Praktik Kerja Lapangan: Tujuan, Manfaat, Pelaksanaan, dan Penilaian

- Penulis

Jumat, 10 Februari 2023 - 06:25 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Praktik Kerja Lapangan Tujuan Manfaat Pelaksanaan dan Penilaian

Apakah Anda familiar dengan istilah Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang mengajar di SMK? Praktek Kerja Lapang merupakan salah satu kegiatan yang menempatkan siswa di SMK untuk terjun langsung ke dunia kerja.

Selain bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dunia kerja, kegiatan PKL ini juga memiliki tujuan lain. Apa tujuannya?

Apa yang harus dinilai dari kegiatan Praktek Kerja Lapang ini? Yuk, baca ulasan berikut ini sampai habis.

Pengertian PKL (Praktik Kerja Lapangan)

PKL atau Praktek Kerja Lapang adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan menempatkan mahasiswa pada suatu perusahaan, industri, atau instansi. Kegiatan ini juga sering disebut dengan kegiatan pemagangan dan hanya bisa ditemui di tingkat sekolah menengah kejuruan atau SMK.

Dengan mengikuti kegiatan PKL, siswa SMK akan mendapatkan pengalaman langsung bagaimana dunia kerja yang sebenarnya sekaligus memperkuat penguasaan kompetensi teknis siswa sesuai dengan Kompetensi Keahliannya.

Umumnya Praktek Kerja Lapangan dilaksanakan pada semester 4 kelas XI atau semester 5 kelas XII selama 3 sampai 6 bulan. Siswa akan diantar oleh guru pembimbingnya menuju PKL dan akan dijemput kembali jika kegiatan PKL telah selesai.

Guru pembimbing akan memantau minimal 2 kali selama masa PKL siswa. Sementara itu, mahasiswa diwajibkan membuat laporan PKL selama kegiatan berlangsung.

Setelah menyelesaikan kegiatan PKL, siswa akan menerima sertifikat PKL yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan Pimpinan PKL. Sertifikat ini dapat digunakan sebagai bekal bagi siswa saat melamar kerja setelah lulus SMK.

Tidak sedikit siswa yang mendapatkan pekerjaan sebagai pedagang kaki lima setelah lulus sekolah karena para pemimpin pedagang kaki lima melihat hal tersebut keterampilankemampuan, dan sikap siswa saat menjalani PKL.

Tujuan Praktek Kerja Lapang

Memberikan pengalaman langsung dunia kerja kepada mahasiswa merupakan tujuan utama dari kegiatan PKL ini. Namun, ada tujuan lain diselenggarakannya Praktek Kerja Lapang bagi siswa SMK, antara lain:

  • Memberikan pengalaman kerja langsung (nyata) kepada siswa untuk ditanamkan (menginternalisasi) iklim kerja positif yang berorientasi pada kepedulian terhadap kualitas proses dan hasil kerja.
  • Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk membangun dan mengembangkan kepribadiannya yang berkarakter sesuai dengan nilai-nilai positif yang tumbuh dan dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya dalam dunia kerja yang ditekuninya.
  • Menanamkan etos kerja yang tinggi kepada mahasiswa untuk memasuki dunia kerja sesuai tuntutan pasar kerja global.
  • Memenuhi hal-hal yang belum terpenuhi di sekolah guna mencapai ketuntasan standar kompetensi lulusan.
  • Mewujudkan salah satu bentuk kegiatan dalam pelaksanaan Model Pendidikan Sistem Ganda (PSG) antara SMK dan Lembaga Mitra yang secara sistematis dan sistemik mengintegrasikan program pendidikan di sekolah (SMK) dan program pelatihan penguasaan keterampilan dunia kerja (DUDI).
Baca Juga :  Intrakurikuler dalam Kurikulum Merdeka, Lengkap dengan Contoh Kegiatannya

Melalui kegiatan PKL ini, pengalaman dan wawasan siswa tentang dunia kerja akan bertambah sehingga mereka dapat lebih mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja yang sebenarnya setelah lulus sekolah.

Manfaat Praktek Kerja Lapang

Praktek Kerja Lapangan memiliki manfaat yang besar, khususnya bagi mahasiswa. Sebab, melalui kegiatan ini mahasiswa dapat melihat dan merasakan langsung bagaimana dunia kerja yang sebenarnya.

Tidak hanya itu, PKL juga memberikan donasi kepada sekolah atau perusahaan atau instansi dimana PKL tersebut adalah mahasiswa. Berikut manfaat praktik kerja lapangan bagi siswa, sekolah dan instansi atau tempat PKL.

Manfaat Praktek Kerja Lapang bagi mahasiswa

  • Kesempatan untuk mempraktekkan dan langsung menerapkan teori, konsep atau prinsip yang telah dipelajari di kelas.
  • Memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa agar dapat memperluas hasil penelitiannya.
  • Memberi kesempatan kepada siswa untuk memecahkan berbagai masalah manajemen di lingkungan kerja dengan mengandalkan kemampuannya.
  • Menjadi bekal keterampilan profesional bagi mahasiswa ketika hendak memasuki dunia kerja.
  • Menambahkan jaringan mahasiswa yang akan sangat berguna ketika mereka bekerja atau untuk mahasiswa yang ingin memulai bisnis mereka sendiri.

Manfaat Praktek Kerja Lapang bagi sekolah

  • Meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan antara sekolah dengan perusahaan atau instansi penyelenggara PKL siswa.
  • Meningkatkan kualitas lulusan melalui pengalaman kerja selama PKL.
  • Mengembangkan program sekolah melalui sinkronisasi kurikulum, proses pembelajaran, pabrik pengajarandan pengembangan sarana dan prasarana praktis berdasarkan observasi di pedagang kaki lima.
  • Penguatan pendidikan karakter siswa khususnya nilai-nilai karakter berbasis masyarakat yang tumbuh dari budaya industri.

Manfaat Praktek Kerja Lapang bagi instansi atau perusahaan

  • Memperoleh calon tenaga kerja yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  • Meningkatkan citra positif instansi atau perusahaan di masyarakat.
  • Menjadikan produk dari instansi atau perusahaan lebih dikenal oleh masyarakat.
  • Mendapat ide-ide baru dari mahasiswa yang menjalani PKL untuk berkreasi dan mengembangkan produk.

Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan

Praktek Kerja Lapang ini biasanya dilaksanakan selama 3 sampai 6 bulan, didahului dengan pembekalan. Untuk PKL sendiri, mahasiswa dapat memilih industri, instansi, atau perusahaan besar, menengah, kecil, industri rumah tangga, atau unit produksi sekolah.

Sekolah dan industri tempat siswa melakukan PKL telah merancang proses pembelajaran sedemikian rupa sehingga dapat memberikan siswa pengalaman nyata tentang dunia kerja yang sebenarnya.

Menurut Oemar Hamalik, ada sembilan model dalam pelaksanaan PKL, yaitu:

  • Pelatihan Kejuruan Publik
  • Pelatihan Magang
  • Pelatihan ruang depan
  • On the Job Training (Berlatih Sambil Bekerja)
  • Pelatihan Pra Kerja (Pelatihan Pra-Penerapan)
  • Pendahuluan Pelatihan (Praktik Penempatan)
  • Pelatihan Pengawasan (Latihan dengan Pengawasan)
  • Pelatihan Pelajar
  • Sistem Pemagangan (Pelatihan Magang)
Baca Juga :  Inovasi Pendidikan – Pengertian, Sasaran, Jenis

Dari sembilan model tersebut, Praktek Kerja Lapang yang dilakukan oleh mahasiswa adalah Pelatihan Kerja (On the Job Training) dimana dalam kegiatan ini mahasiswa melakukan pekerjaan produksi atau jasa seperti yang dilakukan oleh karyawan industri, namun tetap di bawah pengawasan karyawan yang bekerja di industri atau yang lebih dikenal dengan sebutan pembimbing.

Kegiatan PKL yang telah dilakukan para mahasiswa ini akan dievaluasi untuk melihat kesesuaian program dengan pelaksanaannya. Jika belum sesuai, maka diperlukan perbaikan agar kegiatan PKL selanjutnya dapat berlangsung lebih baik, terutama dalam pencapaian kompetensi siswa dan program PKL itu sendiri.

Penilaian Praktek Kerja Lapangan

Menurut Asiyah, ada dua hal utama yang harus dinilai dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan, yaitu:

1. Penilaian hasil belajar

Penilaian hasil belajar adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui tingkat pencapaian penguasaan hasil belajar siswa berdasarkan program yang berlaku, dilakukan pada akhir satuan waktu tertentu.

2. Penilaian penguasaan keahlian

Sedangkan penilaian penguasaan keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk menentukan tingkat penguasaan siswa terhadap kemampuan yang diperlukan agar dapat dinyatakan ahli dan berwenang melaksanakan tugas/pekerjaan tertentu, berdasarkan ketentuan dan standar yang berlaku dalam pekerjaan tersebut. industri.

Apakah Mahasiswa PKL Digaji?

Perlu diketahui, bahwa tidak semua instansi atau perusahaan yang menyediakan tempat bagi mahasiswa PKL memberikan gaji atau uang saku. Hal ini dikarenakan tujuan utama PKL adalah untuk memberikan pengalaman nyata dunia kerja kepada siswa agar mereka lebih siap menghadapinya ketika lulus sekolah.

Meski begitu, ada juga beberapa instansi atau perusahaan yang memberikan gaji atau uang saku kepada siswa SMK yang melakukan PKL. Namun, diharapkan mahasiswa tidak terpaku pada gaji atau uang saku, melainkan fokus pada ilmu, wawasan, dan pengalaman selama melakukan PKL di instansi atau perusahaan tersebut.

Mengapa siswa SMK harus menjalani PKL?

Melansir dari Direktorat SMK, lulusan SMK dipersiapkan dan dilatih untuk mandiri setelah lulus sekolah. Agar mereka bisa mandiri, tentu dibutuhkan bekal yang memadai. Salah satu cara menyiapkan bekal tersebut adalah melalui kegiatan PKL.

Melalui kegiatan ini, siswa SMK tidak hanya mengalami dunia kerja yang sebenarnya, tetapi juga dapat melihat, bahkan berkesempatan untuk mempraktekkan secara langsung teori, konsep atau prinsip yang telah dipelajarinya di kelas. Mereka juga dapat melihat dan menganalisis keterampilan, kemampuan dan sikap yang dibutuhkan di dunia kerja.

Dengan pengalaman, wawasan, dan ilmu yang didapat dari kegiatan Praktek Kerja Lapang ini, diharapkan akan memudahkan siswa SMK untuk mendapatkan pekerjaan dan membangun usaha sendiri setelah lulus sekolah.

www.quipper.com

Berita Terkait

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!
Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)
Kontrak Honorer Akan Diperpanjang Sampai 2027? Pertanda Kuat Honorer Tidak Jadi Dihapus
Ada beberapa Tunjangan Guru Yang nantinya Akan di Hapus Mulai Tahun 2025, Apa saja itu ?
Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli
Berita ini 6 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:50 WIB

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:24 WIB

Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini

Senin, 15 Juli 2024 - 19:23 WIB

Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!

Senin, 15 Juli 2024 - 11:13 WIB

Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)

Berita Terbaru