pusatdapodik.com – Rapor Pendidikan 2024 merupakan sebuah terobosan dari Kementrian pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) didunia pendidikan yang bertujuan mempermudah satuan pendidikan untuk memperbaiki apa yang kurang. Pada tahun 2024 ini platform satu ini diperbaharui dengan fitur-fitur unggulan.

Pembaharuannya tidak hanya dari antarmuka yang lebih fresh saja, namun juga ada berbagai fitur yang bisa digunakan untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan keterbukaan informasi pendidikan di Indonesia.

Fitur- Fitur Baru dalam Rapor Pendidikan Tahun 2024

Apa saja fitur terbaru tersebut? Berikut ini beberapa fitur terbaru dari platform Rapor Pendidikan beserta dengan kegunaannya:

1. Dashboard Interaktif

Fitur pertama yang terbaru adalah tampilan dashboard dari platform Rapor pendidikan lebih baru dan memiliki visualisasi data yang menarik serta informatif sehingga lebih nyaman dilihat. Anda yang mengakses rapor pendidikan bisa melihat berbagai informasi terkait capaian belajar, profil sekolah, dan indikator pendidikan di berbagai daerah dengan lebih mudah. Bahkan terdapat bagan yang mempermudah membaca datanya.

2. Data Pendidikan PAUD

Berbeda dengan platform sebelum di update, kali ini Rapor Pendidikan juga memuat data pencapaian belajar dan juga profil satuan pendidikan jenjang PAUD. Hal ini mempermudah orang tua maupun stakeholder lainnya untuk memantau bagaimana perkembangan di satuan pendidikan anak usia dini tersebut.

3. Disagregasi Data

Data yang disampaikan kepada pemilik kepentingan akan rapor pendidikan ini lebih detail mulai dari tingkat sehun hingga per kelasnya. Data ini memungkinkan siapa saja bisa melakukan analisis lebih mendalam dan melakukan identifikasi masalah yang jauh lebih spesifik demi kepentingan peningkatan mutu pendidikan di satuan pendidikan.

4. Indikator Kinerja Utama (IKU)

Kini Rapor pendidikan terbaru sudah dilengkapi dengan indikator kinerja utama atau IKU Pendidikan. Inilah yang menjadi fokus utama Kemendikbud Ristek.

Hadirnya data IKU memungkinkan publik agar bisa memantau kemajuan pencapaian target pendidikan nasional dengan lebih mudah.

5. Fitur Pencarian dan Filter

Hadirnya menu Filter mempermudah pengguna untuk mencari informasi dengan lebih mudah dan cepat. Kini informasi yang dicari atau dibutuhkan bisa diakses secara efisien tanpa harus mencarinya manual.

Manfaat Pembaruan Rapor Pendidikan 2024

Nah mengapa satuan pendidikan harus melakukan pembaharuan rapor pendidikan? Salah satu alasannya karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan, diantaranya adalah:

  • Meningkatkan transparansi : informasi yang terbuka dan bisa diakses oleh siapa saja membantu masyarakat untuk mengetahui kondisi pendidikan di Indonesia lebih jelas dan detail.
  • Meningkatkan akuntabilitas : selanjutnya disagregasi data dan IKU memumngkinkan pemantauan kinerja pemerintah dan satuan kependidikan selama ini. Selain itu ini juga mendorong akuntabilitas dalam mencapai target pendidikan yang ada.
  • Membantu pengambilan keputusan : informasi yang ada membantu semua pihak yang ada dalam mengambil keputusan yang tepat terkait perkembangan pendidikan. Baik guru, orangtua dan juga stakeholder lainnya bisa merancang langkah yang efektif.
  • Meningkatkan partisipasi masyarakat : terkait, transparansi dan akuntabilitas diharapkan bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mendukung pendidikan dan juga masyarakat lebih aktif dalam membantu perkembangan pendidikan.

Pembaharuan rapor Pendidikan tidak hanya sebatas tampilan atau fiturnya saja yang baru. Namun juga merupakan langkah untuk mewujudkan transparansi, akuntabilitas dan membuka informasi perkembangan pendidikan yang ada.

Disclaimer : “Jangan lewatkan informasi terbaru seputar dunia pendidikan dan informasi CPNS dan PPPK dengan bergabung di channel telegram kami. Klik LINK BERIKUT dan pilih join”

 

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *