PusatDapodik
Home Berita Pendidikan Finansial Mengenal Branding Beserta Manfaat dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Branding Beserta Manfaat dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Branding Beserta Manfaat dan Jenis Jenisnya

Bagi sebuah bisnis, branding merupakan hal yang sangat penting dan berpengaruh besar dalam mencapai kesuksesan. Apa itu branding? Segala upaya yang dilakukan oleh pelaku usaha dan bisnis untuk membangun merek dari produknya adalah pengertian sederhana dari branding. Sebuah merek akan memenangkan persaingan pasar ketika memiliki branding yang kuat.

Merek produk yang memiliki branding yang kuat akan lebih diingat oleh konsumen sehingga ketika ada pesaing tidak begitu berpengaruh di pasar. Tidak hanya itu, branding yang baik bahkan dapat menjadikan sebuah brand sebagai identitas bagi semua produk sejenis. Misalnya, semua jajanan untuk anak kecil disebut “Ciki” padahal itu merek makanan ringan terkenal.

Memahami Apa Branding Menurut AMA

Memahami Apa Branding Menurut AMA

Asosiasi profesional pemasaran dari negara Paman Sam yaitu Asosiasi Pemasaran Amerika (AMA) memberikan definisi yang jelas tentang apa yang dimaksud dengan merek atau merek. Merek adalah nama, istilah, logo, desain atau karakteristik lain yang terkandung dalam suatu produk atau jasa yang akan membuatnya berbeda dari yang lain.

Merujuk pada pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa branding adalah segala upaya yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk menciptakan brand atau merek. merek. Termasuk dalam branding adalah proses penentuan visi dan misi perusahaan serta logo produk.

Elemen Merek

Elemen Merek

Sebagai bentuk upaya membangun merek, tentunya ada beberapa unsur atau elemen yang harus dipenuhi oleh perusahaan dalam membentuk branding. Keempat elemen tersebut adalah:

1. Visi dan Misi

Visi adalah tujuan jangka panjang dari apa yang ingin dicapai oleh merek. Sedangkan misi adalah solusi yang akan diberikan atau dilakukan ketika ada masalah.

2. Logo

Logo merupakan wajah atau identitas produk, sehingga harus dibuat sebaik mungkin. Logo akan mewakili produk dan merek Anda. Oleh karena itu, dalam membuat logo harus memikirkan font yang akan digunakan, warna dan bentuk yang dapat menempel di benak konsumen sebagai target pasar.

3. Jargon

Jika logo adalah citra visual merek maka jargonnya adalah citra audio. Dalam istilah pemasaran sering disebut sebagai semboyan. Misalnya, jargon restoran cepat saji adalah “Jagonya Ayam”. Jargon ini akan memperkuat logo sebuah brand atau merek.

4. Media

Unsur yang tidak kalah pentingnya dalam membangun branding adalah media. Jika dulu perusahaan menggunakan iklan di televisi, pamflet, MMT dan sejenisnya, di era digital ini media yang digunakan umumnya website atau website.

Jenis dan Jenis Branding

Ada beberapa macam dan macam branding yang dikenal dalam dunia marketing. Jenis dan jenis branding adalah:

1. Merek Produk

Ini adalah branding yang paling umum dilakukan dalam bisnis atau bisnis. Branding produk merupakan upaya untuk memberikan identitas pada suatu produk dengan tujuan agar konsumen dapat dipengaruhi agar lebih memilih untuk membeli produk tersebut dibandingkan dengan merek lain.
Pada umumnya branding ini hanya dilakukan khusus untuk produknya, bukan perusahaan atau produsennya.

2. Merek Pribadi

Personal branding sangat umum di kalangan orang-orang terkenal seperti artis, sosialita, politikus dan lain-lain. Dalam istilah yang sering digunakan, personal branding juga bisa dikatakan sebagai pencitraan. Branding ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan citra yang baik di mata masyarakat.

3. Merek Perusahaan

Jika pembentukan identitas dilakukan pada seluruh aspek perusahaan, baik itu produk, sumber daya manusia dan lain-lain maka disebut sebagai corporate branding. Branding jenis ini sangat diperlukan dalam membentuk reputasi perusahaan di mata masyarakat sebagai konsumen. Selain itu, juga mempengaruhi nilai produk di pasar.

Manfaat Merek

Manfaat Merek

Mengapa perusahaan atau seseorang harus bersusah payah melakukan branding? Pasalnya, branding memiliki manfaat penting bagi bisnis dan perusahaan. Inilah manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan branding.

1. Membuat Merek Berbeda dan Mudah Diakui

Saat dilempar ke pasar produk Anda memiliki banyak pesaing bagus yang sudah ada sejak lama juga bukan baru saja muncul. Semua produk tersebut memiliki peluang yang sama untuk dibeli oleh konsumen dan diterima oleh pasar.

Nah, pesanan produk Anda dapat lebih dikenal dan dipilih oleh konsumen, maka harus dibuat berbeda dari yang lain. Branding akan membantu produk dan merek Anda
memiliki perbedaan dengan kompetitor sehingga lebih mudah dikenali oleh konsumen.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pasar

Branding yang positif secara tidak langsung akan membuat produk tersebut Anda lebih disukai. Itu karena konsumen sudah percaya produk dan merek itu Anda itu harus berkualitas baik.

3. Meningkatkan Citra Perusahaan

Bukan hanya produk yang harus menjaga reputasinya, tetapi juga perusahaan agar dapat dipercaya oleh masyarakat dalam jangka panjang. Branding yang baik dan kuat menjadikan reputasi perusahaan Anda selalu meningkat sehingga ketika produk baru ditawarkan lebih mudah menjualnya ke konsumen.

Itulah makna branding, unsur branding, sekaligus manfaat. Melalui penjelasan di atas, semoga dapat membantu Anda memahami dan mengenal lebih jauh apa itu branding dan manfaatnya bagi perusahaan dan bisnis.

klikasuransiku.com

Comment
Share:

Ad