Pengertian Kebutuhan Manusia : Faktor, Alat Pemuas, Jenis dan Contoh Kebutuhan Manusia

- Penulis

Sabtu, 25 November 2023 - 21:50 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kebutuhan Manusia

Kebutuhan Manusia

Memahami Kebutuhan Manusia – Apa yang dimaksud dengan kebutuhan? Apa saja jenis-jenis kebutuhan manusia? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian kebutuhan menurut para ahli, faktor-faktor yang mempengaruhinya, cara pemuasannya, jenis-jenis dan contoh kebutuhan manusia secara lengkap.

Baca juga : Memahami Status Sosial Ekonomi

Isi

bersembunyi

1
Memahami Kebutuhan Manusia

2
Pengertian Kebutuhan Menurut Para Ahli

2.1
McClelland

2.2
Abraham Maslow

2.3
Murray

3
Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan

3.1
Kondisi alam

3.2
Agama dan Keyakinan

3.3
Bea cukai

3.4
Pendidikan

3.5
Bekerja

3.6
Penghasilan

3.7
Usia

3.8
Tingkat Kepuasan

3.9
Peradaban

4
Alat untuk Memuaskan Kebutuhan Manusia

4.1
Berdasarkan bentuknya

4.2
Berdasarkan Cara Mendapatkannya

4.3
Berdasarkan Penggunaan

4.4
Berdasarkan Proses Pembuatannya

4.5
Berdasarkan Hubungannya dengan Barang Lain

4.6
Berdasarkan sifatnya

4.7
Berdasarkan Kualitas

5
Jenis Kebutuhan Manusia

5.1
Berdasarkan Intensitas

5.2
Berdasarkan Waktu Kebutuhan

5.3
Menurut Sifatnya

5.4
Menurut Subjek

5.5
Berdasarkan Lingkungan Sosial Budaya

Memahami Kebutuhan Manusia

Pengertian kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan manusia agar dapat bertahan hidup dan hidup sejahtera dan nyaman. Kebutuhan merupakan salah satu dari berbagai aspek psikologis yang menggerakkan aktivitas manusia dan menjadi motif usaha yang dilakukannya.


Kebutuhan manusia juga diartikan sebagai keinginan individu terhadap suatu produk, barang/jasa yang dapat memenuhi kepuasan hidupnya, baik bagi kelangsungan hidupnya, lingkungannya maupun keluarganya. Apabila dapat terpenuhi maka dapat dikatakan kehidupan individu tersebut sejahtera.

Pengertian Kebutuhan Menurut Para Ahli

McClelland

Pengertian kebutuhan merupakan simbol hubungan antara kehidupan dengan reputasi individu di lingkungan sekitarnya. Apabila pemenuhan kebutuhan dilakukan dengan baik maka akan menimbulkan perasaan puas dan apabila tidak terpenuhi dengan baik maka akan menimbulkan perasaan tidak puas.


Abraham Maslow

Kebutuhan merupakan tindakan manusia yang didasarkan pada prinsip keinginan dan juga saling berhubungan. Pengaruh-pengaruh tersebut saling melengkapi sehingga terdapat tingkatan yang dominan.

Murray

Makna kebutuhan merupakan interpretasi yang menunjukkan adanya motivasi dalam otak yang mengatur berbagai proses tindakan, dimana tindakan tersebut ditujukan untuk mengubah keadaan. Jika diilustrasikan, suatu kebutuhan diikuti dengan perasaan dan ada cara khusus untuk mengungkapkannya.


Baca juga : Pengertian Pelaku Ekonomi

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan

Kebutuhan manusia akan terus meningkat seiring dengan perkembangan zaman, setiap manusia mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda dan jumlahnya tidak terbatas. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia, antara lain:

Kondisi alam

Seseorang akan memenuhi kebutuhannya sesuai dengan kondisi alam dimana ia tinggal. Misal ia tinggal di daerah yang dingin maka ia akan memenuhi kebutuhannya berupa pakaian yang tebal dan hangat, dan jika ia tinggal di daerah yang beriklim tropis maka ia akan memenuhi kebutuhannya dengan pakaian yang tipis agar tidak kepanasan. .

Agama dan Keyakinan

Kebutuhan juga dipengaruhi oleh agama dan kepercayaan seseorang. Misalnya, menjelang hari raya, umat beragama akan mempersiapkan segala kebutuhannya.

Bea cukai

Kebutuhan manusia juga dipengaruhi oleh hukum adat yang berlaku di masyarakat, setiap tradisi atau ritual dari setiap adat mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.


Pendidikan

Kebutuhan seseorang akan berbeda-beda dan juga berbeda-beda berdasarkan tingkat pendidikannya.

Bekerja

Kebutuhan suatu profesi akan berbeda dengan profesi lainnya. Misalnya seorang guru membutuhkan alat tulis dan perlengkapan lainnya untuk mengajar, sedangkan seorang petani membutuhkan peralatan untuk bertani antara lain cangkul, traktor dan lain-lain.

Penghasilan

Pendapatan seseorang juga akan mempengaruhi kebutuhan hidupnya. Seseorang yang mempunyai pendapatan kecil hanya akan memenuhi kebutuhan primer (sandang, pangan, papan) sedangkan seseorang yang mempunyai pendapatan besar akan menambah kebutuhan hidupnya.

Baca juga : Memahami Pertumbuhan Ekonomi

Usia

Usia seseorang juga mempengaruhi kebutuhannya. Misalnya, anak-anak mempunyai kebutuhan yang berbeda dengan orang dewasa.

Tingkat Kepuasan

Tingkat kepuasan setiap orang tentu berbeda-beda, orang yang tidak mudah terpuaskan biasanya mempunyai kebutuhan yang lebih banyak.

Peradaban

Seseorang yang tinggal di pedesaan tentunya akan mempunyai kebutuhan yang berbeda dengan seseorang yang tinggal di kota atau masyarakat modern.

Alat untuk Memuaskan Kebutuhan Manusia

Yang dimaksud dengan alat pemuas kebutuhan adalah segala sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan, baik berupa barang (alat yang berwujud, yang dapat dilihat dan diraba) maupun jasa (alat yang bersifat abstrak untuk memuaskan tetapi dapat dirasakan manfaatnya). Ada berbagai jenis alat untuk memenuhi kebutuhan manusia, antara lain:

Berdasarkan bentuknya

  • Barang konkrit yaitu sarana pemuasan kebutuhan yang dapat dilihat, diraba dan dirasakan manfaatnya, misalnya rumah, pakaian, makanan, kendaraan dan lain-lain.
  • Barang atau jasa abstrak yaitu sarana pemuasan kebutuhan yang tidak dapat dilihat atau diraba namun dapat dirasakan manfaatnya, misalnya jasa guru, jasa petani, jasa dokter dan lain-lain.

Berdasarkan Cara Mendapatkannya

  • Barang ekonomi yaitu alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya lebih sedikit dari jumlah kebutuhannya dan memerlukan pengorbanan untuk memperolehnya. Misalnya emas, rumah dan lain-lain.
  • Barang gratis, yaitu sarana pemuasan kebutuhan yang melebihi kebutuhan seseorang dan tidak memerlukan pengorbanan untuk memperolehnya serta dapat diambil secara bebas. Misalnya angin, sinar matahari, air laut dan lain-lain.
  • Barang Illith, yaitu alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya melimpah sehingga berdampak buruk bagi kehidupan. Misalnya saja jumlah dan volume air yang berlebihan akan menimbulkan banjir dan lain-lain.

Baca juga : Memahami Konsumsi

Berdasarkan Penggunaan

  • Barang produksi atau barang modal, yaitu barang kebutuhan yang tidak dapat langsung digunakan, harus melalui proses pengolahan untuk menghasilkan barang lain. Misalnya saja kain untuk membuat baju dan lain-lain.
  • Barang konsumsi atau barang jadi/barang jadi, yaitu barang kebutuhan yang dapat langsung digunakan tanpa perlu diolah terlebih dahulu. Misalnya baju, sepatu, buah-buahan, minuman kaleng dan lain-lain.

Berdasarkan Proses Pembuatannya

  • Barang mentah yaitu barang yang belum diolah. Misalnya padi, kapas dan lain-lain.
  • Barang setengah jadi yaitu barang yang sudah diolah namun belum dapat digunakan karena perlu melalui proses lain. Misalnya saja nasi yang dibuat dari beras menjadi nasi dan lain-lain
  • Barang jadi yaitu barang yang telah diolah dan dapat digunakan, misalnya lemari pakaian, pakaian dan lain-lain.

Berdasarkan Hubungannya dengan Barang Lain

  • Barang pengganti atau substitusi yaitu barang yang dapat menggantikan barang lain yang fungsinya hampir sama, misalnya teh dan kopi, bus dan angkot, piring dan mangkuk, dan lain-lain.
  • Barang komplementer atau komplementer, yaitu barang yang menambah kegunaan barang lain. Misalnya kopi dan gula dan lain-lain.

Berdasarkan sifatnya

  • Barang bergerak yaitu barang yang dijadikan jaminan kredit jangka pendek. Misalnya kendaraan dan lain-lain.
  • Barang tidak bergerak yaitu barang yang dijadikan jaminan kredit jangka panjang. Misalnya tanah, rumah dan lain-lain.

Berdasarkan Kualitas

  • Barang unggulan yaitu barang dengan kualitas yang tinggi juga mempunyai harga yang mahal dan umumnya dinikmati oleh masyarakat yang berpendapatan menengah ke atas. Misalnya mobil mewah, baju branded dan lain-lain.
  • Barang inferior, yaitu barang yang kualitasnya rendah dan umumnya dinikmati oleh individu yang berpendapatan rendah. Misalnya saja baju bekas, barang bekas dan lain-lain.

Jenis Kebutuhan Manusia

Ada berbagai macam kebutuhan hidup manusia, antara lain:

Baca juga : Memahami Motif Ekonomi

Berdasarkan Intensitas

Berdasarkan intensitasnya, ada beberapa jenis kebutuhan manusia antara lain:

  • Kebutuhan mutlakyaitu kebutuhan yang harus dipenuhi, jika tidak terpenuhi akan sulit mempertahankan kehidupan. Misalnya makan dan minum.
  • Kebutuhan primer atau kebutuhan dasar yaitu kebutuhan yang perlu dipenuhi untuk memperoleh hak hidup. Kebutuhan primer manusia ada 3 macam, yaitu sandang (clothing), pangan (food), dan papan (shelter).
  • Kebutuhan sekunder atau kebutuhan tambahan yaitu kebutuhan yang dapat dipenuhi setelah kebutuhan pokok terpenuhi. Misalnya kendaraan dan lain sebagainya.
  • Kebutuhan tersieryaitu kebutuhan yang dapat dipenuhi setelah terpenuhinya kebutuhan pokok dan kebutuhan sekunder, biasanya berupa barang mewah atau hiburan saja. Misalnya saja tas branded, sofa mewah dan lain-lain.

Berdasarkan Waktu Kebutuhan

Ada 3 jenis kebutuhan manusia berdasarkan waktu dibutuhkannya:

  • Kebutuhan saat iniyaitu kebutuhan yang harus dipenuhi secepatnya tanpa penundaan. Misalnya obat saat sakit dan lain-lain.
  • Kebutuhan mendesakyaitu kebutuhan yang timbul secara tiba-tiba tanpa direncanakan dan bila tidak dipenuhi akan mengancam nyawa. Misalnya darah untuk korban kecelakaan dan lain sebagainya.
  • Kebutuhan masa depan, yaitu kebutuhan yang tertunda dan dapat dipenuhi di lain waktu. Misalnya saja asuransi jiwa.

Menurut Sifatnya

Ada 2 ciri-ciri kebutuhan berdasarkan sifatnya, antara lain:

  • Kebutuhan fisikyaitu kebutuhan yang dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kepuasan jasmaninya. Misalnya tidur, olah raga dan lain sebagainya.
  • Kebutuhan rohani, yaitu kebutuhan yang dibutuhkan jiwa untuk bahagia. Misalnya hiburan, ibadah dan lain sebagainya.

Menurut Subjek

Ada 2 jenis kebutuhan manusia berdasarkan subjeknya, antara lain:

  • Kebutuhan individuyaitu kebutuhan yang dibutuhkan setiap orang, dimana kebutuhan tersebut berbeda satu sama lain.
  • Kebutuhan kolektif, yaitu kebutuhan yang diperlukan untuk kebaikan bersama masyarakat. Misalnya perbaikan jalan dan lain sebagainya.

Berdasarkan Lingkungan Sosial Budaya

Ada 2 jenis kebutuhan manusia menurut lingkungan sosial budayanya, antara lain:

  • Kebutuhan sosial, yaitu kebutuhan yang berkaitan dengan status seseorang dalam masyarakat. Misalnya saja Anda ingin menjadi kepala desa.
  • Kebutuhan psikologisyaitu kebutuhan yang berkaitan dengan keadaan kejiwaan atau kejiwaan seseorang dalam kaitannya dengan lingkungannya. Misalnya kenyamanan, keamanan dan lain-lain.

Baca juga : Memahami Makroekonomi

Demikianlah artikel yang membahas tentang Pengertian Kebutuhan Menurut Para Ahli, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Cara Memuaskannya, Jenis-Jenis Dan Contoh Kebutuhan Manusia Secara Lengkap. semoga bermanfaat


Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru