MPLS atau lebih tepatnya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa baru mulai dari siswa SMP, SMA dan SMK. Peserta MPLS akan mengikuti beberapa jenis kegiatan mulai dari pengenalan sarana dan prasarana hingga penyampaian materi.

 

Karena padatnya rangkaian kegiatan selama masa MPLS, tentunya tidak jarang siswa merasa bosan bahkan mengantuk. Oleh karena itu, pada umumnya panitia akan mengajak siswa untuk bermain game MPLS atau pemecah kebekuan di sela-sela acara yang berubah.

Ice breaker sendiri merupakan sebuah permainan yang bertujuan untuk mengubah suasana kebekuan dalam suatu kelompok. Untuk dapat mendobrak suasana yang kaku juga diperlukan game MPLS menyenangkan dan mudah dilakukan oleh siswa.

Yuk, ikuti pelatihan bersertifikat 32JP dengan judul “Penerapan Budaya Positif dalam Implementasi Kurikulum Mandiri”. Daftar Sekarang di link berikut, dapatkan seminar gratis dan bonus lainnya.

Lalu apa saja contoh permainan ice breaking selama kegiatan MPLS?

  • Permainan MPLS Ulang Tahun

Permainan ice breaking ini membutuhkan 15 sampai 50 siswa. Tujuannya adalah agar siswa saling mengenal satu sama lain serta meningkatkan energi fisik mereka.

 

Panitia juga bisa mengajak peserta MPLS untuk berbaris secara spontan berdasarkan urutan tanggal lahir, dari yang tertua ke yang termuda atau sebaliknya. Gim ini akan memberi tahu setiap siswa siapa yang akan berulang tahun nanti.

  • Game Shout Oke!

Permainan MPLS Berteriak oke! mampu mempercepat pengakuan di kalangan siswa MPLS. Untuk memainkan game yang satu ini, kertas juga dibutuhkan.

Cara memainkannya, panitia membagikan kertas berisi beberapa soal kepada seluruh peserta MPLS. Bagi peserta yang sudah menjawab semua pertanyaan bisa berteriak OK!, kemudian panitia akan langsung mengecek hasilnya.

 

wartaguru.id

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *