PusatDapodik
Home Berita Pendidikan Mengapa di Sekolah Harus Ada Tata Tertib? – Jendela Inspirasi Dunia Pendidikan

Mengapa di Sekolah Harus Ada Tata Tertib? – Jendela Inspirasi Dunia Pendidikan

Mengapa di Sekolah Harus Ada Tata Tertib Jendela Inspirasi

Pendidikan merupakan hal yang penting, karena merupakan upaya yang bertujuan mempersiapkan peserta didik untuk peduli terhadap lingkungan yang terus berubah.

Pendidikan dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kehidupan, baik kehidupan pribadi maupun masyarakat yang dapat dilaksanakan di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.

Di lingkungan sekolah tentunya terdapat banyak siswa yang masing-masing memiliki ciri dan sifat yang berbeda-beda. Hal ini akan mempengaruhi tingkat kedisiplinan dan ketertiban di sekolah. Nah, untuk menjamin kelangsungan proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan peraturan sekolah.

aturan%20sekolah


Apa itu Tata Tertib di Sekolah

Pengertian disiplin sekolah yang lebih luas adalah seperangkat tata tertib yang telah disepakati bersama yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, dan kondusif.

Aturan ditetapkan untuk mengatur segala tingkah laku dan perbuatan siswa, guru, pegawai dan lembaga agar tidak menyimpang dari nilai dan standar yang berlaku di masyarakat.

Tata tertib sekolah masing-masing lembaga tentunya tidak sama karena dibuat sesuai dengan keadaan, situasi dan kepentingan masing-masing. Namun kesamaan tersebut bersifat memaksa sehingga setiap orang dalam lembaga tersebut harus menaatinya tanpa terkecuali. Ini berarti bahwa tatanan adalah sistem aturan yang tidak dapat dinegosiasikan.

Tujuan Peraturan Sekolah

Tata tertib sekolah ditetapkan secara resmi oleh penguasa berdasarkan berbagai macam pertimbangan sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan sekolah.

Tata tertib sekolah memuat hal-hal yang perlu dan dilarang bagi siswa selama berada di lingkungan sekolah. Tujuan dari tata tertib sekolah adalah :

1. Menciptakan suasana aman dan tenteram bagi seluruh warga sekolah

2.
Menciptakan suasana bersih dan sehat bagi seluruh warga sekolah

3.
Penciptaan kondisi sesuai kaidah yang mencerminkan keserasian dan keseimbangan baik dalam pengembangan ruang, tata kerja, tata sosial, dan lain-lain di lingkungan sekolah.

4.
Menciptakan lingkungan yang baik bagi seluruh warga sekolah

5.
Menjalin hubungan baik antara siswa, guru dan warga sekolah lainnya. Hal itu mencerminkan sikap dan gotong royong, keterbukaan, saling menghormati dan saling menghargai.

6. Dengan adanya tata tertib sekolah diharapkan mampu menciptakan ketertiban di sekolah untuk menciptakan kondisi dinamis yang dapat menghasilkan keharmonisan.

Peraturan Sekolah yang Harus Diikuti Siswa

Berikut adalah peraturan sekolah yang secara umum harus dihormati dan yang juga harus Anda patuhi sebagai siswa:

Masuk sekolah

Wajarnya, semua siswa harus datang ke sekolah sebelum kegiatan belajar mengajar. Meskipun setiap sekolah memiliki waktu masuk yang berbeda, aturannya tetap sama.

Kegiatan Belajar dan Mengajar

Pada umumnya sebelum kegiatan belajar mengajar untuk materi pertama akan dilakukan pembacaan doa yang dipimpin oleh ketua kelas. Begitu juga saat pelajaran terakhir selesai.

Setelah sekolah

Saat bel sekolah berbunyi, semua siswa harus keluar kelas dengan tertib. Petugas membersihkan kelas dan membereskan kursi dan meja sebelum meninggalkan kelas.

Lingkungan sekolah

Aturan sekolah berikutnya adalah semua siswa harus menjaga ketertiban lingkungan sekolah. Mulai membuang sampah pada tempatnya, tidak merusak sarana dan prasarana sekolah, serta memelihara tanaman hidup.

Sopan santun dan Etika

Kesopanan dan etika sangat penting bagi setiap siswa. Sebagai siswa, Anda harus menghormati guru, kepala sekolah, dan karyawan. Setiap siswa juga dituntut untuk bersikap sopan kepada semua warga sekolah, terutama teman sekolah.

Demikian artikel tentang Mengapa Sekolah Harus Memiliki Peraturan. Sehingga dipahami bahwa tata tertib sekolah itu penting bagi siswa, yang dapat mencerdaskan dan menumbuhkan perilaku siswa di sekolah. Karena tata tertib sekolah berisi tata tertib yang harus dilaksanakan oleh siswa.

 

 

 

Comment
Share:

Ad