Rangkuman Materi IPAS Kelas 4 Bab 3 Kurikulum Merdeka

- Penulis

Senin, 4 September 2023 - 16:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

1693818776 1

1693818776 1

pusatdapodik.com – Materi IPA Kelas 4 SD Bab 3 Kurikulum Mandiri “Gaya di Sekitar Kita”

Halo sobat kherysuryawan, pada postingan kali ini admin akan membahas tentang materi yang akan dipelajari pada mata pelajaran IPA kelas 4 Kurikulum SD Merdeka. Materi yang akan disampaikan pada kesempatan kali ini merupakan rangkuman materi IPA Kelas 4 SD pada kurikulum mandiri Bab 3 yaitu tentang Gaya di Sekitar Kita.

Pembelajaran tentu memerlukan rangkuman materi yang akan dipelajari. Dengan membuat rangkuman akan memudahkan siswa dalam mempelajarinya. Rangkuman berisi kumpulan materi inti yang merupakan materi terpenting dalam pembelajaran. Siswa akan lebih cepat tanggap dan mudah memahami materi jika materi yang disampaikan lebih ringkas dan rinci.

Nah bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan rangkuman materi mata pelajaran Sains IPA kelas 4 Bab 3 Gaya di Sekitar Kita yang akan dipelajari pada kurikulum mandiri maka anda bisa mendapatkan rangkuman materi di artikel ini. Disini admin akan mencoba menyajikan rangkuman detail materi IPA kurikulum mandiri kelas 4 SD Bab 3.

Perlu diketahui bahwa materi pada Bab 3 Gaya di Sekitar Kita yang akan dipelajari pada kurikulum mandiri kelas 4 SD yang akan disajikan pada postingan kali ini adalah materi yang bersumber dari buku IPA kelas 4 dan buku teks IPA pada kurikulum mandiri.

Jenis materi yang akan dipelajari pada Bab 3 The Style Around Us memuat 4 poin penting antara lain :

A. Pengaruh Gaya pada Benda

B. Magnet, Benda Ajaib

C. Benda Elastis

D. Mengapa Kita Tidak Melayang di Udara

Ada beberapa tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam pembelajaran ini, antara lain sebagai berikut:

1. Identifikasi berbagai gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari.

2. Memanfaatkan gaya ini untuk membantu orang mengatasi tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

Baiklah untuk mengetahui rangkuman materi IPA kelas 4 Bab 3 Kurikulum Mandiri, maka dibawah ini pemaparan lengkapnya :

RINGKASAN MATERI ILMU PENGETAHUAN KELAS 4 KURIKULUM SD MERDEKA BAB 3 “GAYA DI SEKITAR KITA”

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali tanpa sadar menyebabkan suatu benda bergerak. Misalnya saat kita melempar bola, menarik mainan dengan tali, bermain dengan plastisin, atau membuka dan menutup pintu.

Topik A: Pengaruh Gaya pada Benda

A.1 Gaya Otot dan Gaya Gesekan

Ketika kita mendorong, menarik, dan mengangkat suatu benda, kita memberikan gaya pada benda tersebut.

Gaya merupakan interaksi benda-benda yang berupa gaya tarik-menarik atau dorongan. Interaksi ini akan menggerakkan benda bebas. Akibatnya benda yang diam bisa menjadi bergerak. Saat Aga dan Dara mendorong dan menarik benda, mereka menggunakan kekuatan otot. Gaya otot adalah gaya yang dilakukan manusia atau hewan dengan menggunakan otot-otot pada tubuhnya.

Apabila wadah diberi gaya dorong atau tarikan maka akan terjadi gesekan antara wadah dengan permukaan lantai. Hal ini menyebabkan hal itu terjadi gesekan. Arah gaya gesekan berlawanan dengan arah gerak benda. Semakin lebar dan lebar luas permukaan benda gesek maka gaya geseknya semakin besar. Artinya benda akan lebih sulit digerakkan dan terasa lebih berat saat didorong.

Salah satu cara untuk memperkecil luas permukaan adalah dengan menyediakan roda atau kaki kecil. Cara ini membuat gaya gesekan menjadi lebih kecil sehingga benda akan terasa lebih ringan ketika didorong atau ditarik.

Selain membuat benda diam bergerak, suatu gaya juga dapat:

1. Membuat benda diam bergerak.

Baca Juga :  Sifat, Jenis dan Macam Gelombang Bunyi Dalam Fisika

2. Mengubah arah gerak benda.

3. Mengubah bentuk benda.

Seperti yang disajikan pada gambar di bawah ini:

Rangkuman Materi IPAS Kelas 4 Bab 3 Kurikulum Merdeka

A.2 Sifat Gaya Gesekan

Pernahkah Anda melihat sepatu bola? Paku pada sol sepatu bola bertujuan untuk meningkatkan gaya gesek antara sepatu dengan rumput agar pemain sepak bola tidak mudah terpeleset.

1693818767 895 Rangkuman Materi IPAS Kelas 4 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Mengoleskan oli atau pelumas pada roda pagar merupakan salah satu cara untuk mengurangi gesekan sehingga pagar lebih mudah untuk didorong.

INFORMASI PENTING !

1. Gaya adalah suatu dorongan atau tarikan yang akan menggerakkan suatu benda bebas.

2. Gaya membantu kita menggerakkan benda. Gaya dapat membuat benda diam bergerak.

3. Saat Anda mendorong, menarik, atau mengangkat suatu benda, Anda menggunakan kekuatan otot.

4. Jika kedua benda saling bergesekan maka akan timbul gaya gesek. Gesekan adalah gaya yang berlawanan dengan arah gerak benda.

5. Gesekan dipengaruhi oleh :

A. kekasaran atau kehalusan permukaan;

B. luas permukaan besar atau kecil;

C. berat atau ringannya suatu benda.

Benda yang lebih berat akan memperbesar gaya geseknya meskipun bentuk atau ukurannya besar.

Topik B: Magnet, Benda Ajaib

Magnet banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tahukah Anda kalau tutup kulkas juga menggunakan magnet?

1693818767 789 Rangkuman Materi IPAS Kelas 4 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Kompas terbuat dari magnet berbentuk jarum. Ujung magnet ini akan selalu mengarah ke selatan dan utara. Jadi alat ini digunakan untuk pengarahan.

Selain itu, ada juga model tas atau dompet yang menggunakan magnet sebagai kancingnya. Bahkan ada magnet yang memiliki kekuatan sangat besar dan digunakan untuk mengangkat besi berukuran besar. Alat ini dapat digunakan untuk memilah besi bekas dari sampah lainnya. Bisa juga digunakan di tempat pengolahan besi.

Magnet juga digunakan untuk menggerakkan kereta api super cepat yang disebut kereta maglev. Kereta ini banyak digunakan di Jepang dan Eropa.

1693818768 554 Rangkuman Materi IPAS Kelas 4 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Bumi kita juga merupakan magnet. Wah kebayang kan, maksudnya magnetnya besar banget ya? Kekuatan magnet terbesar terdapat pada kutub utara dan kutub selatan bumi. Oleh karena itu, jarum magnet pada kompas akan selalu tertarik ke arah kutub bumi kita.

INFORMASI PENTING !

1. Magnet mempunyai dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan.

2. Sifat magnet mempunyai sifat sebagai berikut.

A. Jika dua kutub yang sama didekatkan maka akan timbul gaya tolak menolak. Kedua kutub ini akan saling tolak menolak.

B. Jika dua kutub yang berbeda didekatkan maka akan terjadi gaya tarik menarik. Kedua kutub tersebut akan saling tarik menarik lebih dekat.

C. Magnet akan menarik benda yang terbuat dari besi.

3. Magnet digunakan untuk kompas, pembuatan benda elektronik, dan pembuatan kereta api super cepat.

Topik C: Benda Elastis

1693818768 972 Rangkuman Materi IPAS Kelas 4 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Banu dan Aga sedang belajar memanah. Saat Banu menarik busurnya, dia menggunakan gaya pegas. Panah terbuat dari bahan elastis. Benda yang bersifat elastis berarti benda tersebut dapat mempertahankan bentuknya dan kembali ke bentuk semula setelah diberikan gaya. Juga dikenal sebagai benda fleksibel. Benda yang elastis akan menghasilkan gaya pegas.

Benda pegas banyak dijumpai pada benda-benda di sekitar kita. Pernahkah Anda menggunakan pena mekanis? Pada pulpen ini, kita dapat melepas dan memasukkan ujung tinta dengan menekan tombol yang tersedia. Pena jenis ini menggunakan pegas di dalamnya. Pegas merupakan benda elastis selain karet dan banyak digunakan pada benda pegas.

1693818769 69 Rangkuman Materi IPAS Kelas 4 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Pegas juga banyak digunakan pada peralatan timbang. Umumnya digunakan oleh para petani atau nelayan untuk menimbang. Bentuknya kecil sehingga praktis dan mudah dibawa.

Baca Juga :  Getaran: Pengertian, Parameter, Rumus, Contoh Soal & Pembahasan

Pegas ini juga digunakan pada kasur. Kasur jenis ini disebut kasur pegas.

Ada juga kendaraan bermotor yang menambahkan pegas dengan fungsi yang sama. Umumnya pegas ini disebut dengan suspensi atau biasa disebut dengan shockbreaker.

Ada juga alat olah raga yang disebut trampolin. Alat ini menggunakan kain yang tebal dan kuat serta dilengkapi pegas di sekelilingnya. Saat seseorang melompat ke atas trampolin, pegas pada alat ini akan mendorong orang tersebut. Alhasil orang tersebut akan terpental tinggi. Semakin keras lompatan kita maka pantulan semakin tinggi.

INFORMASI PENTING !

1. Benda elastis adalah benda yang bersifat lentur. Benda ini dapat mempertahankan bentuknya dan kembali ke bentuk aslinya.

2. Gaya pegas terdapat pada benda elastis.

3. Benda elastis akan memanjang jika diberi gaya tarik. Jika dilepaskan, benda ini akan memberikan semangat.

4. Gaya pegas dapat membuat benda diam bergerak.

5. Gaya pegas digunakan pada benda seperti timbangan, busur, alat lempar, jok sepeda, dan lain sebagainya.

Topik D: Mengapa Kita Tidak Melayang di Udara?

Pernahkah Anda bertanya mengapa benda jatuh? Mengapa kita tidak bisa melayang di udara? Ketika suatu benda jatuh, seolah-olah ada sesuatu yang menarik benda tersebut ke bawah. Begitu pula dengan tubuh kita, seolah-olah ada sesuatu yang menarik sehingga kita tidak bisa melayang. Hal ini terjadi karena adanya gaya yang tidak terlihat oleh bumi kita, yaitu gaya gravitasi. Pusat gravitasi bumi berada pada inti bumi. Dimana letak inti bumi? Letaknya di bagian terdalam bumi.

1693818770 458 Rangkuman Materi IPAS Kelas 4 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Gaya gravitasi bumi akan menarik benda-benda yang ada di bumi menuju intinya. Hal inilah yang menyebabkan benda-benda di Bumi tidak dapat mengapung. Jika tidak ada gaya gravitasi, semua benda yang kita lemparkan bisa dengan mudah hilang dengan cara melayang ke angkasa. Padahal, manusia sendiri bisa terbang dan sulit pulang ke rumah.

Pesawat terbang menggunakan gaya angkat untuk melawan gaya gravitasi. Untuk dapat terbang, sebuah pesawat harus menghasilkan gaya angkat yang lebih besar dari gaya gravitasi. Gaya angkat ini dihasilkan oleh sayap pesawat. Namun, untuk menciptakan daya angkat, sayap pesawat membutuhkan kecepatan. Kecepatan ini tercipta dari tenaga penggerak mesin jet pesawat terbang. Pada helikopter, gaya angkat dihasilkan dari baling-balingnya.

1693818770 109 Rangkuman Materi IPAS Kelas 4 Bab 3 Kurikulum Merdeka

INFORMASI PENTING !

1. Gaya gravitasi bumi adalah gaya yang menarik benda-benda di bumi hingga ke inti bumi.

2. Benda jatuh karena gaya gravitasi. Massa suatu benda tidak mempengaruhi cepat atau lambatnya benda itu jatuh.

3. Faktor-faktor yang mempengaruhi gerak suatu benda ketika jatuh adalah :

A. hambatan udara yang menghambat pergerakan benda;

B. luas permukaan benda. Semakin luas permukaannya, semakin besar pula hambatan udara saat terjatuh.

4. Gaya gravitasi banyak digunakan untuk mengalirkan air, baik di rumah, sawah, maupun kebun.

Demikian rangkuman materi Kurikulum Kelas 4 SD Merdeka Bab 3 tentang “Gaya di Sekitar Kita”.

Bagi anda yang membutuhkan Buku Ajar IPA Kelas 4 SD Merdeka Kurikulum bisa anda dapatkan filenya dibawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Kelas 4 IPA Kurikulum SD Merdeka (DISINI)

Demikian informasi mengenai rangkuman/ringkasan materi pelajaran IPA kelas 4 SD Kurikulum Merdeka yang ada pada Bab 3 yaitu tentang “Gaya di Sekitar Kita”. Semoga materi yang disampaikan diatas dapat menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat baik bagi siswa maupun guru dalam pembelajaran pada kurikulum mandiri.

www.pusatdapodik.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru