PUSATDAPODIK.COM | Pentingnya media pembelajaran ini memiliki peran sebagai pendukung dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan penggunaan media pembelajaran ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Siswa akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan.

Media pembelajaran merupakan alat penunjang untuk membantu kegiatan belajar mengajar, serta mampu mempermudah penyampaian pesan, syair, atau gagasan materi kepada siswa. Melalui media pembelajaran ini diharapkan mampu menciptakan interaksi antara guru dan siswa sehingga dapat mencapai hasil belajar sesuai dengan kompetensinya.

Sedangkan menurut UU RI NO. 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 2 yang berbunyi bahwa media pembelajaran merupakan salah satu komponen penunjang keberhasilan proses belajar mengajar.

Baca Juga: Peredaran Narkoba, Orang Ini Ditangkap Polisi

Pemanfaatan media pembelajaran secara optimal perlu dilandasi makna dan nilai tambah yang dapat diberikan kepada siswa melalui pengalaman belajar di sekolah. Berdasarkan hal tersebut, pentingnya
Media pembelajaran digunakan untuk membantu guru dalam meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar, memperlancar proses pembelajaran, memperjelas materi pelajaran, menciptakan interaksi, dan memberikan kesempatan praktek langsung kepada siswa.

Fungsi Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Belajar Mengajar

1. Sebagai alat untuk memperjelas materi yang disampaikan guru.

2. Media juga berfungsi untuk pembelajaran individual, dimana penempatan media sepenuhnya memenuhi kebutuhan belajar siswa.

3. Perjelas materi agar tidak terlalu bertele-tele.

4. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, tenaga dan indra, meningkatkan minat belajar, interaksi langsung antara siswa dan guru.

5. Memungkinkan anak belajar mandiri berdasarkan bakat dan kemampuan visual dan auditori.

6. Memberikan stimulus yang sama, menyamakan pengalaman dan membangkitkan persepsi yang sama.

Baca Juga: Geger! Sekelompok Monyet Ekor Panjang Turun Gunung, Pertanda Bencana Alam?

Media Pembelajaran Yang Sering Digunakan Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar

1. Media Audio

Media pembelajaran menggunakan audio suara untuk menyampaikan materi. Misalnya radio, animasi bergerak dan lagu

2. Media Visual

Penyampaian materi dengan media visual dilakukan dengan menampilkan video atau gambar.
Penggunaan media pembelajaran ini tentunya akan mengemas kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik, sehingga akan menimbulkan keinginan dan minat baru serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Baca Juga: Cek Upah Minimum Provinsi NTT 2023

Hal yang perlu diperhatikan adalah guru perlu memilih media pembelajaran yang cerdas dan tepat. Karena pemilihan media ini akan menunjang keefektifan kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung. Selain itu, dengan menampilkan pembelajaran yang menarik juga akan menumbuhkan motivasi belajar dan perhatian siswa terpusat pada topik atau materi yang sedang dibahas.

Dengan terwujudnya penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan siswa dapat dengan mudah memahami materi pada saat proses pembelajaran, sehingga siswa mampu memahami pelajaran yang disampaikan.

Baca Juga: Cek! Arti Tahi Lalat di Selangkangan Bagi Pria Warisan yang melimpah dan keberuntungan dari pasangan

Pentingnya media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa dapat membantu siswa fokus belajar, meningkatkan motivasi siswa karena perhatian siswa terhadap pelajaran dapat meningkat, memberikan pengalaman belajar yang menarik sehingga siswa dapat memahami secara realistis dari materi yang diberikan memperoleh pemahaman yang lebih baik. Materi Secara keseluruhan, siswa dilibatkan dalam proses pembelajaran agar siswa dapat berpartisipasi aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran dan siswa diberi kesempatan untuk berkreasi dan mengembangkan potensi dirinya.

Baca Juga: Demi Peningkatan Mutu, 40 Guru di Manggarai Timur Terima Bantuan dari Badan Bahasa

Efisiensi belajar siswa dapat meningkat karena sejalan dengan tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, penggunaan bahan ajar sangat penting untuk kelangsungan proses belajar mengajar dalam pendidikan.

Sumber: Naikpangkat.com

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *