Pj Gubernur NTT Akhirnya Batalkan Aturan Viktor Laiskodat Sekolah Masuk Pukul 05.30, Begini Kilas Kisah Baliknya

- Penulis

Jumat, 22 September 2023 - 19:58 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pj Gubernur NTT Akhirnya Batalkan Aturan Viktor Laiskodat Sekolah Masuk

Pj Gubernur NTT Akhirnya Batalkan Aturan Viktor Laiskodat Sekolah Masuk

1186528 720
Seorang guru Sekolah Menengah Atas (SMA) memandu gerakan senam sebelum masuk kelas di SMA Negeri I Kupang, di Kota Kupang, NTT, Senin 6 Maret 2023. Pemprov NTT mengubah kebijakan jam masuk sekolah bagi SMA/SMK di Kota Kupang, dari sebelumnya yang semula pukul 05.00 WITA menjadi pukul 05.30 WITA dan pulang sekolah pukul 10.30 WITA setelah banyak mendapat kritik dan masukan dari masyarakat. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT akhirnya menghentikan kebijakan mulai sekolah pada pukul 05.30 WITA di sejumlah SMA atau SMA di Kota Kupang. Aturan tersebut disampaikan Plt atau Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake pada rapat paripurna ke-3 masa uji coba 1 tahun masa sidang 2023-2024.

“Pemerintah telah mengambil langkah agar pada tanggal 21 September 2023 jam masuk sekolah dikembalikan ke jadwal mulai semula yaitu pukul 07.00 WITA,” kata Ayodhia di ruang sidang utama DPRD Provinsi NTT, Kamis, 21 September 2023.

Kebijakan masuk sekolah jam 5 pagi sebelumnya telah diumumkan Gubernur NTT Viktor Laiskodat. Instruksi tersebut ia sampaikan dalam agenda pertemuan dengan kepala sekolah pada Kamis, 23 Februari. Alasan Viktor, aturan tersebut diterapkan untuk mengasah kedisiplinan dan etos kerja siswa. Selain itu, menurutnya rata-rata siswa SMA tidur paling lambat pukul 22.00. Jadi, dia mengklaim siswa memiliki waktu tidur yang cukup untuk mulai bersekolah pada pukul 05.00.

Video Viktor memberikan instruksi menjadi viral di media sosial dan mendapat beragam tanggapan. Peraturan ini mendapat berbagai kritik dari organisasi guru hingga Ombudsman. Kebijakan Viktor dinilai berdampak buruk bagi kesehatan pelajar. Pelajar yang kurang tidur dapat berisiko terkena berbagai penyakit seperti obesitas dan kesehatan mental.

Baca Juga :  Ki Hajar Dewantara - Sejarah Bapak Pendidikan Indonesia

“Apa urgensinya berangkat sekolah jam 5 pagi?” kata Kepala Perwakilan Ombudsman NTT Darius Beda Daton.

Anggota Komisi Pendidikan DPR dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Fahmy Alaydroes juga menilai instruksi Viktor agar siswa SMA berangkat sekolah jam 5 pagi aneh dan tidak konsisten. Menurutnya, mengejar ketertinggalan mutu pendidikan seharusnya dilakukan dengan meningkatkan standar mutu, bukan hanya menyalahkan jam sekolah. Oleh karena itu, Fahmy mengatakan kebijakan tersebut harus ditinjau ulang.

Rasanya aneh dan nyambung ketika mutu pendidikan tertinggal yang penyebabnya adalah menurunnya standar mutu yang dicapai, namun yang disalahkan justru pada jam masuk sekolah, kata Fahmy dalam keterangannya, Rabu, 1 Maret 2023.

Meski demikian, ia memahami tujuan kebijakan tersebut baik, yakni mendidik siswa agar terbiasa disiplin. Namun, Fahmy mengatakan, instruksi tersebut tidak bijak jika berujung memberatkan, merepotkan, dan menimbulkan banyak kegaduhan. Utamanya orang tua siswa. Apalagi, kata dia, instruksi Viktor berpotensi mengganggu kesempatan santri Muslim untuk menunaikan salat subuh di masjid.

“Ini pasti akan menimbulkan kontroversi di masyarakat,” ujarnya.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atau Kemendikbudristek pun merespons aturan masuk sekolah jam 5 pagi bagi siswa SMA di NTT. Irjen Kemendikbud Chatarina Muliana Girsang mengatakan dalam penerapan berbagai kebijakan Merdeka Belajar, Kemendikbud berkomitmen untuk selalu melindungi hak siswa untuk dapat belajar dengan aman dan bahagia di sekolah.

Baca Juga :  4 Kategori Tenaga Honorer ini Akan Dapat Gaji 13 dan THR ?

“Kami sedang berkoordinasi secara intensif terkait implementasi kebijakan tersebut. “Setiap kebijakan juga perlu mendapat masukan dari masyarakat, khususnya orang tua,” ujarnya kepada Tempo melalui pesan WhatsApp pada Rabu, 1 Maret 2023.

Kebijakan Viktor Laiskodat disebut memberatkan, bukan sekedar omong kosong. Sejak kebijakan tersebut diterapkan, sejumlah video kegiatan mahasiswa di Kupang, NTT beredar. Dalam sebuah video misalnya, sejumlah siswa terlihat tertidur di dalam kelas saat matahari mulai terbit. Netizen berkomentar bahwa hal tersebut wajar karena waktu mulai sekolah terlalu dini. Banyak netizen yang sedih dan memberikan dukungan kepada anak-anak sekolah tersebut.

“Pemerintah turun tangan, berhenti menyiksa anak-anak ini,” tulis salah satu komentar.

Kebijakan mulai sekolah pukul 5 pagi membuat siswa kelas 12 SMAN 1 Rote Barat Daya, Rio Jonathan terpaksa harus menunggang kuda agar sampai ke sekolah tepat waktu. Rio menyedot perhatian warganet karena berhasil menunggang kuda sejauh 8 kilometer dari rumahnya menuju sekolah sehingga ia sampai di sekolah pada pukul 5 pagi. Alasan dia menunggang kuda karena motornya rusak.

“Saya berangkat sekolah naik kuda karena sepeda motor saya mogok. “Karena takut terlambat, saya harus naik kuda ke sekolah,” kata Rio yang mengenakan seragam pramuka dalam video tersebut. *** tempo.co


Baca juga

Berita Terkait

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Alhamdulillah!! Tenaga Honorer Yang Mengabdi Lebih dari 20 Tahun Akan Langsung Ditetapkan NIP Pegawai
Urutan Prosedur Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan adalah
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Sabtu, 29 Juni 2024 - 16:30 WIB

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024

Kamis, 27 Juni 2024 - 18:28 WIB

6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !

Berita Terbaru