Penguatan Literasi Diperlukan Untuk Tingkatkan Kualitas SDM

- Penulis

Kamis, 21 September 2023 - 06:48 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Penguatan Literasi Diperlukan Untuk Tingkatkan Kualitas SDM

Penguatan Literasi Diperlukan Untuk Tingkatkan Kualitas SDM

YOGYAKARTA, pusatdapodik.com- Menurut Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), lebih dari 55% masyarakat Indonesia yang telah menyelesaikan pendidikan masih mengalami buta huruf fungsional. Penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat belum memahami isi bacaan dan literasi orang dewasa belum merata di Indonesia.

Oleh karena itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono Penguatan literasi sangat penting untuk mempercepat percepatan pembangunan.

Sri Sultan mengatakan, saat ini masyarakat terjebak dalam tren banjir informasi. Hal ini mengakibatkan masyarakat terjebak pada misinformasi, disinformasi, dan malinformasi. “Saat ini berita palsu menyebar lebih cepat dibandingkan berita nyata. “Bahkan 1% berita palsu terpopuler berhasil menjangkau 1.000 hingga 10.000 pengguna, sedangkan berita nyata sangat jarang mencapai 1.000 pengguna,” kata Sri Sultan.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa literasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Penguatan literasi harus didukung dengan perpustakaan yang efisien, sehingga dapat membentuk masyarakat Indonesia yang lebih cerdas. Maka wajib bagi masyarakat untuk meningkatkan budaya membaca dan mengoptimalkan potensi perpustakaan.

Saat ini, literasi sangat erat kaitannya dengan tingkat perekonomian dan kesejahteraan. Tingkat melek huruf menunjukkan kualitas pendidikan. Masyarakat yang berpendidikan umumnya mempunyai penghasilan yang layak dan lebih paham teknologi. Masyarakat dengan tingkat melek huruf rendah cenderung mengalami kesulitan mendapatkan pekerjaan dengan gaji dan promosi yang layak.

Baca Juga :  Calon Penerjemah Atau Editor Merapat, Ini Lho 7 Universitas Jurusan Linguistik Terbaik di Indonesia, Ada UGM Hingga Undip!

Semakin tinggi tingkat melek huruf maka semakin tinggi pula taraf hidup yang dapat dicapai. Oleh karena itu, pendidikan dasar perlu diutamakan, agar anak dapat memperoleh landasan literasi yang baik. Selain itu, literasi dapat mengangkat masyarakat dari jurang kemiskinan.

“Literasi tidak hanya memperkaya kehidupan individu, tetapi juga menciptakan peluang bagi masyarakat untuk mengembangkan keterampilannya. “Ini juga menjadi salah satu indikator kunci kondisi perekonomian, karena merupakan indikator kualitas sumber daya manusia,” jelas Sri Sultan.

Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando mengatakan acara ini diselenggarakan dalam rangka melaksanakan amanah Presiden RI untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kemampuan aksesibilitas literasi di Indonesia masih kurang. Bahkan dari 10.000 responden anak Indonesia, hanya 15% yang memahami informasi dari teks yang dibacanya. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan.

“Masih banyak siswa kita yang kurang memahami maksud dari isi tulisan yang dibacanya. Ini yang harus kita benahi,” kata Syarif.

Baca Juga :  Mau Daftar SNBP? Cek Dulu 20 Jurusan Kuliah Paling Diminati di Indonesia Tahun 2023

Terkait kerja sama dengan banyak pihak dalam acara penguatan literasi ini, Syarif menjelaskan literasi digital akan mendukung pemulihan ekonomi pascapandemi. Hal inilah yang membuat pihaknya berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI untuk meningkatkan literasi para pelaku ekonomi. Pemula yang belum memiliki usaha, karena keterbatasan keterampilan dan keahlian, akan kesulitan untuk membuka usaha mikro.

Selain itu, ia juga bekerja sama dengan BKKBN untuk menurunkan prevalensi stunting. Perpustakaan Nasional RI memastikan diri berkontribusi dan mendukung sumber informasi, serta implementasi ilmu-ilmu terapan bagi masyarakat.

“Kami hadirkan BKKBN karena mempunyai program yang bagus untuk memberantas stunting. “Stunting juga disebabkan oleh faktor yang terbatas seperti terbatasnya informasi,” ujarnya.

Syarif menegaskan, saat ini perpustakaan sudah inklusif. Perpustakaan tidak lagi secara eksklusif melayani masyarakat di kalangan akademisi, namun menyasar masyarakat pedesaan dalam jumlah yang sangat besar. “Kami perpustakaan yang menjaga masyarakat, bukan sebaliknya, karena tidak ada lagi yang ke perpustakaan, ini yang kami dorong,” pungkas Syarif. (St)

www.cakrawala.co

Berita Terkait

Berikut Daftar Instansi Pemerintah Yang Resmi Membuka Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA/SMK
Selebgram Ambon Viral Lakukan Adegan Dewasa di Live Kontennya
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Tenaga Honorer Yang Memiliki Sertifikat ini Berikut, Nantinya akan Langsung diangkat Menjadi PPPK
PPG Daljab yang di Undur Hingga 6 Bulan Kedepan, Membuat Banyak Guru Kecewa Dan Putus Asa
Rencana Penghapusan Nama PNS Pusat dan Daerah Oleh Jokowi, Resmi Di ganti dengan Nama ini
Biodata Clarissa Putri Terlengkap: Profil, Umur, dan Instagram
Saat ini Ada Formasi CPNS dan PPPK Totalnya 12rb, Paling Banyak Untuk Daerah Bali
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 14 Juli 2024 - 10:48 WIB

Berikut Daftar Instansi Pemerintah Yang Resmi Membuka Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA/SMK

Sabtu, 13 Juli 2024 - 08:50 WIB

Selebgram Ambon Viral Lakukan Adegan Dewasa di Live Kontennya

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:34 WIB

Tenaga Honorer Yang Memiliki Sertifikat ini Berikut, Nantinya akan Langsung diangkat Menjadi PPPK

Kamis, 11 Juli 2024 - 13:40 WIB

PPG Daljab yang di Undur Hingga 6 Bulan Kedepan, Membuat Banyak Guru Kecewa Dan Putus Asa

Berita Terbaru

Viral

Isna Amsikan Viral 2 Jari, Ini Link Video Viral MP4 nya

Selasa, 16 Jul 2024 - 17:19 WIB