Pusatdapodik.com Raih Kesempatan Kuliah Gratis S2 di Luar Negeri dengan Beasiswa KOMINFO 2024 – Kabar terbaru dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) telah tersiar di dunia maya pada tahun 2024. Melalui situs resmi mereka, KOMINFO dengan bangga mengumumkan peluncuran program Beasiswa KOMINFO 2024 untuk jenjang Magister (S2). Program ini menawarkan kesempatan luar biasa bagi individu yang ingin mengejar gelar Magister di luar negeri.

Tidak seperti sebelumnya, program beasiswa Magister (S2) tahun ini tidak hanya terbuka bagi masyarakat umum, tetapi juga diperluas untuk anggota PNS/TNI/POLRI. Keputusan ini bertujuan untuk memperluas akses dan kesempatan bagi mereka yang berdedikasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka di bidang yang relevan.

Untuk menjamin kualitas pendidikan yang tinggi, KOMINFO telah menjalin kemitraan dengan delapan perguruan tinggi ternama di luar negeri. Di antara mitra-mitra tersebut adalah University of Twente, The University of Electro Communications (UEC), Tsinghua University, International Institute of Information Technology Bangalore (IIIT-B), Conservatoire National des Arts et Metiers (CNAM), The University of Strathclyde, Eurecom, dan IMT Atlantique.

Para calon penerima beasiswa Magister (S2) memiliki kesempatan untuk memilih salah satu dari delapan universitas yang berpartisipasi dalam program ini. Ini adalah langkah besar dalam memberikan akses pendidikan yang berkualitas dan kesempatan global bagi para profesional di bidang Komunikasi dan Informatika.

Persyaratan Kuliah Gratis S2 Di Luar Negeri Dengan Beasiswa KOMINFO 2024

Persyaratan Kuliah Gratis S2 Di Luar Negeri Dengan Beasiswa KOMINFO 2024

Apakah Anda tertarik untuk mengajukan diri sebagai penerima beasiswa yang disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO)? Jika memang begitu, ada beberapa kriteria yang harus Anda penuhi sebelumnya.

1.      Berstatus Warga Negara Indonesia (Wni)

Ini berarti Anda harus memiliki kewarganegaraan Indonesia untuk memenuhi syarat dalam pendaftaran beasiswa KOMINFO. Warga negara asing tidak memenuhi syarat untuk menerima beasiswa ini.

2.      Masih Aktif Bekerja

Artinya, Anda harus tetap bekerja dan memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun pada saat Anda mengajukan permohonan beasiswa. Ini menunjukkan bahwa Anda memiliki keterlibatan aktif dalam dunia kerja dan pengalaman yang relevan.

3.      Beasiswa Tidak Terbuka Untuk Profesi Dosen

Hal ini menegaskan bahwa program beasiswa ini tidak ditujukan bagi mereka yang bekerja sebagai dosen di perguruan tinggi atau lembaga pendidikan lainnya.

4.      Usia Maksimal Pada Saat Mendaftarkan Diri

Untuk masyarakat umum, usia maksimal adalah 35 tahun.

Untuk PNS/TNI/POLRI, usia maksimal adalah 37 tahun.

Batasan usia ini menunjukkan bahwa beasiswa ini ditujukan untuk mendukung pendidikan bagi individu yang masih relatif muda.

 

5.      Belum Bergelar Magister (S2) Atau Sedang Menjalankan Program Magister

Ini berarti Anda tidak boleh memiliki gelar master (S2) ketika mendaftar, atau sedang dalam proses menyelesaikan program magister. Beasiswa ini lebih ditujukan bagi mereka yang belum mencapai tingkat pendidikan tersebut.

6.      Lulusan S1/DIV IPK Minimal 3.00 Dari Skala 4.00

Syarat ini menunjukkan bahwa Anda harus memiliki gelar sarjana (S1) atau diploma (DIV) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 dari skala 4.00. Ini menunjukkan standar akademik yang cukup tinggi yang harus dipenuhi oleh para pelamar.

Keuntungan Beasiswa KOMINFO 2024

Keuntungan Beasiswa KOMINFO 2024

Beasiswa KOMINFO 2024 memberikan sejumlah manfaat yang menarik bagi mereka yang beruntung menjadi penerimanya. Salah satunya adalah pembebasan biaya kuliah di universitas pilihan, sehingga memungkinkan mereka fokus sepenuhnya pada pencapaian akademis tanpa harus memikirkan beban finansial yang terkait dengan pendidikan tinggi.

Selain itu, penerima beasiswa juga akan menerima tunjangan hidup bulanan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama menjalani masa studi. Ini akan memberikan rasa aman dan kesejahteraan bagi mereka. Memastikan bahwa mereka dapat fokus pada pembelajaran tanpa harus khawatir tentang masalah keuangan.

Tidak hanya itu, beasiswa ini juga mencakup tiket pesawat pulang-pergi dari Indonesia ke negara tempat perguruan tinggi terletak. Ini tidak hanya memudahkan akses bagi para penerima beasiswa, tetapi juga membuka pintu bagi pengalaman lintas budaya yang berharga.

Selain itu, asuransi kesehatan juga disediakan untuk para penerima beasiswa selama masa studi mereka. Ini merupakan langkah proaktif untuk memastikan bahwa para mahasiswa tidak hanya mendapatkan pendidikan yang berkualitas, tetapi juga perlindungan terhadap risiko kesehatan yang mungkin timbul selama periode tersebut.

Tak ketinggalan, penerima beasiswa juga diberi kesempatan untuk mengikuti program magang di perusahaan-perusahaan terkemuka di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Ini adalah peluang langka untuk mendapatkan pengalaman praktis yang bernilai dan membangun jaringan profesional yang kuat di industri yang berkembang pesat ini.

Kesimpulan

Dengan demikian, Beasiswa KOMINFO 2024 tidak hanya memberikan bantuan finansial yang signifikan, tetapi juga membuka peluang-peluang berharga bagi para penerimanya. Dengan manfaat seperti pembebasan biaya kuliah, tunjangan hidup, tiket pesawat, asuransi kesehatan, dan kesempatan magang. Beasiswa ini tidak hanya membantu mewujudkan impian pendidikan mereka, tetapi juga membentuk dasar yang kuat bagi kesuksesan masa depan dalam industri TIK.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *