PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Peranan Listrik Bagi Kehidupan

Peranan Listrik Bagi Kehidupan

peran listrik bagi kehidupan

Di era modern ini, peran listrik sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Pasalnya, banyak produk yang menunjang kehidupan manusia menggunakan listrik sehingga bisa dinyalakan dan dinikmati manfaatnya. Oleh karena itu, kebanyakan manusia tampaknya tidak dapat hidup tanpa listrik. Lalu apa peran listrik bagi kehidupan manusia saat ini?

Listrik memberikan energi pada suatu benda untuk bergerak. Dengan kata lain, listrik merupakan sumber energi utama bagi manusia untuk menggerakkan berbagai produk atau alat dan juga jaringan internet untuk menghubungkan manusia dengan manusia lainnya secara real time.

Dalam prosesnya, energi listrik dapat digunakan untuk menggerakkan benda-benda rumah tangga dengan mengubah energi kinetik menjadi energi listrik melalui generator. Generator biasa disebut sebagai pembangkit listrik, sedangkan energi kinetik yang berasal dari berbagai benda merupakan sumber energi listrik.

Pada dasarnya sumber energi listrik di alam berasal dari batu bara, air, tenaga surya, dan lain-lain. Tanpa penemuan listrik oleh Michael Faraday, kita tidak akan bisa menikmati kegunaannya seperti sekarang ini.

Indonesia telah banyak memanfaatkan batu bara sebagai bahan pembangkit listrik. Tenaga listrik dihasilkan dari mesin turbin yang dihasilkan oleh uap melalui pembakaran batu bara.

Peran Listrik

Peran listrik bagi kehidupan manusia cukup beragam, mulai dari sebagai sumber penerangan hingga pemenuhan kebutuhan aktivitas rumah tangga. Ada beberapa peran kelistrikan yang dirangkum dari berbagai sumber, antara lain:

  • Listrik sebagai sumber penerangan

Peran utama listrik adalah sebagai sumber penerangan. Dengan adanya listrik, manusia saat ini dapat menikmati cahaya dari bola lampu atau neon, sehingga dengan adanya listrik kehidupan di bumi menjadi lebih terang.

Sebelum listrik ditemukan, sumber cahaya berasal dari lampu tongkat yang diisi minyak tanah atau lilin. Namun pencahayaannya cenderung redup sehingga kurang baik untuk kesehatan mata.

Baca juga: Apa Jadinya Jika Rambut Kita Disetrum Listrik?

Mengubah energi listrik menjadi energi cahaya memang membantu banyak hal dalam kehidupan. Karena cahaya yang berasal dari listrik itulah kita bisa membaca dengan santai atau mengerjakan tugas di malam hari.

  • Listrik sebagai pembangkit panas

Fungsi listrik selanjutnya adalah menghasilkan panas. Sehubungan dengan fungsinya, arus listrik mengalir melalui nikel sebagai penghantar panas. Hal ini sering kita jumpai pada peralatan rumah tangga seperti rice cooker, setrika listrik, dan hair dryer.

  • Listrik sebagai sumber energi

Berbagai benda penunjang pekerjaan baik rumah tangga maupun kantor seperti laptop, mesin cuci, televisi, air conditioner (AC), dan kulkas mendapatkan energi dari listrik. Tanpa listrik, barang-barang tersebut hanya akan menjadi pajangan yang tidak berguna.

  • Listrik sebagai output di gadget atau sebagai hiburan

Selain diubah menjadi energi cahaya dan gerak, fungsi kelistrikan juga berguna untuk mengisi daya setiap gadget agar aplikasi di dalamnya dapat beroperasi dengan baik dan menjadi sarana hiburan.

Apalagi saat ini internet sangat dibutuhkan untuk mengakses segala macam kebutuhan, baik pekerjaan maupun hiburan. Router internet akan selalu terhubung ke listrik agar berfungsi dengan baik.

Ikuti dan sukai kami:


www.kelaspintar.id

Comment
Share:

Ad