PusatDapodik
Home Berita Pendidikan Pengertian Dan Hukum Izhar Kholqi Berikut Huruf Serta Contohnya

Pengertian Dan Hukum Izhar Kholqi Berikut Huruf Serta Contohnya

Pengertian Dan Hukum Izhar Kholqi Berikut Huruf Serta Contohnya

Al-Qur’an adalah firman Allah SWT dalam bahasa Arab dan merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Tentu penting mempelajari ilmu tajwid tentang Hukum Nun Sukun dan Tanwin khususnya Izhar Kholqi.

Karena mempelajari ilmu tajwid adalah fardu kifayah, jika dalam satu desa hanya ada satu orang yang paham ilmu tajwid, maka kewajiban penduduk di desa tersebut untuk mempelajarinya gugur.

Namun sebaliknya, jika dalam suatu desa hanya ada satu orang saja yang tidak memahami ilmu tajwid, maka setiap orang bersalah.

Hukum Izhar Kholqi Berikut Huruf Dan Contohnya

Hukum Izhar Kholqi Berikut Huruf Dan Contohnya

Ada banyak pilihan hukum dalam ilmu tajwid, namun pada artikel Ayovacsindinkeskdi.id ini kami hanya akan menjelaskan satu hukum saja yaitu Hukum Nun Sukun dan Hukum Tanwin.

Menuqil dari buku “Hidayatus Sibyan” bahwa ada lima Hukum Nun Sukun dan Tanwin. Dimana kelima undang-undang tersebut memiliki huruf dan cara baca yang berbeda.

Namun, dalam artikel ini, hukum suster, sukun, dan tanwin khusus Izhar Kholqi hanya akan dijelaskan, beserta contoh lengkapnya.

Pengertian Izhar Kholqi

Izhar Kholqi jika dilihat dari segi bahasa “Izhar artinya bening” sedangkan “Kholqi artinya tenggorokan.

Sedangkan menurut istilah tajwid adalah hukum bacaan yang bila ada mati atau mati memenuhi dengan salah satu dari huruf izhar lalu baca dengan jelas.

Seperti nama resminya, cara membacanya juga harus jelas, tidak mendengung atau kabur. Untuk mengetahui cara membacanya, Anda harus hafal 6 huruf, hurufnya adalah ء , ه , ع , غ , ح , خ .

Contoh Izhar Kholqi

Agar lebih paham tentang hukum bacaan tazwid atau nun sukun atau tanwin. Maka dibawah ini akan diberikan contoh hukum membaca secara lengkap.

Surat IzharContohInformasi
Hamzah “ء”YNawenAda huruf Nun Sukun
Temui Surat Hamzah
Hamzah “ء”KAyolahakuAda Harokat Dhommah Tain
Temui Surat Hamzah
HaItu diawenAda huruf Nun Sukun
Bertemu Dengan Huruf Ha “ه”
HakuatM hادٍAda Harokat Kasroh Tain
Bertemu Dengan Huruf Ha “ه”
‘Ain’Mnakenapa tidakAda huruf Nun Sukun
Bertemu Dengan Huruf ‘Ain “ع”
‘Ain’MnamenjilatAda huruf Nun Sukun
Bertemu Dengan Huruf ‘Ain “ع”
Kha’ “ح”TidakrhkebutahurufanAda Harokat Dhommah Tain
Bertemu Dengan Huruf Kha’ “ح”
Ghoin “gh”sebuah JrghLihatAda Harokat Dhommah Tain
Temui Huruf Ghoin “غ”
HaDan apakah mereka tentang diaAda huruf Nun Sukun
Bertemu Dengan Huruf Ha “ه”
‘Ain’kuatعٍ عُrekanAda Harokat Kasroh Tain
Bertemu Dengan Huruf ‘Ain “ع”
Kho’ “х”belajarSEBUAHkeluargaAda Harokat Dhommah Tain
Temui Huruf Kho’ “خ”
Kho’ “х”sesuatuإbertemu diaAda Harokat Kasroh Tain
Temui Huruf Kho’ “خ”

Demikian kurang lebih penjelasan mengenai hukum bacaan Izhar Kholqi yang telah dimuat dalam artikel Ayovaksindinkeskdi.id.

Karena belajar tajwid itu sangat penting, apalagi ketika ingin membaca Al-Qur’an. Kunci benar tidaknya bacaan Alquran tergantung pada penguasaan ilmu tajwid orang tersebut.

Pengetahuan dasar ilmu tajwid bagi pemula minimal mengetahui hukum nun sukun dan tanwin, khususnya Izhar Kholqi.

Dengan membaca Al-Qur’an dengan benar, baik Makhroj maupun Tajwid, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat. Seperti yang akan dibahas di bawah ini mengenai manfaat membaca Al-Qur’an.

Manfaat Membaca Al-Qur’an Bagi Yang Memahami Ilmu Tajwid

Manfaat Membaca Al-Qur'an Bagi Yang Memahami Ilmu Tajwid

Banyak sekali manfaat bagi orang yang rutin membaca Al-Qur’an, namun perlu diingat bahwa bacaannya harus baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid.

Berikut manfaat yang akan Allah berikan kepada hambanya yang rutin membaca Al-Qur’an.

Dapatkan Hadiah

Tentunya banyak umat Islam yang mendambakan pahala dari Allah SWT, karena pahala termasuk bekal untuk akhirat.

Bagi masyarakat muslim yang rutin membaca Al-Qur’an dengan ikhlas, maka Allah SWT akan membalasnya bahkan berlipat-lipat.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Yang berarti : Nabi SAW pernah bersabda tentang pahala yang didapat dari membaca Al-Qur’an, yaitu “Allah SWT berfirman, ‘Barangsiapa yang terlalu sibuk membaca Al-Qur’an sehingga lupa untuk berdoa dan memohon kepada-Ku, Aku akan memberinya pahala yaitu lebih utama daripada pahala orang – orang yang bersyukur.’” (HR. At-Tirmidzi)

Jika mencermati hadits Qudsi di atas, jelas bahwa ketika seorang hamba membaca Al-Qur’an, maka akan diperhitungkan sebagai amal ibadah yang berpahala oleh Allah SWT.

Selamat Hari Penghakiman

Selamat Hari Penghakiman

Seorang hamba yang rutin membaca Al-Qur’an dengan ikhlas dan hanya mengharap ridho Allah SWT. Kemudian akan diangkat dan ditempatkan di tempat yang tepat pada hari perhitungan.

Sebagaimana sabda Nabi SAW:

Yang berarti : “Ada tiga orang yang pada hari kiamat akan berada di atas bukit pasir kesturi hitam tanpa tersentuh rasa takut dan tidak diketahui hisab sampai hisab seluruh umat manusia selesai. Pertama, orang yang membaca Al-Qur’an karena mereka mengharapkan keridhaan Allah Azza wa Jalla. Kedua, orang yang memimpin sekelompok orang dengan membacanya dan mereka ridha karenanya.”

Mendapat gelar Aminullah

Tidak hanya berpahala bagi masyarakat muslim yang senang membaca Al-Qur’an, namun Allah memberikan gelas Aminullah “Orang-orang yang dipercaya oleh Allah SWT”

Agar hamba semakin dekat dan dekat dengan Allah untuk selalu berbuat baik dan menjauhi perbuatan buruk.

Hal ini dikutip dari hadits Rasulullah SAW, yaitu: “Anggota-anggota Al Quran adalah keluarga dan amanah Allah”.

Penutupan

Demikian penjelasan mengenai hukum izhar kholqi yang ada pada bacaan nun mati dan tanwin beserta contoh lengkap dan cara membacanya.

Semoga bermanfaat, jika ada kesalahan dalam memberikan penjelasan tentang ilmu tajwid mohon untuk dikoreksi. Wallahu a’lam…

Baca Juga:

Diposting pertama kali pada 01-01-2023 21:49:38.

www.ayovaksindinkeskdi.id

Comment
Share:

Ad