Menggunakan Blended Learning dalam Pengembangan Keprofesian Guru

- Penulis

Kamis, 9 Februari 2023 - 06:52 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

shutterstock 1752347615 crop scaled

shutterstock 1752347615 crop scaled

Blended learning terbukti sebagai cara yang efektif untuk mengajar siswa dengan menawarkan pilihan dan kepemilikan atas pembelajaran mereka. Strategi ini juga akan efektif bila ditambahkan pada pengembangan profesional bagi guru. Menggabungkan pengembangan profesional online sesuai permintaan dapat melengkapi sesi tradisional dan menciptakan pilihan pembelajaran individual untuk guru.

Bangun dalam Fleksibilitas: Berikan Pilihan Guru dan Jadwal yang Diperpanjang

Sebagai seorang guru, saya memahami perjuangan untuk menemukan waktu untuk menyelesaikan daftar tugas kami yang terus bertambah, dan menambahkan pengembangan staf tradisional semakin membebani sedikit waktu yang kami miliki. Pemikiran bahwa pengembangan profesional adalah sesuatu yang harus sinkron dan secara pribadi tampaknya sudah ketinggalan zaman ketika kita melihat berapa banyak siswa yang berhasil belajar di lingkungan asinkron dan campuran. Saatnya melepaskan diri dari pengembangan profesional tradisional dan mengadopsi format yang lebih modern.

Sesi pengembangan profesional online dapat ditambahkan ke sesi tradisional dan dapat membantu meringankan sebagian permintaan guru dengan memberi mereka kebebasan untuk memilih kapan mereka menyelesaikan elemen online. Memperpanjang jadwal untuk menyelesaikan sesi pengembangan profesional online adalah kemungkinan lain. Ini akan memberi guru pilihan kapan mereka menyelesaikan sesi yang diperlukan, memungkinkan sesi yang dapat dipecah seiring waktu, dan menciptakan fleksibilitas bagi guru untuk menyusun jadwal yang paling sesuai untuk mereka.

Dukungan Jangka Panjang Memungkinkan Implementasi Pembelajaran Baru

Pengembangan profesional paling efektif bila ada waktu bagi guru untuk mempraktekkan pembelajaran baru dan dukungan berkelanjutan bagi mereka untuk menerapkan strategi baru. Saya telah menghadiri banyak lokakarya selama bertahun-tahun, dan meskipun saya pergi dengan ide-ide bagus, memiliki informasi baru umumnya tidak cukup bagi saya untuk menerapkan strategi ke dalam praktik mengajar saya. Sebagian besar lokakarya ini kekurangan dukungan jangka panjang bagi guru untuk mempraktikkan dan menerapkan pembelajaran baru.

Baca Juga :  Jadwal Pengisian Survei lingkungan Belajar Tahun 2022

Menambahkan dukungan ke sesi pengembangan profesional tradisional beserta contoh pelajaran dan template siap pakai dapat menciptakan lingkungan di mana guru merasa lebih nyaman mencoba strategi baru. Menciptakan peluang bagi guru untuk bekerja melalui pembelajaran baru dan berbagi ide melalui sesi diskusi dengan guru lain dan dalam komunitas pembelajaran profesional mereka mendorong tingkat kolaborasi dan dukungan yang lebih tinggi.

Pengembangan profesional membantu guru mengidentifikasi bidang kebutuhan bagi siswa mereka dan mempelajari cara yang paling efektif untuk memenuhinya. Menggunakan format campuran memberikan fleksibilitas dan dukungan yang memungkinkan guru mendapatkan lebih banyak dari pelatihan mereka.

Sesi Online Dapat Mengimbangi Biaya

Pengembangan profesional bisa mahal untuk distrik sekolah. Pengeluaran, termasuk biaya fasilitas dan material, dapat bertambah dengan cepat. Meningkatkan penawaran pengembangan profesional online dapat mengurangi kebutuhan untuk menggunakan fasilitas rapat. Guru malah bisa hadir di kampus mereka atau dari rumah.

Jika materi disediakan secara online, guru dapat memilih apa yang relevan bagi mereka dan mencetaknya atau menyimpannya. Saya dapat memikirkan kertas agenda rapat yang tak terhitung jumlahnya dan materi cetak lainnya yang telah saya buang ke tempat sampah selama bertahun-tahun. Membuat barang-barang ini tersedia secara online tidak hanya mengurangi biaya tetapi juga mengurangi pemborosan.

Bagaimana dengan biaya pembicara yang hadir pada sesi pengembangan profesional? Mereka memiliki biaya untuk berbicara, dan dalam banyak kasus, distrik juga membayar biaya perjalanan mereka. Mencari pembicara yang menawarkan tarif lebih rendah untuk presentasi virtual dapat memangkas biaya lebih lanjut.

Platform seperti Zoom dan Microsoft Teams menawarkan ruang pertemuan virtual. Ada juga beberapa platform yang menyediakan ruang pertemuan virtual dan memiliki kemampuan sesi breakout untuk sesi tanya jawab dan diskusi peserta. Teknologi untuk rapat virtual dapat mendukung pengembangan profesional sekaligus membantu memangkas biaya.

Baca Juga :  Latihan Soal PTS-UTS-STS-2 Bahasa Indonesia Kelas 1 SD MI Kurikulum Merdeka

Mengurangi kebutuhan kehadiran langsung di pertemuan pengembangan profesional dengan meningkatkan penawaran online dan menghadirkan pembicara secara virtual dapat membantu mengurangi biaya keseluruhan untuk distrik sambil tetap memenuhi kebutuhan guru.

Cara MENAMBAHKAN Pembelajaran Campuran ke Pengembangan Profesional

1. Mulailah dengan mempertimbangkan guru saat merencanakan pengembangan profesional. Memberi guru suara dalam merencanakan pengembangan profesional dan membuat sesi berdasarkan kebutuhan mereka dan kebutuhan siswa mereka dapat membangun hubungan kolaboratif antara administrasi dan fakultas. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mensurvei para guru tentang kebutuhan pengembangan profesional mereka. Administrator dapat menggunakan informasi yang dikumpulkan untuk membuat pelatihan relevan bagi guru dan menargetkan kebutuhan siswa mereka.

2. Pertimbangkan jenis pengembangan profesional yang akan bekerja dengan baik dalam format campuran, dan mulailah dari yang kecil. Cari peluang untuk menambahkan elemen online ke rapat standar, dan cari lokakarya atau pengembangan profesional yang sudah dalam format campuran. Situs-situs seperti BetterLesson, ed2go, dan Learners Edge adalah opsi yang bermanfaat.

3. Buat perpustakaan alat dan sumber daya pengembangan profesional. Ini dapat ditambahkan ke sistem manajemen pembelajaran sebagai kursus atau kelompok untuk guru. Perpustakaan pengembangan profesional yang mudah diakses adalah sumber daya yang baik bagi guru untuk dikunjungi sesuai kebutuhan dan juga dapat digunakan untuk karyawan baru.

4. Dukung pembelajaran dengan tindak lanjut secara langsung dan pelajaran online. Pengembangan profesional bekerja paling baik ketika ada kesempatan bagi guru untuk mempraktikkan pembelajaran mereka dan mendapat dukungan berkelanjutan. Memberikan kesempatan untuk latihan dan dukungan dapat membuat guru berhasil menerapkan apa yang telah mereka pelajari di kelas mereka.

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB