PusatDapodik
Home Berita Peduli Sesama Siswa SD Al Muslim Berkunjung ke YPKAI Peduli Kanker

Peduli Sesama Siswa SD Al Muslim Berkunjung ke YPKAI Peduli Kanker

Peduli Sesama Siswa SD Al Muslim Berkunjung ke YPKAI Peduli

SURABAYA – Generasi pemimpin tidak hanya pandai dalam bidang akademik, namun harus diimbangi dengan akhlak yang baik. Akhlak yang baik diwujudkan melalui penerapan rasa syukur, kepedulian terhadap sesama, mampu menghargai orang lain dan menunjukkan sikap positif dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini pengaruh sosial, lingkungan, dan teknologi seringkali menjadi pemicu terbentuknya moral yang tidak sesuai harapan. Peran orang tua, keluarga, guru dan masyarakat dalam mewujudkan peserta didik yang cerdas dan berakhlak mulia sangatlah penting.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan harapan bersama. Pendekatan intensif terhadap siswa inklusif, baik secara personal maupun komprehensif, sangat diperlukan. Program Kepemimpinan “Safari Sosial” bertujuan untuk mengubah sikap diri yang negatif menjadi sikap diri yang positif dengan cara menumbuhkan sikap syukur dengan melakukan kunjungan ke beberapa tempat sosial seperti panti kanker, panti asuhan, panti jompo, yayasan anak penyandang disabilitas, dan lain sebagainya. pada.

Baca Juga: Buku Kenangan SMAN 1 Gedangan Ide Awal Siswa/OSIS

Tujuan dari kegiatan “Safari Sosial” antara lain meningkatkan kepedulian terhadap sesama melalui infak/sedekah kepada pihak yang membutuhkan, menumbuhkan rasa syukur pada diri siswa atas anugerah yang dimilikinya, mendorong siswa untuk mengubah sikap diri yang negatif menjadi sikap diri yang positif, menanamkan penerapan akhlak terhadap orang lain (dapat berintegrasi dengan orang lain), serta melaksanakan program kepemimpinan.

Kegiatan ini diikuti oleh 8 orang siswa perwakilan dari kelas 4 dan kelas 5 yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 7 September 2023.

Acara diawali dengan Pembukaan (MC) kemudian dilanjutkan dengan sambutan penanggung jawab kegiatan, hiburan (panggung wayang) oleh siswa SD Al Muslim, penyerahan bingkisan secara simbolis, doa dan penutupan, serta foto bersama.

Kegiatan ini dilaksanakan di YPKAI Cancer Care Jl. Dharmahusada Indah Timur IX Blok L No 142, Surabaya. Biaya safari sosial ini bersumber dari uang infak Jumat pelajar yang dikumpulkan secara konsisten setiap hari Jumat.

Baca Juga: SMAN 1 Gedangan Viral, Proyek Buku Kenangan Gegara Diduga Membebani Orang Tua Siswa

“Kegiatan Safari Sosial ini sangat berkesan dan melatih untuk menumbuhkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama. Saat siswa SD Al Muslim menghibur anak-anak penderita kanker dengan penampilan panggung boneka tangan, mereka bekerja dengan semangat dan ikhlas,” ujar Ketua Pelaksana Safari Sosial. .

Judul ceritanya “Pentingnya Mimpi” yang artinya semua anak berhak mempunyai mimpi, apapun dan apapun kondisinya. Selalu memotivasi diri dan semangat dalam menjalani hidup dengan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tak kalah antusiasnya anak-anak penderita kanker yang sangat senang menyaksikan pertunjukan panggung boneka tangan, tak jarang bertepuk tangan sambil tersenyum dan tertawa.

Tak terasa air mata pun berjatuhan tak terbendung di kalangan siswa, “Saya sangat terharu, sedih dan merasa harus lebih mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepada saya,” lirih Azza, siswa kelas IV Al Farabi, Anak-anak Pemimpin di SD Al Muslim. Bismillah, semoga dengan dilaksanakannya kegiatan safari sosial ini dapat meningkatkan rasa syukur dan kepedulian terhadap sesama. Amin.

Penulis : Triana Puspita Sari, S.Pd.
Ketua Pelaksana Safari Sosial SD Al Muslim 2023

www.cakrawala.co

Comment
Share:

Ad