MALANG | Dalam rangka meningkatkan kreativitas dan produk intelektual mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbdudristek) melalui Balai Pengembangan Bakat Indonesia (BPTI) mewadahi kreativitas dan produk intelektual mahasiswa di seluruh Indonesia dengan menggelar 20th National Student Science Pekan (PIMNAS). 35.

Acara ini digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mulai 30 November hingga 4 Desember 2022.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan melalui kegiatan PIMNAS, mahasiswa harus siap menjawab tantangan zaman melalui riset dan inovasi yang berkelanjutan.

Baca Juga: Ibu Boy William Beri Tanggapan Positif Terkait Putranya Boy William yang Mau Mualaf

“Saya tidak pernah meragukan kekayaan riset dan inovasi yang dimiliki dunia pendidikan tinggi kita. Selama 35 tahun penyelenggaraan PIMNAS, tentunya banyak sekali produk ilmiah bernilai tinggi yang telah dihasilkan oleh mahasiswa-mahasiswa terbaik,” kata Menteri Nadiem dalam pembukaan PIMNAS ke-35 di UMM, Rabu (30/11).

Mendikbud berpesan kepada seluruh peserta PIMNAS untuk mempresentasikan karya yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara berkelanjutan sesuai dengan semangat Merdeka Belajar di Kampus Mandiri (MBKM).

“Untuk itu, saya ucapkan selamat menjalankan PIMNAS kepada adik-adik semua,” kata Mendikbud.

Baca Juga: Video Viral Guru Melempar Kue Ulang Tahun Dibanjiri Komentar Netizen, Mendingan Dipikir Buat Prank

“Siapa pun pemenangnya, Anda semua telah menjadi bagian penting dari upaya kami untuk menciptakan ekosistem riset dan inovasi yang berkelanjutan. Mari terus berinovasi, bergerak serentak untuk mewujudkan Kebebasan Belajar,” lanjutnya mengakhiri sambutannya.

Hal senada disampaikan Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Plt. Diktiristek) Nizam. Menurutnya, PIMNAS merupakan bagian dari program unggulan MBKM. PIMNAS, menurutnya, merupakan program yang sejalan dengan salah satu kebijakan utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Baca Juga: Melihat Kemesraan Ariel Noah dan BCL dalam Unggahan Foto, Netizen Berharap Segera Menikah

“Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada para siswa yang lebih muda untuk mengembangkan diri dan memaksimalkan potensi diri. Sudah saatnya adik-adik bersaing antar universitas tapi jangan lupa juga jalin silaturahim dengan sesama saudara se-Indonesia,” kata Dirjen Nizam.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Khusus Rektor Bidang Perencanaan dan Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni UMM, Joko Widodo berharap melalui penyelenggaraan PIMNAS dapat mengidentifikasi talenta-talenta muda yang dapat menjadi harapan perubahan Indonesia yang lebih baik.

“Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik, acara ini (PIMNAS) dapat diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang sebagai tuan rumah. Kami berharap acara malam ini dan seterusnya berjalan dengan lancar sehingga dapat melahirkan generasi muda yang inovatif dan kreatif. untuk kejayaan negara,” kata Joko.

Baca Juga: Anne Kurniasih Istri Baru Teddy Syach dan Pengusaha Cantik Heboh

Lebih lanjut, dalam laporan kegiatannya, Ketua Pelaksana PIMNAS ke-35, Hariyadi menyampaikan bahwa acara PIMNAS ke-35 ini diikuti oleh 1.694 peserta dari 97 Perguruan Tinggi se-Indonesia. Jumlah karya yang masuk PIMNAS sebanyak 374 buah.

“PIMNAS merupakan rangkaian program kreativitas dan wadah berkumpulnya insan bangsa yang berprestasi di bidang keilmuan untuk bersinergi dan bersatu padu menghasilkan solusi perbaikan bagi kemajuan bangsa melalui pemikiran dan karya unggulan berskala nasional,” tambah Hariyadi.

PIMNAS merupakan tahapan terakhir dari pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan sebagai wadah bagi mahasiswa peserta untuk saling mempresentasikan dan berkomunikasi melalui produk karya intelektual berskala nasional.

Baca Juga: Disebut Kurus Setelah Menikah dengan Dude Herlino, Ternyata Alysa Suebandono Didekati Pria Ganteng

Antusiasme peserta pada ajang PIMNAS tahun ini sangat tinggi. Salah satunya adalah peserta perwakilan dari Universitas Hasanuddin Makassar, Tiara Resky Anugrah Mahmud, peserta PKM-RE (Program Kreativitas Mahasiswa Riset Esakta) dengan judul “Kombinasi Mikropartikel Respon Glukosa dan Dissolvable Microneedle Sebagai Metformin Smart Delivery Untuk Meningkatkan Efektifitas Terapi Diabetes Mellitus Tipe 2”.

Ia mengungkapkan PIMNAS tahun ini begitu semarak karena digelar secara offline.

Baca Juga: Diakui Bosan dengan Pria yang Mencintai Suaminya Elly Sugigi Umumkan Perceraiannya

“Luar biasa kalau dilihat dari ekspektasi teman-teman disini. Apalagi ini diadakan langsung di kampus. Persiapan sudah kami lakukan sebelumnya dan tentunya harapan saya bisa menambah pengalaman, menambah teman baru, dan bisa meraih prestasi di ajang ini,” pungkas Tiara.

Sumber: bkn.go.id

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *