Pusatdapodik.com – Albert Einstein merupakan salah satu ilmuwan fisika jenius yang terkenal dengan teori relativitas umum untuk memprediksi lubang hitam yang melengkungkan ruang waktu. Ilmuwan berdarah Yahudi itu, adalah salah satu orang paling jenius yang dimiliki dunia. Bagaimana dirinya melakukan Metode Belajar Orang Jenius ? Dikutip dari nobelprize.org, Albert Einstein merupakan penerima hadiah Nobel pada tahun 1992.

Albert Einstein juga menerima doktor kehormatan di bidang sains, kedokteran filsafat dari banyak universitas di Eropa dan Amerika. Maka tak jarang ia disebut sebagai salah satu orang paling jenius di dunia. Albert Einstein terkenal dengan kecerdasannya, ternyata menyimpan metode dan cara belajar yang tak semua orang dapat melakukannya.

Metode Belajar Orang Jenius

Tertarik untuk meniru cara belajar Albert Einstein? Dikutip dari lifehack.org, berikut ini beberapa cara belajar yang diterapkan oleh Albert Einstein:

1. Bertanya Tentang Segala Hal

Belajar tidak harus tentang menerima seberapa banyak informasi yang didapatkan, melainkan komunikasi dua arah antara pengajar dan juga pembelajar. Oleh karena itu perlu adanya kegiatan seberapa kompleks sang pembelajar mempertanyakan informasi tersebut. Dengan begitu, pembelajar akan terus belajar tanpa henti.

2. Melepaskan Pikiran Dengan Sebebasnya

Pikiran Albert Einstein muncul melalui kebebasan, melayang tanpa arah layaknya mimpi dan tanpa adanya sekat. Maka ketika sedang mengalami kebuntuan, pikiran akan berkelana sebebas-bebasnya dan selalu mencoba.

3. Menyukai Banyak Hal

Selalu mencoba mengeksplorasi hal-hal baru dan menggemari banyak hal. Dengan begitu, anda akan terus berkembang, banyak belajar, dan tidak hanya ahli dalam satu bidang saja.

4. Memahami Cara Belajar Terbaik Versi Diri Sendiri

Einstein memiliki hal unik dalam belajar, yaitu memiliki teman yang membuatkan catatan di kelas ketika ia sedang belajar fisika dan matematika. Dengan begitu, ia dapat memperoleh banyak ilmu dalam satu waktu. Maka tentukan cara belajar versi terbaik anda untuk menyimpan banyak informasi.

5. Mencari Lingkungan Yang Terdapat Orang-Orang Cerdas

Secara tidak langsung, lingkungan akan berpengaruh terhadap masing-masing individu. Selama hidup, Einstein dikelilingi oleh orang-orang hebat, mentor, dan guru-guru yang menginspirasi. Dengan memilih hidup dengan orang-orang cerdas, secara tidak langsung anda belajar dari mereka.

6. Metode Belajar Orang Jenius  – Menemukan Prinsip Pembelajaran

Einstein memiliki prinsip yang ia pegang teguh, yaitu disiplin dan suka bertanya. Ia menerapkan hal tersebut pada segala hal, yang membuatnya paham akan banyaknya fenomena dan selalu bertambah dengan seiring berjalannya waktu.

7. Memikirkan Diri Sendiri

Fokuslah pada diri sendiri dan jangan menghiraukan perkataan orang luar yang berkomentar buruk tentang diri anda. Einstein merupakan orang yang cuek dengan hal-hal negatif dari luar yang mengomentarinya, bahkan dosennya sekalipun. Apalagi pada zaman yang modern ini, dunia maya penuh akan komentar serta opini, jadilah bodo amat agar diri akan selalu berkembang. Carilah apa yang anda sukai, bukan yang disukai orang lain. Pelajari apa yang membuat anda tertarik, bukan apa yang menjadi ketertarikan orang lain.

8. Jangan Sibuk Terhadap Hal yang Tidak Penting

Albert Einstein adalah orang yang tidak peduli dengan kejadian yang ada di sekitar, yang tidak begitu penting dan tidak menarik baginya. Fokus terhadap hal-hal yang hendak dituju dan jangan terdistraksi oleh hal yang tidak begitu berarti.

9. Intuisi Adalah Kunci

Einstein pernah berkata, “satu-satunya hal yang benar-benar berharga adalah intuisi,” Intuisi merupakan gagasan atau ide yang muncul berdasarkan naluri tanpa oertimbangan secara logis. Jangan terlalu takut akan ide-ide gila yang muncul, karena terkadang ide gila itu menuntun kepada tujuan yang sesungguhnya.

10. Jangan Takut Gagal

Tidak ada ilmuwan yang tidak pernah gagal, mereka selalu mencoba setiap kali apa yang mereka ingin capai tak sesuai dengan keinginan dan tujuan. Kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda, dari kegagalan akan membuat belajar dan terus belajar hingga tercapainya tujuan

Demikian penjelasan tentang metode belajar orang jenius, ala Albert Einstein. Kalau metode belajar versi kalian bagaimana? Tertarik untuk meniru gaya belajar Albert Einstein? Selamat mencoba, semoga berhasil!

Disclaimer : “Jangan lewatkan informasi terbaru seputar dunia pendidikan dan informasi CPNS dan PPPK dengan bergabung di channel telegram kami. Klik LINK BERIKUT dan pilih join”

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *