PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Pengertian Segmentasi Pasar : Syarat, Dasar, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Proses Segmentasi Pasar (Market Segmentation)

Pengertian Segmentasi Pasar : Syarat, Dasar, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Proses Segmentasi Pasar (Market Segmentation)

Segmentasi Pasar

Tahapan Segmentasi Pasar – Apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar? Apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar dan contohnya? Apa tujuan perusahaan untuk membagi seluruh pasar? Apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar dan contohnya? Apa saja 6 langkah dalam proses segmentasi pasar? Apa itu segmentasi demografis? Apa itu segmentasi psikologis?

Baca Juga: Riset Pasar

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian segmentasi pasar menurut para ahli, pengertian, dasar, tujuan, manfaat, tingkatan, strategi dan proses segmentasi pasar secara lengkap.


Isi

bersembunyi

1
Memahami Segmentasi Pasar

2
Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

2.1
Kotler

2.2
Kasali

3
Istilah Segmentasi Pasar

4
Dasar-dasar Segmentasi Pasar

4.1
Dasar-dasar Segmentasi Pasar Konsumen

4.1.1
Variabel Geografis

4.1.2
Variabel demografis

4.1.3
Variabel Psikologis

4.2
Dasar-dasar Segmentasi Pasar Industri

4.2.1
Tahap 1

4.2.2
Tahap 2

5
Tujuan Segmentasi Pasar

6
Manfaat Segmentasi Pasar

7
Tingkat Segmentasi Pasar

7.1
Pemasaran secara massal

7.2
Segmen Pemasaran

7.3
Pemasaran Ceruk

7.4
Pemasaran Mikro

8
Jenis Segmentasi Pasar

8.1
Segmentasi Perilaku

8.2
Segmentasi Psikografis

8.3
Segmentasi Demografi

8.4
Segmentasi Geografis

9
Strategi Segmentasi Pasar

10
Prosedur Segmentasi Pasar

10.1
Tahap Survei

10.2
Tahap Analisis

10.3
Tahap Identifikasi

Memahami Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli dengan karakteristik, kebutuhan dan perilaku berbeda yang mungkin mempunyai kebutuhan produk dan bauran pemasaran yang berbeda.

Segmentasi pasar adalah proses mengidentifikasi dan menganalisis pembeli di suatu pasar produk, serta menganalisis perbedaan antar pembeli di pasar tersebut.


Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

Kotler

Segmentasi pasar adalah sekelompok pelanggan yang merupakan bagian dari pasar yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang sama.

Kasali

Segmentasi pasar adalah proses pengelompokan pasar menjadi kelompok-kelompok “pelanggan potensial” yang mempunyai kesamaan karakteristik atau kebutuhan yang sama sehingga cenderung mempunyai respon yang sama dalam membelanjakan uangnya.


Istilah Segmentasi Pasar

Berikut ini adalah persyaratan segmentasi pasar

Terukur

Artinya segmen pasar sasaran dapat diukur dari segi jumlah, karakteristik, dan sifatnya.

Dapat Dicapai (Dapat Diakses)

Artinya segmen pasar dapat diakses sehingga memudahkan perusahaan dalam mengarahkan pemasarannya.

Cukup Besar (Substansial)

Artinya segmen pasar yang dibidik harus besar.


Dapat dibedakan

Artinya segmentasi pasar dapat dibedakan secara jelas dengan segmen lainnya.

Dapat diimplementasikan (Dapat ditindaklanjuti)

Artinya program pemasaran dan pelayanan perusahaan dapat dilaksanakan pada segmen pasar sasarannya.

Menguntungkan

Artinya segmentasi pasar dapat memberikan manfaat.

Baca Juga : Pangsa Pasar (Market Share)

Dasar-dasar Segmentasi Pasar

Ada dua segmentasi pasar dasar, termasuk:

Dasar-dasar Segmentasi Pasar Konsumen

Dasar segmentasi pasar terdiri dari:

Variabel Geografis

Variabel segmen geografis terdiri dari lingkungan sekitar, wilayah, luas wilayah, ukuran dan kepadatan kota, serta iklim.

Variabel demografis

Variabel segmen demografi antara lain umur, keluarga, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan, agama, kelas sosial, ras, siklus hidup, pendapatan, pendidikan dan lain sebagainya.

Variabel Psikologis

Variabel segmentasi psikologis meliputi kepribadian, gaya hidup, dan kelas sosial. Variabel tersebut meliputi manfaat yang dicari, tingkat penggunaan, status penggunaan, status loyalitas dan sikap terhadap produk.

Dasar-dasar Segmentasi Pasar Industri

Dasar-dasar segmentasi pasar industri meliputi:

Tahap 1

Tahap ini melibatkan penentuan segmentasi makro, seperti lokasi geografis, pasar pengguna akhir, dan jumlah langganan.

Tahap 2

Tahapan ini terdiri dari sikap terhadap penjual, ciri-ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.

Tujuan Segmentasi Pasar

Tujuan segmentasi pasar antara lain:

  • Pasar lebih mudah untuk dibedakan.
  • Memberikan pelayanan yang lebih baik kepada karyawan.
  • Strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran.

Baca Juga: Perencanaan Pemasaran

Manfaat Segmentasi Pasar

Manfaat segmentasi pasar adalah:

  • Produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih peluang pemasaran.
  • Produsen dapat mengetahui berbagai respon pemasaran, sehingga dapat mengalokasikan anggaran secara lebih tepat ke berbagai segmen.
  • Produsen dapat mengelola produk dan daya tarik pemasarannya dengan lebih baik.

Tingkat Segmentasi Pasar

Tingkat segmentasi pasar meliputi:

Pemasaran secara massal

Pengertian pemasaran massal adalah tingkat segmentasi pasar yang berfokus pada produksi massal, distribusi dan promosi produk yang sama dengan cara yang sama kepada seluruh konsumen.

Segmen Pemasaran

Pengertian pemasaran segmen adalah jenis segmentasi pasar yang mengakui bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.

Pemasaran Ceruk

Pengertian niche marketing adalah tingkat segmentasi pasar yang berfokus pada subkelompok dalam suatu segmen.

Pemasaran Mikro

Pengertian pemasaran mikro adalah suatu jenis segmentasi yang mengadaptasi produk dan program pemasaran agar sesuai dengan selera individu atau lokasi tertentu. Contoh pemasaran mikro antara lain pemasaran lokal dan pemasaran individu.

Jenis Segmentasi Pasar

Berikut ini macam-macam segmentasi pasar dalam bisnis, antara lain:

Segmentasi Perilaku

Pengertian segmentasi perilaku adalah pengelompokan konsumen berdasarkan perilakunya terhadap produk yang ditawarkan, meliputi pengetahuan, loyalitas, idealisme dan respon konsumen.

Misalnya saja Anda menjual perlengkapan balita, silakan tawarkan di media sosial, bukan di toko online, karena respon konsumen lebih cepat dan ada loyalitas pembeli di sana.

Segmentasi Psikografis

Pengertian segmentasi psikografis adalah pengelompokan konsumen berdasarkan kesukaan dan minat pelanggan terhadap produk tertentu atau dapat ditujukan pada pelanggan yang terlibat dalam profesi dan hobi khusus. Contoh segmentasi psikografis adalah memasarkan buku kepada kelompok pecinta membaca, menjual peralatan memancing kepada penghobi memancing.

Baca Juga: Rencana Pemasaran

Segmentasi Demografi

Pengertian segmentasi demografi adalah pengelompokan konsumen berdasarkan kesamaan seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pendapatan dan lain-lain. Segmentasi ini memerlukan kehati-hatian karena faktor konsumen secara umum lebih luas dan diperlukan analisis yang cermat untuk menentukan kelompok pasar dengan tepat.

Segmentasi Geografis

Pengertian segmentasi geografis adalah pengelompokan konsumen berdasarkan tempat tinggal konsumen dalam kaitannya dengan wilayah regional seperti desa, kota, provinsi, dan pulau.

Strategi Segmentasi Pasar

Strategi pemasaran ini dilakukan dengan mengelompokkan pasar ke dalam segmen-segmen tertentu untuk dijadikan sasaran pemasaran.

Tujuan segmentasi bagi perusahaan adalah untuk mengelompokkan individu-individu yang mempunyai keinginan, kebutuhan dan tanggapan yang sama terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan segmentasi pasar, perusahaan dapat merangsang calon pelanggan untuk menjadi konsumen setia terhadap produk yang ditawarkan. Dengan mengetahui pelanggan setia dan spesifik secara pasti, perusahaan akan mampu mengoptimalkan kegiatan pemasaran dan pelayanan.

Prosedur Segmentasi Pasar

Berikut beberapa prosedur segmentasi pasar, antara lain:

Tahap Survei

Untuk melakukan segmentasi pasar, perusahaan akan menentukan bentuk survei, baik dengan wawancara, penyebaran kuesioner maupun meminta saran dan minat masyarakat.

Tujuan penerapan prosedur segmentasi dalam bentuk survei adalah agar perusahaan memiliki data awal yang berkaitan dengan masyarakat di pasar tertentu, termasuk informasi terkait motivasi dan sikap masyarakat terhadap suatu produk. Jika data awal sudah diperoleh, maka langkah penerapan segmentasi pasar dapat dilanjutkan dengan menerapkan prosedur kedua yaitu menganalisis informasi.

Tahap Analisis

Apabila perusahaan telah mempunyai data awal terkait konsumen, maka selanjutnya dilakukan analisis informasi, seperti mencari tahu alasan sikap dan motivasi konsumen. Hasil analisis ini nantinya digunakan sebagai langkah awal dalam pengelompokan berdasarkan kesamaan sikap, motivasi dan sebab-sebabnya.

Baca Juga: Manajemen Pemasaran

Tahap Identifikasi

Setelah melakukan analisis, perusahaan akan mengidentifikasi sejumlah kelompok konsumen. Data survei awal ditambah data analisis konsumen dijadikan patokan.

Dari proses identifikasi tersebut akan muncul nama-nama kelompok konsumen yang akan dijadikan sasaran penjualan. Nah, jika semuanya sudah lengkap, barulah produk tersebut akan dipasarkan kepada mereka sesuai dengan informasi yang sudah didapat.

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian segmentasi pasar menurut para ahli, pengertian, dasar, tujuan, manfaat, tingkatan, strategi dan proses segmentasi pasar secara lengkap. semoga bermanfaat


Comment
Share:

Ad