Pedoman dan Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pekan Olah Raga Antar Pesantren Pospenas 2022

Antaraguru.com. Direktorat Pendidikan Dini dan Pesantren, Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam, Kementerian Agama telah menerbitkan Pedoman Pelaksanaan dan Bimbingan Teknis Pedoman Teknis Pekan Seni dan Olahraga Antar Masyarakat Pospenas Pesantren Tingkat Nasional IX 2022 di Provinsi Jawa Tengah

Manual pelaksanaan POSPENAS IX dan petunjuk teknis tahun 2022 Laporan ini disusun berdasarkan hasil diskusi dan brainstorming konstruktif melalui rapat koordinasi yang telah dilakukan dengan melibatkan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Agama, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. , Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, termasuk Pemerintah. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Kota Surakarta serta seluruh jajaran yang terlibat di dalamnya.

Kompilasi manual dan instruksi perawatan Teknis teknis POSPENAS IX bertujuan untuk memudahkan pengguna/pembaca khususnya bagi Panitia Kerja Tetap Nasional (PANJATAPNAS), Panitia Kerja Tetap Daerah (PANJATAPDA), resmi serta kontingen santri yang akan mengikuti acara akbar silaturahim santri secara nasional dalam acara Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren

Selanjutnya, buku ini diharapkan dapat menjadi acuan pelaksanaan POSPENAS IX, baik bagi tuan rumah maupun bagi seluruh kontingen provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia dan pihak terkait.

Tujuan

Buku Pedoman Penyelenggaraan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pesantren Nasional (POSPENAS) IX Tahun 2022 ini bertujuan untuk:

1. menjadi acuan dalam penyusunan, pelaksanaan dan penyelesaian lomba dan lomba pada POSPENAS IX tahun 2022;

2. menyamakan persepsi antar seluruh komponen terkait pelaksanaan POSPENAS IX Tahun 2022;


3. Menjadi acuan dalam memecahkan masalah yang mungkin timbul selama pelaksanaan POSPENAS IX tahun 2022.

Target

Buku Pedoman Penyelenggaraan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pesantren Nasional (POSPENAS) IX Tahun 2022 di Provinsi Jawa Tengah memiliki sasaran sebagai berikut:

1. santri di bidang olahraga dan seni di pondok pesantren peserta POSPENAS IX tahun 2022;


2. pimpinan kontingen peserta POSPENAS IX tahun 2022;

3. pelatih, pembimbing dan pengelola tim kontingen peserta POSPENAS IX 2022;

4. wasit, hakim, dan pejabat lainnya peserta POSPENAS IX 2022;

5. PANJATAPNAS POSPENAS dan PANJATAPDA; dan

6. pejabat pada instansi terkait yang berwenang dan/atau mendukung pelaksanaan POSPENAS IX Tahun 2022.

Baca: Pedoman Festival Foto dan Video Pendek Madrasah GTK 2022

Tema

Tema Pekan Olahraga dan Seni Tingkat Nasional 2022 Antar Pondok Pesantren (POSPENAS) Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah adalah: “Gerakan Santri Bangkit Negeri”

Tempat dan waktu

Adapun tempat dan waktu Pekan Olahraga dan Seni Antar Pesantren Nasional (POSPENAS) IX 2022 adalah sebagai berikut.

1. Tempat penyelenggaraan POSPENAS IX 2022 akan dilaksanakan di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.

2. Pelaksanaan POSPENAS IX Tahun 2022 tanggal 23-27 November 2022 didahului dengan Karnaval Obor Santri Nusantara dari sumber api abadi Mrapen Grobogan ke Kota Surakarta pada tanggal 21-22 November 2022.

Persyaratan Peserta Pekan Olahraga dan Seni Antar Pesantren Nasional (POSPENAS) IX Nasional

Adapun persyaratan peserta Pekan Olahraga dan Seni Antar Pesantren Nasional (POSPENAS) IX 2022 Nasional adalah sebagai berikut.

1. Peserta POSPENAS adalah santri pondok pesantren yang memenuhi kriteria sebagai berikut.

sebuah. Pelajar yang berdomisili di pondok pesantren (mukim) yang telah terdaftar minimal 1 (satu) tahun baik di tingkat Diniyah Wustha (Tsanawiyah) dan Ulya (Aliyah) dan santri yang mengikuti pembelajaran kitab kuning.

b. Terdaftar aktif sebagai santri mukim pada tahun ajaran 2022–2023 dan dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan pesantren.

c. Tidak terdaftar di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP), Sekolah Menengah Olahraga (SMANOR), Sekolah Luar Biasa Olahraga (SKO) dan sejenisnya serta Perguruan Tinggi.

d. Berusia minimal 12 (dua belas) tahun dan maksimal 18 (delapan belas) tahun, lahir tahun 2004 yang dibuktikan dengan akta kelahiran asli (surat tanda pengenal lahir).

e. Bagi mahasiswa yang telah lulus jenjang Ulya (Aliyah) per 1 Juni 2022 tidak diperbolehkan mengikuti POSPENAS IX tahun 2022.

2. Peserta terdaftar dalam data Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (EMIS) dan rekomendasi dari Kanwil Kemenag Provinsi.

3. Khusus untuk olahraga mendapatkan rekomendasi dari Dispora di tingkat provinsi bahwa yang bersangkutan belum pernah mengikuti kejuaraan tingkat nasional.

4. Peserta wajib menyerahkan dokumen sebagai berikut.

sebuah. Fotokopi Syahadat/STTB/Ijazah dan Kasyfud Darojah/Raport, 2 (dua) lembar Nomor Induk Santri Nasional (NISN), yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang atau surat pernyataan dari Direksi bagi siswa yang hanya mengikuti pelajaran
buku kuning.

b. Tunjukkan akta kelahiran/akta kelahiran asli dan serahkan 2 (dua) eksemplar akta kelahiran.

c. Menyerahkan pas foto berwarna (terbaru) berukuran 3 x 4 sebanyak 4 (empat) lembar. Catatan: khusus untuk mahasiswi, mereka mengenakan jilbab dengan wajah yang terlihat.

d. Peserta yang mewakili cabang olahraga mencantumkan nama provinsi dalam pertandingan dan perlombaan serta Upacara Kehormatan Pemenang (UPP).

e. Peserta yang mewakili olahraga dan seni diwajibkan mengenakan pakaian Islami.

f. Data peserta beserta dokumen pendukungnya harus dipindai dalam bentuk PDF, kemudian disalin ke flash disk dan diberikan kepada tim validitas.

g. Peserta yang mewakili olahraga dan seni harus terdaftar di PANJATAPDA POSPEDA. Provinsi yang belum membentuk PANJATAPDA POSPEDA harus mendapatkan rekomendasi dari Kanwil Kemenag Bidang Kesenian dan Dispora Olahraga kepada Panitia Pelaksana POSPENAS IX Tahun 2022 di Jawa Tengah.

Keabsahan

Adapun ketentuan keabsahan peserta Pekan Olahraga dan Seni Antar Pesantren Nasional (POSPENAS) IX 2022 adalah sebagai berikut.

1. Validitas peserta dilakukan melalui dua tahap, yaitu validitas mahasiswa dari EMIS melalui aplikasi pendaftaran dan validitas dokumen dari Bidang Olahraga.

2. Peserta dipimpin oleh ketua kontingen atau wakilnya masing-masing membawa dokumen yang dipersyaratkan untuk diperiksa dokumennya.

3. Keabsahan dokumen menjadi tanggung jawab ketua kontingen;

4. Pemeriksaan silang keabsahan akan dilakukan apabila terdapat keraguan terhadap dokumen yang diterima tanpa mengganggu jadwal dan jalannya pertandingan atau kompetisi.

5. Peserta perorangan dan tim yang tidak lolos masa berlaku tidak diperkenankan mengikuti POSPENAS IX/pendaftaran ditolak.

6. Bagi peserta perorangan dan tim yang lolos masa berlaku, apabila ditemukan pelanggaran/kecurangan oleh tim penyidik ​​maka akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Delegasi Teknis (Delegasi Teknis)

Adapun ketentuan delegasi teknis Pekan Olahraga dan Seni IX 2022 Antar Pesantren Nasional (POSPENAS) adalah sebagai berikut.

1. Delegasi Teknis terdiri dari perwakilan Cabang Pelaksana Olahraga dan Kesenian terkait yang direkomendasikan oleh PANJATAPNAS POSPENAS.

2. Anggota delegasi teknis bertugas memberikan pengawasan dan advokasi serta pemantauan dan penyelesaian masalah yang muncul di lapangan terkait dengan kompetisi teknis atau kompetisi olahraga dan seni.

3. Delegasi teknis berhak memberikan rekomendasi kepada ketua kompetisi atau bidang kompetisi untuk memberikan sanksi kepada peserta yang terbukti melanggar aturan kompetisi atau kompetisi.

4. Pantau dan catat peserta berbakat.

Baca: Surat Edaran Pemanggilan Pelatihan Calon Pengawas Madrasah Tahap 4 Tahun 2022

Jadwal pelaksanaan

Jadwal pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pesantren Nasional (POSPENAS) IX 2022 disusun oleh Panitia Pelaksana (Panpel) yang dituangkan dalam Buku Petunjuk Teknis (Juknis) POSPENAS IX 2022.

Kompetisi dan Aturan Kompetisi

Adapun tata tertib lomba dan lomba Pekan Olahraga dan Seni Nasional (POSPENAS) IX Tahun 2022 adalah sebagai berikut.

1. Olahraga

Peraturan pertandingan dan kompetisi yang digunakan dalam pelaksanaan POSPENAS IX 2022 mengacu pada Peraturan Kompetisi dan Kompetisi yang dikeluarkan oleh Organisasi Induk olahraga yang bersangkutan dan POSPENAS PANJATAPNAS.

2. Cabang Seni

Peraturan kompetisi yang digunakan dalam pelaksanaan POSPENAS IX tahun 2022 mengacu pada Pedoman Pelaksanaan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan PANJATAPNAS POSPENAS.

3. Teknis pelaksanaan POSPENAS IX Tahun 2022 sepenuhnya ditentukan oleh Panitia Pelaksana dengan pengawasan dari PANJATAPNAS POSPENAS.

4. Peraturan dan petunjuk teknis dari masing-masing cabang akan disampaikan/disosialisasikan oleh Panitia POSPENAS IX pada tahun 2022.

5. Setiap penambahan/penyesuaian peraturan akan diputuskan dalam rapat teknis.

6. Selama perlombaan, perlombaan dan selama UPP, setiap peserta wajib berpakaian Islami.

Rapat Teknis (Technical Meeting)

Rapat teknis (technical meeting) Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Nasional (POSPENAS) IX Tahun 2022 diselenggarakan oleh panitia penyelenggara paling lambat 1 (satu) hari sebelum lomba dan lomba dimulai.

Cabang Kompetisi

1. Olahraga


2. Cabang Seni

Pedoman Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Pekan Olahraga dan Seni 2022 Pospenas Antar Pesantren Tingkat Nasional di Provinsi Jawa Tengah Selengkapnya dapat dibaca dan diunduh pada tautan berikut.

unduh

Dengan demikian Pedoman Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Pekan Olahraga dan Seni Nasional 2022 Pospenas Pesantren di Provinsi Jawa Tengah. Semoga bermanfaat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *