BULELENG, KOMPAS.com – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil dengan Perjanjian Kerja Guru (PPPK) di Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali telah dibuka. Peruntukan formasi Program Diklat Pemerintah Kabupaten Buleleng sebanyak 843 formasi.

Kepala BKPSDM Buleleng Gede Wisnawa mengatakan, seleksi PPPK guru merupakan usulan yang dikirim ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) pada tahun 2021.

Baca juga: Hindari Pajak Hingga Rp 700 Juta, Notaris di Buleleng Ditangkap

Proses pendaftaran dibuka mulai 31 Oktober hingga 13 November 2022. Setelah pendaftaran ditutup, tahap seleksi administrasi akan dilakukan pada 15 November.

Proses seleksi PPPK tahun ini tidak menggunakan tes berbantuan komputer (CAT) lagi. Pemerintah pusat telah memutuskan untuk melibatkan kepala sekolah, guru senior, pengawas, Kepala BKPSDM Buleleng, dan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Buleleng, untuk menguji peserta.

“Jadi tesnya sekarang berdasarkan kompetensi, kemampuan dan pengalaman kerja. Pemerintah pusat sudah memberikan kewenangan kepada daerah untuk menguji peserta,” kata Winsawa di Buleleng, Jumat (4/11/222).

Selain itu, pelamar dalam formasi PDP guru dibagi menjadi empat kategori, yaitu Pelamar Prioritas I, Prioritas II, Prioritas III, dan Umum.

Pelamar prioritas satu adalah pelamar yang sebelumnya telah mengikuti seleksi PPPK guru pada tahun 2021 dan telah memenuhi nilai ambang batas, namun belum mendapatkan formasi.

Prioritas II adalah THK-II yang tidak termasuk dalam THK II dalam kategori pelamar Prioritas I. Sedangkan Prioritas III adalah guru non-ASN yang memiliki masa kerja minimal tiga tahun di Dapodik.

Baca juga: 3 Saran Komisi X DPR, Kemendikbud Harus Perjelas Nasib Guru PPPK 2021

Sedangkan Prioritas Umum diperuntukkan bagi lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang terdaftar di basis data Wisuda PPG di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta pendaftar yang terdaftar di Dapodik.

“Jadi, yang diprioritaskan adalah pendaftar yang sebelumnya mengikuti seleksi tahun lalu. Selama sekolah yang dipilih ada, formasinya tersedia,” kata Wisnawa.


Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari dari Kompas.com. Ayo gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *