Poltek Nuklir Wisuda 102 Mahasiswa, 67 Cumlaude dan Sebagian Lulusan Sudah Mendapatkan Pekerjaan

- Penulis

Rabu, 27 September 2023 - 19:40 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Poltek Nuklir Wisuda 102 Mahasiswa 67 Cumlaude dan Sebagian Lulusan

Poltek Nuklir Wisuda 102 Mahasiswa 67 Cumlaude dan Sebagian Lulusan

YOGYAKARTA, pusatdapodik.com- Sebanyak 102 mahasiswa Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melaksanakan Wisuda Sarjana Teknik Terapan. Ke-102 mahasiswa yang diwisuda tersebut terdiri atas 33 mahasiswa program studi Teknik Nuklir (TKN), 33 mahasiswa program studi Elektronika Instrumentasi (Elins), dan 36 mahasiswa program studi Elektromekanik (Elmek). Upacara wisuda digelar di Hotel Grand Rohan Jogja, Yogyakarta, Rabu (27/9). Sebanyak 67 orang mendapat predikat predikat cum laude yang terdiri dari TKN 22 orang, Elins 24 orang, dan Elmek 21 orang. IPK tertinggi dengan predikat terpuji diperoleh Isna Syilmi Qaira (TKN) dengan perolehan nilai 3,99.

Direktur Politeknik Nuklir Zainal Arief mengatakan tahun 2020-2025 adalah penguatan Politeknik Nuklir sebagai perguruan tinggi baik dari segi akademik, nonakademik, dan kelembagaan.

“Banyak program yang harus dilakukan, antara lain peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan dan pelatihan, perluasan kerjasama, peningkatan akreditasi, peningkatan kualitas pelayanan, peningkatan kompetensi, serta peningkatan kualitas lulusan yang unggul dan berkarakter. ,” kata Zaenal Arief.

Lebih lanjut Zaenal Arief menyampaikan bahwa pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan kegiatan pendidikan dan penelitian, juga dilakukan sebagai upaya peningkatan mutu akademik.

“Penelitian yang dilaksanakan langsung di masyarakat memberikan kontribusi terhadap pengembangan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir dan/atau penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi lainnya, serta pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  My Activity Google Com Login & Delete All History

Zainal menambahkan, untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berkarakter, Politeknik Nuklir berupaya menanamkan tiga pilar karakter yaitu Togetherness (kebersamaan), Maturity (kedewasaan) dan Willingness (kemauan).

 

 

“Kebersamaan adalah kemampuan bekerja dalam tim dan mampu berkomunikasi dengan tetap menghargai dan menghargai orang lain. Kedewasaan artinya mahasiswa dan lulusan Politeknik Nuklir harus menjadi individu yang bertanggung jawab, disiplin dan mempunyai integritas. Sedangkan kemauan artinya mahasiswa Politeknik Nuklir harus menjadi individu yang bertanggung jawab, disiplin dan mempunyai integritas. dan lulusan harus mempunyai kemauan berpikir kritis, berani mengemukakan pendapat, dan mempunyai pemikiran pemecahan masalah,” jelasnya.

Zaenal Arief berharap dengan ketiga pilar karakter tersebut, lulusan dapat menerapkan nilai-nilai kemanusiaan dan sosial dalam mengaplikasikan ilmunya kapanpun dan dimanapun. Politeknik Nuklir, tambah Zaenal, juga memiliki target peningkatan akses pendidikan, melalui peningkatan jumlah mahasiswa. Hal ini dilakukan guna memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat untuk memperoleh pendidikan tinggi.

“Untuk mencapainya, ada langkah-langkah yang harus dilakukan, antara lain memenuhi rasio antara dosen dan mahasiswa, serta rasio sarana dan prasarana pendidikan yang digunakan. Peningkatan kapasitas internet menjadi salah satu infrastruktur pendukung pendidikan yang harus diperhatikan. dari infrastruktur fisik, infrastruktur virtual juga “Ini harus dipenuhi. Hal ini agar mahasiswa dapat menelusuri ilmu dan tugas yang diberikan lebih luas lagi,” ujarnya.

Baca Juga :  DAAD Jerman Kembali Gelar Forum Diskusi Dekan Internasional di UMY

Zaenal menegaskan, salah satu keunggulan Politeknik Nuklir adalah memiliki fasilitas nuklir yang bisa dimanfaatkan langsung oleh mahasiswa. Oleh karena itu, guna meningkatkan kapasitas, Politeknik Nuklir melakukan benchmarking dengan Toms Polytechnic University (TPU) Rusia.

“Rencananya kami akan mengirimkan mahasiswanya untuk magang, mulai semester ganjil ini. Selain itu, sudah ada dosen Politeknik Nuklir yang melakukan studi lanjut di sana. Selain TPU, Politeknik Nuklir juga menjalin kerja sama dengan Rosatom, SLRI Thailand, dan Hongaria. “Upaya memperluas kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian civitas akademika dan lulusan Politeknik Nuklir,” jelasnya.

Zaenal mengatakan upaya peningkatan serapan alumni juga terus dilakukan. Kerjasama dengan jaringan untuk melakukan rekrutmen di kampus, untuk memberikan kesempatan kepada lulusan mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah. Sejumlah lulusan melaporkan telah mendapatkan pekerjaan.

“Jaringan diundang ke kampus untuk melakukan rekrutmen sesuai standar jaringan, dalam hal ini Politeknik Nuklir hanya memfasilitasi. Selain itu Politeknik Nuklir juga berharap kedepannya ada pengawasan dari pihak perusahaan, terkait kinerja Nuklir. Mahasiswa Politeknik yang sedang menjalani magang dan tugas akhir di perusahaan, jika kinerjanya bagus bisa langsung dikontrak oleh perusahaan tempat mahasiswa tersebut melaksanakan magang dan tugas akhir, tutupnya.(Sts).

www.cakrawala.co

Berita Terkait

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut
Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim
Berikut Daftar Instansi Pemerintah Yang Resmi Membuka Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA/SMK
Selebgram Ambon Viral Lakukan Adegan Dewasa di Live Kontennya
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Tenaga Honorer Yang Memiliki Sertifikat ini Berikut, Nantinya akan Langsung diangkat Menjadi PPPK
PPG Daljab yang di Undur Hingga 6 Bulan Kedepan, Membuat Banyak Guru Kecewa Dan Putus Asa
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Kamis, 18 Juli 2024 - 10:44 WIB

Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut

Rabu, 17 Juli 2024 - 13:34 WIB

Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim

Minggu, 14 Juli 2024 - 10:48 WIB

Berikut Daftar Instansi Pemerintah Yang Resmi Membuka Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA/SMK

Sabtu, 13 Juli 2024 - 08:50 WIB

Selebgram Ambon Viral Lakukan Adegan Dewasa di Live Kontennya

Berita Terbaru