antara lain:

  • Paman John akan menjemputnya di stasiun kereta jam 7 malam ini (Paman John akan menjemputnya di stasiun kereta jam 7 malam)
  • Dia akan tinggal di kantor pada jam 4 sore ini

Ikuti dan sukai kami:

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *