PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Menggunakan Boneka Binatang dan Animatronik untuk Menghibur Siswa Muda

Menggunakan Boneka Binatang dan Animatronik untuk Menghibur Siswa Muda

hero blog SEL PreK 2 photo iStock 509666146 djedzura scaled

Siswa muda sangat membutuhkan sumber kenyamanan. Merawat hewan menyediakan salah satu sumber ini. Masuk akal—memelihara hewan membangun serangkaian kompetensi sosial dan emosional serta karakter. Tetapi membawa hewan untuk berinteraksi dengan siswa tidak memungkinkan bagi sebagian besar sekolah. Pilihan yang lebih banyak tersedia adalah mainan mewah.

Banyak yang telah ditulis tentang nilai mainan ini untuk anak kecil. Mereka membantu mereka mengembangkan keterampilan sensorik. Anak-anak juga mendapatkan kenyamanan dari memeluk boneka binatang dan membangun keterampilan sosial dengan melibatkan hewan mereka dalam skenario permainan pura-pura.

Beberapa sekolah memiliki sudut “tetap tenang” dengan boneka binatang sebagai bagian dari dekorasi, dan banyak anak dapat menggunakannya untuk menenangkan diri. Di beberapa ruang kelas, guru telah menetapkan mainan mewah tertentu sebagai “penolong kenyamanan” dan memberikannya kepada siswa yang menunjukkan tanda-tanda kesal atau cemas tentang rutinitas atau aktivitas kelas yang akan datang.

Pilihan lain adalah bagi siswa untuk dapat pergi dan mendapatkannya saat dibutuhkan dengan berbagai prosedur keluar dan waktu penggunaan, sehingga beberapa mainan mewah dapat digunakan lebih lama di antara lebih banyak siswa. Yang lebih dapat diterima oleh siswa sekolah dasar yang lebih tua adalah boneka jari atau tangan binatang.

Tapi bagaimana dengan anak kecil yang masih belajar mengatur diri sendiri? Atau siapa yang akan lebih diuntungkan dari rasa nyata dari hewan hidup daripada jaminan sentuhan dari boneka binatang? Ada opsi lain yang muncul, dan telah bersembunyi di depan mata: animatronik, sesuatu yang telah dipahami oleh pembuat mainan top selama bertahun-tahun.

Memanfaatkan Animatronik

Bayangkan sebuah mainan seukuran anjing kecil yang terlihat asli, terasa seperti boneka binatang, dan menggunakan animatronik untuk menanggapi verbalisasi anak-anak saat pernafasan bersama mereka. Selanjutnya, bayangkan anjing ini memiliki kaki palsu (membangkitkan empati dan ketahanan), memakai rompi layanan (menunjukkan kekuatan dan pengendalian diri), dan memiliki kemampuan untuk menanggapi perintah sederhana yang diaktifkan suara dalam lebih dari satu bahasa. Pada tahun 2020, Breathing Bouncy, seekor anjing layanan animatronik, tiba di tempat kejadian, mewujudkan semua atribut yang disebutkan di atas. Bouncy juga menunjukkan kemampuan optimis untuk mengatasi kemunduran dan berhasil melawan rintangan.

Bagian “Breathing” dari nama tersebut menandakan, khususnya, nilai Bouncy sebagai “co-regulator”, dalam hal membantu mengatur pernapasan anak kecil dan membiarkan mereka merawat Bouncy. Mainan tersebut diproduksi oleh Ripple Effects, sebuah perusahaan yang membuat aplikasi SEL menggunakan teknologi. Perusahaan juga menyediakan materi pendukung yang menjelaskan cara menggunakan Bouncy dan latar belakangnya.

Sekolah dapat membeli Bouncy seharga $450 atau dapat memilih perlengkapan ruang kelas seharga $1.349 yang mencakup Bouncy beserta komponen digital dan fisik tambahan untuk 25 siswa. Karena Bouncy dan mainan terkait dirancang untuk mengurangi dampak situasi traumatis akibat Covid dan pengalaman sulit lainnya yang dapat mengganggu prestasi akademik, sekolah mungkin dapat menggunakan Every Student Succeed Act atau dana terkait untuk mendapatkan sumber daya tersebut.

Penelitian dari Laboratorium Pengembangan Sosial-Emosional dan Karakter saya memeriksa preferensi anak-anak kecil untuk karakter langsung di serial video SEL, Berbicara dengan TJ, versus versi animasi dari karakter yang sama. Hasilnya jelas dan konsisten: Siswa mengidentifikasi dengan kuat keduanya, termasuk sehubungan dengan pertanyaan seperti seberapa banyak karakter yang disukai, seberapa banyak siswa percaya karakter tersebut peduli pada mereka, dan seberapa membantu mereka menganggap karakter tersebut.

Studi percontohan tentang Bouncy, yang melibatkan sejumlah kecil siswa, dipresentasikan di Society for Prevention Research pada tahun 2022. Ditemukan bahwa penggunaan Bouncy membantu anak kecil mengurangi perilaku mengganggu mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa sangat mungkin boneka binatang animatronik memiliki banyak keuntungan dari anjing layanan hidup dan mainan mewah dengan fitur tambahan yang berharga.

Ini tidak mengherankan bagi guru seperti Anita Compart, seorang pendidik khusus anak usia dini di Des Plaines, Illinois. Pada tahun 2020, dia adalah salah satu dari banyak guru yang mencari cara untuk membantu siswa muda mereka mengatasi semua ketidakpastian dan tekanan hidup dan pembelajaran. Dia melihat bahwa murid-muridnya terlibat dengan Bouncy dan senang merawatnya. Dia juga melihat bahwa ketika anak-anak menahan Bouncy di dada dan perut mereka, pernapasan mereka secara bertahap melambat menjadi kecepatan Bouncy yang lebih santai.

Kebersamaan dan Dukungan

Bouncy adalah garda depan dari teknologi baru ini, yang seharusnya secara dramatis meningkatkan akses anak-anak kecil ke sumber ketenangan dan kenyamanan di sekolah (serta tempat lainnya). Di masa-masa ini, ketika stres dan krisis tampaknya tidak akan berhenti, dapat menjadi prosedur standar yang layak untuk setiap anak usia dini dan kelas dasar untuk memiliki hewan hidup, mewah, dan/atau animatronik untuk pendampingan dan dukungan.

Comment
Share:

Ad