DENPASAR | Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, dan CEO Tesla Motors, Elon Musk, berdialog dengan 400 pelajar di seluruh Indonesia dalam acara “Intergenerational Dialogue for Our Emerging Future”. Elon Musk hadir di acara ini secara virtual.

Acara ini merupakan kerjasama antara acara Future Knowledge Summit Tri Hita Karana (THK) dan Festival Kampus Merdeka (FKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ( Kemenkomarves), dan organisasi nirlaba Efforts Indonesia. Damai atau dikenal juga dengan United In Diversity (UID).

Baca Juga: Mengejutkan! Shio ini akan memiliki karir yang melejit di Tahun Kelinci pada tahun 2023

Kerjasama ini merupakan upaya bersama untuk mewujudkan visi nasional dalam mempercepat kemajuan Indonesia dengan sumber daya manusia yang unggul.

“Intergenerasi atau lintas generasi merupakan konsep penting dalam keberlanjutan karena merepresentasikan pentingnya berkolaborasi dalam upaya menciptakan masa depan yang lebih baik. Dengan mengedepankan kerjasama lintas sektoral dan lintas generasi, pendidikan berperan penting dalam mendorong masa depan yang lebih baik,” ujar Mendikbud dalam sambutannya.

Baca Juga: Wajib Cek! Berikut rincian Jadwal Seleksi Guru PPPK 2022

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program prioritas Kampus Merdeka Belajar Merdeka (MBKM) mendorong transformasi pendidikan tinggi, serta mengoptimalkan kesiapan mahasiswa dalam menjawab tantangan perubahan zaman.

“Sistem pendidikan Indonesia saat ini mulai bergerak ke arah itu dengan kebijakan Kebebasan Belajar. Kebijakan kami didasarkan pada prinsip berkolaborasi untuk berinovasi. Khusus untuk jenjang perguruan tinggi, dengan Merdeka Learning Campus Merdeka, kami berusaha mendobrak sekat antara perguruan tinggi, industri, dan masyarakat,” jelas Menteri Nadiem.

Baca Juga: Resmi! Pendaftaran Program Keguruan 2022 Ditutup, Apa Tahap Selanjutnya?

Jeffrey Sachs, Presiden Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB, mengambil kesempatan ini untuk menanggapi pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

“Indonesia patut berbangga memiliki menteri seperti Nadiem. Apa yang dilakukan Nadiem dan segala transformasi yang dilakukan di bidang pendidikan Indonesia menjadi perbincangan dan perhatian dunia,” ujarnya.

Pesan Menteri Nadiem dan Elon untuk Mahasiswa

Menteri Nadiem menjadi moderator sesi dialog Elon Musk dengan mahasiswa se-Indonesia. Mendikbud bertanya kepada Elon, apakah ada peristiwa dalam hidupnya ketika ia masih muda yang membuatnya seperti sekarang ini.

Elon menjawab bahwa dia banyak membaca dan menonton fiksi ilmiah.

“Kebiasaan itu sangat mempengaruhi saya untuk mencari kebenaran dalam banyak hal. Dari situ saya menemukan bahwa fisika sangat membantu dalam segala hal,” ujarnya.

Baca Juga: Tips Sukses Hubungan Cinta Zodiak Miskin Tahun Zodiak Kelinci Air 2023

Dalam sesi ini Mendikbud menjelaskan bahwa Indonesia kini telah menghilangkan sekat-sekat antara perguruan tinggi dan industri. Menteri Nadiem menanyakan pandangan Elon tentang pendidikan ke depan dan apa yang sebenarnya harus diajarkan kepada generasi muda kita.

“Kita harus tahu apa yang relevan. Ketika kita ingin memecahkan suatu masalah, kita harus tahu alat apa yang harus kita gunakan untuk memecahkan masalah dan memahami cara menentukan alat yang membantu proses pemecahan masalah. Pendidikan di masa depan harus seperti itu juga,” jawab Elon.

“Yang perlu diajarkan adalah kemampuan berpikir kritis. Berani menolak konsep yang tidak baik,” lanjutnya.

Baca Juga: Awas! Shio Ini Jangan Coba Pinjam Uang di Bank di Tahun 2023

Mendikbud menanggapi bahwa Kemendikbud telah mengganti tes berbasis mata pelajaran (Ujian Nasional) dengan tes berbasis kompetensi literasi, numerasi, karakter, dan lingkungan sekolah (Ujian Nasional).

“Ini salah satunya agar anak-anak kita bisa berpikir kritis,” Elon mengangguk setuju.

Terkait saran karir bagi para mahasiswa yang mengikuti acara ini, Elon Musk berbagi ide untuk pekerjaan masa depan yang akan banyak diminati.

Baca Juga: Tips Sukses Menghadapi Kesulitan Finansial di Tahun Shio Kelinci Air 2023

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *