Penting! Ini 6 Indikator Keberhasilan Guru Dalam Mengajar

- Penulis

Minggu, 16 Juli 2023 - 13:43 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Penting!  Inilah 6 Indikator Keberhasilan Guru Mengajar

Tahukah anda apa saja indikator keberhasilan guru dalam mengajar? Tentu ada berbagai macam indikator ya.

Indikator ini biasanya digunakan untuk menilai tingkat keberhasilan guru dalam mengajar siswa di kelas. Mulai dari prestasi akademik siswa, kemampuan menyusun RPP, hingga perubahan perilaku siswa.

Tidak hanya itu, terdapat berbagai indikator lain yang dapat dijadikan sebagai penilaian keberhasilan guru dalam mengajar. Apakah mereka? Simak terus ulasan berikut ini sampai habis.

Definisi Sukses Mengajar

Sudahkah Bapak dan Ibu guru memahami apa itu sukses mengajar? Apakah keberhasilan mengajar merupakan pencapaian tujuan transfer ilmu kepada siswa?

Hal ini dapat dikatakan benar karena salah satu keberhasilan seorang guru mengajar adalah mampu menyampaikan materi pelajaran atau mentransfer ilmu kepada siswa. Namun tidak hanya itu, keberhasilan mengajar dapat diartikan sebagai proses kreatif guru yang dapat menyebabkan orang lain, dalam hal ini siswa aktif mengembangkan berbagai potensi dirinya dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Jadi, keberhasilan mengajar seorang guru tidak hanya diukur dari seberapa banyak informasi atau ilmu yang terkumpul dalam otak siswa, tetapi seberapa berkembang seluruh potensi yang dimilikinya. Selain itu, keberhasilan guru juga dapat dilihat dari bagaimana perkembangan tersebut mempengaruhi cara berpikir, bersikap, dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator Keberhasilan Guru dalam Mengajar

Indikator adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur atau menilai sesuatu. Dalam hal mengajar, indikator adalah parameter atau alat yang digunakan untuk menilai keberhasilan guru dalam proses mengajar.

Indikator keberhasilan guru dalam mengajar terdiri dari berbagai macam. Mulai dari peningkatan prestasi belajar siswa, cara guru merancang kegiatan pembelajaran, berinteraksi dengan siswa, hingga penguasaan materi pelajaran.

Menurut Djamarah (2002) dalam buku Strategi Belajar Mengajar, keberhasilan belajar mengajar adalah apabila memenuhi indikator-indikator sebagai berikut.

  • Penyerapan bahan ajar yang diajarkan mencapai prestasi tinggi, baik secara individu maupun kelompok.
  • Perilaku yang dituangkan dalam pengajaran (indikator pembelajaran) telah dicapai oleh siswa, baik secara individu maupun kelompok.

Selain itu, hasil belajar siswa juga menjadi indikator keberhasilan guru dalam mengajarkan hal-hal lain yang sering digunakan.

Indikator keberhasilan guru dalam mengajar lainnya adalah sebagai berikut.

1. Kemampuan guru menyusun RPP

Salah satu indikator keberhasilan guru dalam mengajar adalah kemampuan guru dalam menyusun RPP. RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah dokumen yang memuat gambaran atau rencana pelaksanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk satu kali pertemuan, satu semester, atau lebih.

Baca Juga :  HATI-HATI Terima Telepon dari Nomor Baru, Anda Bisa Bernasib Nahas seperti Seorang ASN Unimor Kefanemanu

RPP juga dapat dikatakan sebagai pedoman guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Jadi RPP bukan hanya tugas administratif yang harus dipenuhi, tetapi juga pedoman penting dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

RPP yang baik akan memudahkan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, kemampuan menyusun RPP merupakan salah satu indikator keberhasilan guru dalam mengajar.

2. Kemampuan Mengajar

Kemampuan mengajar juga merupakan indikator keberhasilan guru dalam mengajar lainnya. Misalnya bagaimana cara menyampaikan materi pelajaran kepada siswa.
Apabila siswa dapat menerima dan memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru maka dapat dikatakan guru berhasil dalam mengajar.

Selain kemampuan menyampaikan pelajaran kepada siswa, guru juga harus memiliki keterampilan mengajar lainnya, seperti mampu menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran untuk mendukung dan mempermudah pemahaman materi pembelajaran.

Kemampuan guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, serta meningkatkan motivasi belajar siswa juga merupakan keterampilan mengajar yang harus dimiliki guru.

3. Meningkatkan Prestasi Siswa

Indikator lain yang tidak kalah pentingnya dalam menilai keberhasilan guru dalam mengajar adalah peningkatan prestasi akademik siswa. Hal ini bisa diukur dari peningkatan nilai, progres tugas dan proyek, kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran, hingga hasil ujian.

Ada beberapa tingkatan yang menjadi indikator keberhasilan guru dalam mengajar, yaitu:

  • Maksimal : Keberhasilan guru dalam mengajar dikatakan maksimal apabila semua bahan ajar telah diajarkan kepada siswa dan dikuasai serta dipahami dengan baik oleh mereka.
  • Sangat baik : Keberhasilan guru dalam mengajar dikatakan sangat baik jika sebagian besar sekitar 80-90% bahan ajar telah diajarkan, dipahami, dan dikuasai oleh siswa.
  • Baik : Indikator keberhasilan guru dalam mengajar dapat dikatakan baik apabila bahan ajar yang disampaikan kepada siswa dapat dikuasai oleh 60-75% siswa.
  • Kurang baik Indikator keberhasilan guru dalam mengajar dapat dikatakan kurang baik apabila kurang dari 60% materi yang telah diajarkan tidak dikuasai oleh siswa.

Dengan tingkat keberhasilan tersebut guru dapat melakukan evaluasi pengajaran dan mencari alasan mengapa siswa kurang dapat memahami materi yang telah diajarkan. Bisa jadi karena pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat, kondisi kelas yang kurang kondusif, atau hal lainnya.

Baca Juga :  SK Penetapan Hasil Akreditasi Sekolah/Madrasah 2022 (Penetapan 6)

4. Adanya perubahan perilaku siswa

Indikator keberhasilan guru dalam mengajar tidak hanya dilihat dari kemampuan siswa dalam mengingat materi yang telah diajarkan atau hasil ujian yang baik, tetapi juga perilakunya. Siswa yang memiliki perilaku dan karakter yang baik dapat mencerminkan keberhasilan guru dalam mengajar.

Ingat, tugas guru bukan hanya mengajar atau mentransfer ilmu kepada siswa, tetapi juga mendidik dan membimbing siswa agar menjadi pribadi yang berkarakter baik.

Selain itu, perubahan perilaku siswa yang semula tidak disiplin, sering terlambat masuk sekolah, tidak bertanggung jawab, dan perilaku negatif lainnya, menjadi lebih baik, menghormati guru dan orang tua, menjadi lebih disiplin juga menjadi tanda keberhasilan guru dalam mengajar dan mendidik mereka.

Perubahan tingkah laku siswa menjadi lebih baik akan memudahkan mereka dalam memahami materi pelajaran yang pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajarnya sendiri.

5. Ada kemajuan dalam pengajaran

Bapak ibu guru sekalian, jika ingin ada kemajuan dalam mengajar tentunya harus mengevaluasi kegiatan belajar mengajar secara berkala. Misalnya, apakah metode pembelajaran yang digunakan lebih memudahkan siswa dalam memahami pelajaran, apakah penyampaian materi pelajaran terlalu cepat, dan sebagainya.

Setelah melakukan evaluasi dan ternyata terdapat kekurangan, guru dapat segera memperbaiki kesalahan mengajar tersebut agar kemampuan mengajar guru dapat lebih efektif.

Selanjutnya dari evaluasi kemajuan pengajaran akan membuat kegiatan pembelajaran berjalan lebih baik. Dengan begitu, indikator keberhasilan guru dalam mengajar dapat dikatakan berhasil.

6. Penggunaan Metode Pengajaran yang Efektif

Indikator keberhasilan guru dalam mengajar berikutnya adalah penggunaan metode mengajar yang efektif dan sesuai dengan gaya belajar siswa. Misalnya, menggunakan pengajaran berbasis proyek, menggunakan multimedia dan teknologi, dan menggunakan kegiatan kelas interaktif.

Bapak ibu guru, ini adalah indikator keberhasilan guru dalam mengajar yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Sumber :

Sanjaya, Wina dan Andi Budimanjaya. 2017. Paradigma Baru Pengajaran. Jakarta: Penerbit Kencana

Habibati. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala Press

www.quipper.com

Berita Terkait

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!
Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)
Kontrak Honorer Akan Diperpanjang Sampai 2027? Pertanda Kuat Honorer Tidak Jadi Dihapus
Ada beberapa Tunjangan Guru Yang nantinya Akan di Hapus Mulai Tahun 2025, Apa saja itu ?
Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli
Strategi Berbagi Hasil Pembelajaran dengan Rekan Sejawat dalam Lokakarya Pendidikan
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:50 WIB

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru

Senin, 15 Juli 2024 - 19:23 WIB

Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!

Senin, 15 Juli 2024 - 11:13 WIB

Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)

Minggu, 14 Juli 2024 - 21:29 WIB

Kontrak Honorer Akan Diperpanjang Sampai 2027? Pertanda Kuat Honorer Tidak Jadi Dihapus

Minggu, 14 Juli 2024 - 13:52 WIB

Ada beberapa Tunjangan Guru Yang nantinya Akan di Hapus Mulai Tahun 2025, Apa saja itu ?

Berita Terbaru