Penjelasan Satuan Kredit Kompetensi (SKK) dengan Contohnya

- Penulis

Kamis, 9 Februari 2023 - 14:22 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Penjelasan Satuan Kredit Kompetensi SKK dengan Contohnya.webp

Saudara-saudara sekalian, dalam kurikulum pendidikan kesetaraan masih menggunakan bobot satuan kredit kompetensi (SKK), sebagai satuan untuk menghitung beban belajar siswa. Jumlah SKK dalam struktur kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan juga masih disajikan secara utuh untuk kelompok umum dan kelompok khusus.

Penyajian secara lengkap dilakukan untuk memberikan ruang dan kesempatan bagi satuan pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran. Meski begitu, dalam praktiknya tidak sedikit satuan pendidikan yang mengalami kesulitan dalam memetakan SKK di setiap mata pelajaran dan jenjang kelas/sederajat. Oleh karena itu mari simak artikel ini sampai selesai, agar SKK yang sesuai dapat anda terapkan.

Definisi Satuan Kredit Kompetensi (SKK)

Satuan kredit kompetensi (SKK) adalah suatu sistem atau program yang menyatakan beban belajar dalam pendidikan kesetaraan. SKK merupakan acuan dalam merencanakan proses pembelajaran untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik kesetaraan, dan sebagai tanda telah menguasai satu mata pelajaran.

Sistem SKK sendiri digunakan sebagai pembeda dengan sistem pendidikan formal. Melalui sistem ini, peserta didik akan terlayani di satuan pendidikan kesetaraan untuk belajar sesuai dengan kebutuhan dan kecepatan belajarnya. Dengan penetapan jumlah beban belajar yang diatur oleh pemerintah untuk setiap jenjang pendidikan kesetaraan yaitu Paket A, Paket B, dan Paket C.

Dalam proses penyelenggaraannya, satuan pendidikan diberi kesempatan untuk mendistribusikan beban belajar sesuai dengan tingkat keluasan dan kompleksitas pembelajaran, karakteristik peserta didik, dan kondisi satuan pendidikan. Kemudian, Satuan Pendidikan akan menjabarkan target SKK setiap mata pelajaran dan semester, untuk ditawarkan kepada mahasiswa. Selanjutnya, mahasiswa juga dapat menentukan target SKK yang ingin dicapai, sesuai dengan ketersediaan waktu dan kemampuannya.

Tujuan satuan kredit kompetensi

Tujuan dari satuan kredit kompetensi adalah:

  1. Untuk membantu menentukan beban belajar setiap mata pelajaran, sehingga satuan pendidikan dapat mengatur jadwal pelajaran mingguan.
  2. Untuk menunjukkan bobot kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa dalam mengikuti program pembelajaran, baik melalui pembelajaran tatap muka, tutorial, maupun pembelajaran mandiri.

Fungsi SKK dalam pengembangan karir profesional

Dalam pendidikan kesetaraan, terdapat SKK Keahlian yang memuat keterampilan vokasional yang dapat dipilih sesuai dengan potensi, kebutuhan, kearifan lokal, dan karakteristik peserta didik. Fungsi SKK Keahlian dalam pengembangan karir profesional adalah:

  1. Untuk mengembangkan keterampilan umum (keterampilan generik) dan membentuk karakter peserta didik yang memiliki rasa seni budaya, sehat jasmani dan rohani, serta sportif.
  2. Memiliki keterampilan kerja dan kejuruan dalam memenuhi kebutuhan dan kemandirian.
  3. Untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Untuk mengasah kemampuan intelektual dan keahlian (keterampilan generik dan kejuruan) dengan prosedur, standar dan kriteria tertentu atau khusus dalam melaksanakan suatu tugas, pekerjaan atau profesi dalam kehidupan sehari-hari, serta bekal dasar untuk memasuki dunia usaha dan industri.
Baca Juga :  Pengertian Bimbingan Konseling, Tujuan, Fungsi, dan Asasnya

Contoh pemetaan satuan kredit kompetensi

Berikut adalah contoh pemetaan satuan kredit kompetensi untuk setiap program pendidikan kesetaraan.

SKK Paket A

Contoh Pemetaan Paket Kompetensi Satuan Kredit Setara dapat dilihat pada tabel berikut.

Penjelasan Satuan Kredit Kompetensi SKK dengan Contohnya

SKK Paket B

Berikut contoh tabel Pemetaan SKS Paket B Kompetensi Setara SMP.

1675927364 918 Penjelasan Satuan Kredit Kompetensi SKK dengan Contohnya

SKK Paket C

Contoh Tabel Pemetaan Mata SKK untuk Paket C Umum Setara SMA.

1675927370 117 Penjelasan Satuan Kredit Kompetensi SKK dengan Contohnya

Contoh Tabel Pemetaan Peminatan Paket C Setara SMA.

1675927371 814 Penjelasan Satuan Kredit Kompetensi SKK dengan Contohnya

Contoh tabel Satuan Kredit Kompetensi Paket C Khusus Setara SMA.

1675927373 858 Penjelasan Satuan Kredit Kompetensi SKK dengan Contohnya

Saudara-saudara, perlu diingat bahwa pemetaan SKK untuk mata pelajaran kelompok khusus lebih fleksibel, artinya tidak harus seperti contoh di atas. Misalnya, beban belajar untuk mata pelajaran Pemberdayaan tidak terlalu banyak. Dengan demikian, SKK Pemberdayaan dapat dikurangi menjadi 1 SKK saja, dan dialihkan ke keterampilan wajib atau pilihan.

Cara Menghitung SKK

Berdasarkan pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Bobot satuan kredit kompetensi disusun berdasarkan pertimbangan beban belajar setiap mata pelajaran dalam struktur kurikulum pendidikan formal.

Secara umum, mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam struktur kurikulum pendidikan formal memiliki beban belajar selama 2 jam. Sedangkan pada pendidikan kesetaraan, mata pelajaran tersebut dikonversi menjadi 1 SKK.

Kemudian, jika dalam struktur kurikulum pendidikan formal terdapat mata pelajaran Bahasa Indonesia yang memiliki beban belajar 4 jam pelajaran, maka diubah menjadi 2 SKK. Ketentuan inilah yang dijadikan sebagai tolok ukur pemetaan SKK, meskipun pada kenyataannya tidak harus menghasilkan angka yang setara dengan setengahnya karena menyesuaikan dengan masing-masing satuan pendidikan.

Cara Mengubah Bobot SKK Menjadi Jam Pelajaran

Dalam pendidikan kesetaraan, baik Paket A, Paket B maupun Paket C, dalam pedoman yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia disebutkan bahwa 1 SKK = 1 jam tatap muka, atau 2 jam tatap muka. tutorial, atau 3 jam belajar mandiri. Alokasi waktu 1 jam tatap muka = ​​35 menit untuk Paket A, 40 menit untuk Paket B, dan 45 menit untuk Paket C.

Baca Juga :  Berikut 7 Peran Guru dalam Pembelajaran

Dengan begitu, pencapaian satuan kredit kompetensi disesuaikan dengan kecepatan belajar peserta didik di masing-masing satuan pendidikan. Untuk menjamin ketercapaian modul pembelajaran, satuan pendidikan dapat mengatur persyaratan pengambilan SKK. Satuan pendidikan dapat mensyaratkan maksimal 25 SKK untuk mahasiswa Paket A per semester, maksimal 30 SKK untuk mahasiswa Paket B, dan maksimal 30 SKK untuk mahasiswa Paket C.

Bagaimana penerapan SKK dalam organisasi

Dalam pembelajaran pendidikan kesetaraan pada kurikulum 2013 terdapat bobot satuan kredit kompetensi yang berkaitan dengan pemberdayaan kolektif, yang bersifat relasional dalam hubungan dan kerjasama dengan pihak atau orang lain. Pemberdayaan di sini berarti seseorang yang berdaya, memiliki kapasitas untuk bertindak dalam hubungannya dengan orang lain, menjalankan lembaga/organisasi, dan/atau bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan.

Penerapan pemberdayaan SKK dikembangkan melalui proses pembelajaran dengan berdiskusi, merumuskan masalah, memecahkan masalah, mengemukakan pendapat dan pandangan yang menjadi penggerak organisasi. Dengan tujuan latihan untuk mengatasi masalah dan menjawab tantangan dalam kehidupan, baik secara individu maupun kelompok.

Dalam prakteknya, pembentukan diri maupun pembentukan struktur atau institusi melalui proses emansipasi dalam kepemimpinan organisasi sangat ditekankan. Pelaksanaan pemberdayaan SKK dalam organisasi ini dapat dilakukan dalam blok waktu atau mingguan.

Misalnya, setelah SKK diubah menjadi jam, ditemukan kegiatan pemberdayaan untuk pelatihan kepemimpinan pemuda membutuhkan waktu 10 jam. Jadi, lakukan dengan menggunakan blok referensi waktu, jika dilakukan langsung selama 10 jam dalam satu hari. Namun jika ingin dilakukan mingguan, maka setiap minggu kegiatan dilakukan 2 jam pada hari-hari tertentu.

Saudara-saudara sekalian, berikut adalah contoh satuan kredit kompetensi dan rangkuman cara penghitungannya, serta cara mengubah SKK menjadi jam pelajaran pada setiap jenjang pendidikan kesetaraan, mulai dari Paket A, Paket B, dan Paket C. Kami semoga bermanfaat dan dapat membantu satuan pendidikan Bapak dan Ibu Guru dalam mengimplementasikan satuan kredit kompetensi sesuai kurikulum 2013.

www.quipper.com

Berita Terkait

Contoh Surat Pernyataan Atau Pakta Integritas Lapor diri piloting PPG Daljab 2024
Pengumuman Piloting PPG 2024 Di Mulai Hari ini, Ayok Cek SIM PKB Bapak/ibu Guru Masing-masing
Guru Kategori Berikut Tidak Usah Khawatir, Ada Bantuan TPP Tambahan Untuk Yang Mengajar Lebih dari 24 Jam
Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024
Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!
Berita ini 5 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 23 Juli 2024 - 05:12 WIB

Contoh Surat Pernyataan Atau Pakta Integritas Lapor diri piloting PPG Daljab 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 19:11 WIB

Pengumuman Piloting PPG 2024 Di Mulai Hari ini, Ayok Cek SIM PKB Bapak/ibu Guru Masing-masing

Senin, 22 Juli 2024 - 12:59 WIB

Guru Kategori Berikut Tidak Usah Khawatir, Ada Bantuan TPP Tambahan Untuk Yang Mengajar Lebih dari 24 Jam

Minggu, 21 Juli 2024 - 13:08 WIB

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Berita Terbaru