Table of contents: [Hide] [Show]

Halo Bapak/Ibu Guru,

Semoga selalu dalam keadaan sehat dan terus semangat berbagi ilmu dan membantu siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, Kemendikbud dalam hal ini Mendikbud Nadiem Makarim telah memberikan informasi mengenai perubahan penerimaan calon mahasiswa baru khususnya untuk jalur UTBK.

Namun, masih banyak guru khususnya pengguna Quipper School Premium yang masih memiliki pertanyaan mengenai hal ini. Nah untuk itulah Blog Quipper merangkum baik-baik informasi, pertanyaan dari guru dan perubahan sistem UTBK 2023. Yuk simak informasinya.

Pertanyaan Mengenai Perubahan UTBK dan QSP 2023

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban yang dirangkum Quipper Blog terkait perubahan sistem dan ketentuan UTBK 2023:

Q: Apakah ada perbedaan cakupan materi yang diujikan di TPS tahun ini dan TPS tahun sebelumnya? Atau hanya perubahan judul subtes hanya?

A: Secara umum cakupan konten antara TPS tahun ini dengan tahun sebelumnya bisa dikatakan sama. Namun karakter soal tahun ini lebih berpotensi untuk mengasah penalaran dan kemampuan literasi siswa dibandingkan TPS sebelumnya yang fokus pada hafalan dan penguasaan kognitif. Untuk dapat menyesuaikan diri dengan karakter soal, sebaiknya siswa diberikan rangsangan yang berkaitan dengan literasi dan numerasi.
Untuk memudahkan pemetaan subtes UTBK 2023 dan sebelumnya, Anda dapat memperhatikan informasi di bawah ini:
1. Potensi Kognitif = Penalaran Umum
2. Penalaran Matematis = Pemahaman Kuantitatif
3. Literasi Bahasa Indonesia = Pemahaman Membaca dan Menulis
4. Literasi dalam bahasa Inggris = Bahasa Inggris

T: Apakah TKA akan dihapus?

A: Pada UTBK 2023 kelompok ujian TKA (Tes Kemampuan Akademik) akan ditiadakan sehingga tolak ukur penilaiannya tidak lagi dibebani dengan penguasaan materi tertentu pada mata pelajaran tertentu. Meski begitu, penguasaan materi pada mata pelajaran sosial dan sains tetap dibutuhkan jika siswa ingin mengikuti proses ujian masuk melalui SNMPTN atau Ujian Mandiri.

Q: Materi apa saja yang akan diujikan dalam UTBK 2023?

J: Ada 4 subtes yang akan diuji yaitu; potensi kognitif, penalaran matematis, literasi bahasa Inggris, dan literasi bahasa Indonesia. Untuk lebih jelasnya, lihat tabel di bawah ini.

Q: Apa ciri-ciri soal UTBK 2023?

A: Merujuk pada contoh soal yang disajikan oleh pemerintah, karakteristik soal yang muncul lebih bersifat literate, dimana siswa akan diuji berdasarkan kemampuannya dalam memahami informasi tertulis, mengolah informasi yang terkandung dalam data, atau menafsirkan maknanya dari berbagai teks yang ada.

T: Bagaimana dengan contoh potensi kognitif?

J: Tes kognitif dilakukan untuk menguji kemampuan berpikir yang melibatkan berbagai kemampuan yang saling terkait, seperti menggunakan bahasa, menganalisis angka, memahami ruang, dan penalaran. Beberapa pertanyaan yang diprediksi muncul mencoba menguji kemampuan menyimpulkan makna yang terkandung dalam sebuah teks, melihat kemungkinan yang ada dari suatu kondisi, dan mengukur sebab akibat atau benar dan salahnya suatu pernyataan.

Q: Apakah ada konten tambahan yang bisa digunakan siswa untuk belajar mandiri untuk persiapan UTBK?

A: Konten pembelajaran yang dapat diakses siswa berupa:
1. Konten persiapan yang memuat materi dasar dari KBM terkait dengan apa yang akan diujikan di TPS UTBK.
2. Pemantapan konten yang semakin memantapkan mahasiswa dalam mengasah nalarnya dalam menghadapi soal-soal khas UTBK.
3. Isi diskusi yang membantu siswa melihat contoh soal TPS pada UTBK sebelumnya dan cara penalaran penyelesaian soal.
4. Latihan soal sebagai sarana bagi siswa untuk terus mengasah kemampuan penalarannya.

T: Apakah QSP akan menyediakan layanan baru untuk meningkatkan kesiapan sekolah? Seperti pelatihan webinar untuk memahami perubahan kebijakan dan apakah ada perubahan pada laporan yang diterima guru?

A: Kami akan membantu Anda untuk memahami lebih dalam implikasi dari perubahan kebijakan UTBK ini melalui webinar yang mengundang narasumber yang berkompeten di bidang penilaian.

Untuk membantu sekolah dan guru memahami kesiapan siswa menghadapi UTBK, Quipper School Premium menyediakan laporan terintegrasi yang membantu membangun profil siswa berdasarkan instrumen yang dikirimkan oleh sekolah. Beberapa bagian dari laporan terpadu ini adalah (1) rekap nilai setiap siswa di masing-masing Uji Coba Daring diikuti, dan (2) analisis topik yang paling sering dijawab salah oleh siswa sebagai rekomendasi untuk fokus pembelajaran.

T: Bagaimana perubahan kebijakan ini memengaruhi fitur Pemeriksaan Peluang?

A: Dengan adanya perubahan kebijakan UTBK, tim Quipper sedang mengkaji ulang logika perhitungan peluang diterimanya siswa di PTN. Akan ada beberapa penyesuaian pada logika/sistem dalam menghitung Opportunity Check, sehingga hasilnya akan ditampilkan sesuai dengan perubahan yang ada. Mohon tunggu kabar selanjutnya mengenai kapan fitur ini akan diperbarui.

P: Apa saja cakupan penalaran kognitif, literasi bahasa Indonesia, literasi bahasa Inggris, dan pemahaman matematika?

A: Saat ini tim Quipper sedang menyelesaikan pemetaan cakupan materi penalaran kognitif, pemahaman matematika, literasi bahasa Indonesia dan literasi bahasa Inggris. Untuk sekolah yang sudah menjadi bagian dari Quipper School Premium, tim dukungan sekolah akan membantu mensosialisasikan ruang lingkup materi sebagai acuan bagi guru untuk dapat memperdalam materi pembelajaran.

Demikian rangkuman pertanyaan seputar perubahan jalur penerimaan siswa melalui UTBK 2023 dan hal-hal terkait Quipper School Premium (QSP).
Untuk pertanyaan atau informasi lainnya seputar QSP, Bapak/Ibu Guru dapat mengikuti akun Instagram di @quipperuntukguru atau tanya langsung dengan admin kami melalui grup Komunitas Guru Quipper.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *