Oksigen Dalam Darah Akan Diangkut Oleh…. Serta Fungsi Dll

- Penulis

Rabu, 20 September 2023 - 09:44 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Oksigen Dalam Darah Akan Diangkut Oleh… Serta Fungsi Dll

Oksigen Dalam Darah Akan Diangkut Oleh… Serta Fungsi Dll

Salah satu kebutuhan tubuh manusia adalah oksigen. Nantinya, pasokan oksigen ini akan didistribusikan ke seluruh tubuh melalui darah. Jadi, oksigen dalam darah akan diangkut oleh Apa?

Setiap orang akan membutuhkan oksigen dalam kadar yang berbeda-beda. Pada dasarnya tingkat kebutuhan oksigen manusia dapat dibedakan berdasarkan aktivitas yang sering dilakukan, usia, jenis kelamin, berat badan, serta jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Cara termudah untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh manusia adalah melalui darah. Dalam hal ini, ada mekanisme khusus yang perlu Anda ketahui tentang proses pengangkutan oksigen dalam darah. Untuk memahaminya lebih jelas, simak pembahasannya di bawah ini!

Jadi, Oksigen dalam Darah akan Diangkut oleh Apa?

Oksigen dalam Darah akan Diangkut oleh Apa

Manusia umumnya membutuhkan oksigen dalam jumlah 300 ml sehari. Namun kadar oksigen tersebut bisa berubah jika seseorang sering melakukan aktivitas berat dalam kesehariannya. Tak hanya itu, usia juga bisa menjadi faktor penentu tingkat kebutuhan oksigen bagi manusia.

Oksigen harus didistribusikan ke seluruh bagian tubuh melalui darah, agar organ-organ dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik. Oksigen dalam darah akan diangkut melalui sel darah merah (eritrosit) melalui metaloprotein yang disebut hemoglobin. Lalu bagaimana proses pengangkutan oksigen?

1. Proses menghirup oksigen melalui hidung

Awal mula proses pengangkutan oksigen dalam darah adalah ketika seseorang bernapas dan menghirup oksigen melalui hidung. Setelah oksigen masuk melalui hidung, zat ini akan langsung didistribusikan ke beberapa organ tubuh lainnya yaitu tenggorokan dan paru-paru.

Oksigen harus masuk ke beberapa cabang di paru-paru, sebelum akhirnya zat ini mencapai alveoli. Alveolus sendiri merupakan tempat bertemunya oksigen dan karbon dioksida dan kedua jenis zat ini saling bertukar untuk menjalankan fungsinya masing-masing.

2. Proses Pengikatan Oksigen di Alveoli

Setelah oksigen mencapai alveoli di paru-paru, oksigen tersebut akan diikat oleh metaloprotein dalam sel darah merah (eritrosit) yang disebut hemoglobin. Eritrosit adalah Sel darah merah pada tubuh manusia fungsinya sangat penting.

Sedangkan fungsi hemoglobin adalah mengangkut oksigen di paru-paru dan mendistribusikannya ke seluruh bagian tubuh. Hal ini berbeda dengan fungsi sel darah merah berperan dalam membawa oksigen dan karbon dioksida dalam darah.

3. Proses pengangkutan oksigen dalam darah

Mekanisme ini berlanjut dengan sel darah merah yang mengangkut oksigen untuk masuk ke arteri dan beberapa sel di tubuh manusia. Ada beberapa zat yang dapat mempengaruhi proses pengikatan dan pelepasan oksigen ini.

Mulai dari jumlah oksigen yang diterima tubuh, jumlah karbon dioksida dalam tubuh, hingga tekanan oksigen dalam tubuh dapat mempengaruhi kedua proses tersebut. Ketiga jenis zat ini harus diperhatikan dengan matang, agar proses pengangkutan oksigen dalam darah dapat berjalan dengan lancar.

Karena, oksigen dalam darah berikatan dengan hemoglobin dan orang menyebutnya oksihemoglobin. Beberapa persen kadar oksigen ini akan larut dan plasma darah akan segera mengangkutnya untuk didistribusikan ke seluruh bagian tubuh.

Proses pengangkutan oksigen dalam darah memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup manusia. Pasalnya, salah satu fungsi oksigen adalah untuk menunjang sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sel-sel tubuh yang rusak juga dapat tergantikan dengan kadar oksigen yang cukup.

Fungsi Darah bagi Tubuh Manusia

Fungsi Darah bagi Tubuh Manusia

Setelah memahami tentang bagaimana oksigen diangkut dalam darah, Anda juga perlu memahami apa saja fungsi darah bagi tubuh manusia. Pada dasarnya, darah merupakan bagian penting dalam tubuh Anda. Ada beberapa sel dan cairan di dalam darah.

Baca Juga :  Contoh Soal PTS Matematika Kelas 7 Semester 2 + Jawaban

Cairan ini tidak akan seringan air, karena teksturnya lebih kental dan memiliki aroma yang khas. Sel darah tersebar di seluruh tubuh manusia dan mempunyai fungsi yang cukup beragam. Berikut ini adalah beberapa fungsi darah bagi kelangsungan hidup manusia:

1. Alat Imunologi

Darah dapat berperan sebagai alat imunologi dalam tubuh manusia, sehingga sistem kekebalan tubuh manusia dapat bekerja lebih baik. Sebab darah mampu melindungi tubuh dari segala jenis mikroorganisme berbahaya, misalnya bakteri, jamur, virus, dan lain sebagainya.

Selain sel darah merah, tubuh manusia juga mempunyai jenis plasma darah lainnya, yaitu sel darah putih (leukosit). Berbeda dengan sel darah merah, sel darah putih mampu menghilangkan patogen dalam tubuh. Proses pemusnahan patogen ini akan dilakukan dengan menggunakan fagositosis.

2. Alat Pengangkut Oksigen dan Karbon Dioksida

Hal ini dapat dipastikan oksigen dalam darah akan diangkut oleh plasma darah dan kemudian didistribusikan ke seluruh bagian tubuh. Nah, hal ini bisa membuktikan bahwa salah satu fungsi darah adalah sebagai alat pengangkut oksigen dan karbon dioksida di paru-paru.

Oksigen dalam darah akan diangkut melalui metaloprotein hemoglobin dalam eritrosit, sehingga organ tubuh manusia dapat berfungsi dengan baik. Tak hanya itu, darah juga dapat mengangkut air, makanan atau nutrisi, serta hormon untuk kebutuhan gas pernafasan yang lebih lengkap.

3. Hindari kerusakan jaringan

Ketika oksigen didistribusikan ke darah dalam jumlah yang cukup, hal ini dapat menghindari kerusakan jaringan yang dapat membahayakan tubuh. Dengan memanfaatkan keseimbangan asam dan basa dalam tubuh, darah dapat membantu memperbaiki jaringan yang rusak.

Faktanya, darah juga dapat menjaga keseimbangan suhu dalam tubuh, sehingga tubuh dapat mengatur suhunya dengan lebih baik.

4. Sarana pengangkutan zat-zat sisa metabolisme tubuh

Darah dapat mengangkut zat-zat sisa metabolisme dalam tubuh untuk didistribusikan ke organ ekskresi. Nantinya, proses pengangkutan dan pelepasan zat ini akan dikeluarkan melalui organ tubuh lainnya yaitu urea, paru-paru, dan ginjal.

Untuk menjaga kesehatan tubuh lebih baik, darah juga akan mengangkut zat limbah berbahaya lainnya ke beberapa organ untuk segera dibuang.

Ketika seseorang mengalami kelebihan nitrogen, maka darah akan mengangkut zat tersebut menuju ginjal, sehingga ginjal dapat segera mengeluarkannya dan tidak terus menerus berada di dalam tubuh.

5. Mengatur dan menyeimbangkan pH dan jaringan

Fungsi terakhir darah adalah mengatur dan menyeimbangkan pH dan jaringan. pH sendiri merupakan derajat keasaman dalam tubuh, sedangkan untuk jaringan merupakan susunan ion-ion cairan interstisial yang mempunyai peranan penting dalam tubuh manusia.

Pada dasarnya protein dan garam terlarut akan terkandung dalam plasma darah. Kedua jenis kandungan ini akan menciptakan tekanan osmotik darah yang baik. Dengan tekanan osmotik darah yang baik seperti ini, keseimbangan tubuh bisa lebih konsisten terjaga.

4 Cara Meningkatkan Kadar Oksigen Dalam Darah

4 Cara Meningkatkan Kadar Oksigen Dalam Darah

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, organ-organ dalam tubuh hanya dapat berfungsi dengan baik jika kebutuhan oksigen dalam darah terpenuhi dalam jumlah yang cukup.

Setiap orang dengan usia, berat badan, dan jenis kelamin yang berbeda akan memiliki tingkat kebutuhan oksigennya masing-masing. Namun, mereka dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah dengan cara yang sama, yaitu:

1. Kurangi kebiasaan membungkuk

Oksigen dalam darah akan diangkut melalui sel darah merah, sehingga organ-organ dalam tubuh dapat bekerja sesuai fungsinya masing-masing. Untuk menjaga keseimbangan kadar oksigen dalam darah, Anda bisa mengurangi kebiasaan membungkuk yang dapat menghambat oksigen.

Baca Juga :  Pengertian Qolqolah Sughro Dan Qubro Beserta Contohnya

Banyak orang yang masih menganggap remeh kebiasaan ini, padahal membungkuk dapat menghambat oksigen dan membuat kadar oksigen dalam darah menurun.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah adalah dengan mengurangi kebiasaan membungkuk dan selalu tegak, baik saat berdiri maupun duduk.

2. Gunakan Teknik Proning Saat Tidur

Bagaimana darah mengangkut oksigen ke dalam tubuh? Oksigen akan dibawa sel darah merah dan didistribusikan ke seluruh bagian tubuh, sehingga daya tahan tubuh bisa lebih terjaga. Setiap orang harus menjaga kadar oksigennya dengan baik.

Sebab, jika oksigen dalam darah tidak mencukupi, hal ini bisa membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit atau bahaya lain seperti ini. Untuk menjaga kecukupan kadar oksigen dalam darah, Anda bisa melakukan teknik proning saat tidur.

Teknik proning sendiri merupakan cara tidur tengkurap, agar kadar oksigen yang rendah bisa segera meningkat. Namun teknik ini harus dilakukan dengan cara yang benar, yaitu:

  • Siapkan 4-5 bantal untuk menopang tubuh Anda. Gunakan bantal yang nyaman untuk tidur.
  • Kemudian, ubah posisi tidur menjadi tengkurap dan letakkan bantal di bawah leher.
  • Sedangkan 2 bantal lainnya dapat diletakkan di antara dada dan paha atas, sehingga distribusi oksigen dapat lebih lancar.
  • Lalu, letakkan sisa 2 bantal di bawah tulang kering, agar posisi tidur terasa lebih nyaman.
  • Lakukan teknik ini selama 30 menit, agar oksigen dalam darah bisa meningkat.

3. Perbanyak konsumsi makanan kaya antioksidan

Setelah mengetahui apa yang mengangkut oksigen dalam darah, anda juga harus mengetahui makanan apa saja yang dapat membuat kadar oksigen dalam darah meningkat. Beberapa jenis makanan seperti stroberi, kacang merah, anggur, dan kurma memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Semua jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi memiliki berbagai manfaat dan dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Oleh karena itu, agar oksigen dalam darah dapat selalu meningkat dengan baik, Anda perlu rutin mengonsumsi makanan kaya antioksidan.

4. Latihan pernapasan dalam secara teratur

Oksigen dalam darah akan diangkut melalui sel darah merah, untuk menjaga daya tahan tubuh lebih optimal. Mekanisme pengangkutan oksigen dalam darah sendiri sudah dijelaskan pada beberapa paragraf sebelumnya.

Mekanisme ini hanya bisa bekerja bila kadar oksigen dalam darah tercukupi. Lalu, bagaimana jika kadar oksigen dalam darah masih rendah? Jadi, Anda perlu mengupgradenya terlebih dahulu.

Lakukan olahraga yang sangat bermanfaat ini secara rutin, agar kadar oksigen dalam darah dapat meningkat. Untuk melakukan ini, hiruplah udara segar dalam-dalam. Setiap orang dapat melakukan olahraga ini secara rutin, sehingga energi dalam tubuhnya juga dapat meningkat.

Sesuai dengan apa yang telah kami jelaskan pada artikel kali ini, oksigen dalam darah akan diangkut oleh sel darah merah (eritrosit) melalui hemoglobin. Proses pengangkutan oksigen ini dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh, sehingga Anda perlu memahaminya dengan jelas.

Baca Juga Artikel Lainnya:

  • Fungsi Dinding Sel Tumbuhan, Bakteri, Jamur, Alga Dll
  • Sel Tumbuhan dan Sel Hewan – Pengertian, Struktur, Dll (Lengkap)
  • Sifat Koligatif Larutan, Pengertian, Klasifikasi, Manfaat, dll
  • Pengertian Sel Darah Merah, Fungsi, Struktur Dll
  • Pembelahan Meiosis 1 – Pengertian, Tahapan, Tujuan & Contoh
  • Contoh Soal UAS IPA Kelas 9 Semester 1 + Kunci Jawaban
  • Fungsi Dinding Sel Tumbuhan, Bakteri, Jamur, Alga Dll

www.ayovaksindinkeskdi.id

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB

Teknologi

Ulasan Lengkap: Pengalaman Menggunakan Situs Resmi Octa

Selasa, 23 Jul 2024 - 20:29 WIB