Rangkuman PPKN Kelas 1 SD Unit 1 Kurikulum Merdeka

- Penulis

Jumat, 22 September 2023 - 08:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

1695346178 0

1695346178 0

pusatdapodik.com – Rangkuman materi PPKN Kurikulum Mandiri Kelas 1 SD Unit 1 dengan Judul “Aku Cinta Pancasila”

Halo sobat Kherysuryawan, ketemu lagi di website pendidikan. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan rangkuman materi terkait mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas 1 SD Kurikulum Mandiri.

Rangkuman PPKN Kelas 1 SD Unit 1 Kurikulum Merdeka

Pada postingan kali ini admin akan membahas materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran PPKN Kelas 1 SD Kurikulum Mandiri khususnya materi Unit 1 tentang “Aku Cinta Pancasila”. Untuk memudahkan siswa dalam belajar, disini admin sengaja membuat rangkuman materi agar dapat membantu siswa dalam belajar.

Kita ketahui bahwa saat ini sekolah telah menerapkan kurikulum baru yaitu kurikulum mandiri, oleh karena itu disini admin akan membahas materi kurikulum mandiri pada mata pelajaran PPKN Kelas 1 SD. Jika sekolah anda sudah menggunakan kurikulum mandiri dan anda memerlukan informasi tentang materi PPKN Kelas 1 SD Kurikulum Mandiri yang akan dipelajari pada semester 1 maka anda bisa mendapatkan informasinya pada artikel ini karena disini admin akan membagikan rangkuman materi PPKN untuk Kelas 1 SD Unit 1 “Aku Cinta Pancasila” yang akan dipelajari pada kurikulum mandiri pada semester 1.

Dalam pembelajaran PPKN khususnya kelas 1 SD Unit 1 materi “Aku Cinta Pancasila” ada 2 tujuan yang ingin dicapai yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.

Berikut tujuan pembelajaran PPKN kelas 1 SD Unit 1 materi “Aku Cinta Pancasila”

TUJUAN PEMBELAJARAN

Tujuan umum yang diharapkan pada unit I “Aku Cinta Pancasila” adalah mengenal lambang-lambang Pancasila dan menjelaskan makna setiap sila, serta hubungan antar sila.

Tujuan khusus yang diharapkan pada unit I “Aku Cinta Pancasila” antara lain:

1. Melalui mengamati dan mendengarkan cerita ilustrasi, siswa menunjukkan sikap sesuai nilai-nilai Pancasila terhadap diri sendiri dan orang lain sebagai tanda rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Melalui mengamati dan mendengarkan cerita bergambar, siswa dapat mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan nilai-nilai baik Pancasila.

3. Dengan memainkan permainan Pancasila, siswa dapat menggabungkan kata menjadi kalimat sesuai dengan sila Pancasila.

4. Dengan memainkan permainan Pancasila, siswa dapat mengungkapkan sila-sila Pancasila secara berurutan atau acak.

5. Melalui kegiatan penjelasan makna setiap sila, siswa dapat menunjukkan sikap sesuai nilai-nilai Pancasila terhadap diri sendiri dan orang lain sebagai tanda rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

6. Dengan mengamati gambar dan menonton video lambang Pancasila, siswa dapat menghubungkan lambang Pancasila dengan sila Pancasila.

7. Melalui kegiatan mewarnai kelompok, siswa dapat menunjukkan sikap kooperatif dalam menerima saran orang lain.

8. Melalui kegiatan mewarnai kelompok, siswa dapat menghubungkan/mencocokkan gambar simbolik sesuai Garuda Pancasila.

9. Melalui kegiatan mewarnai kelompok, siswa dapat membuat gambar berwarna yang sesuai dengan warna lambang Garuda Pancasila.

Oke bagi anda yang ingin melihat rangkuman materi pada mata pelajaran kurikulum mandiri PPKN Kelas 1 SD Unit 1 “Aku Cinta Pancasila”, silahkan simak rangkuman lengkapnya dibawah ini:

Contoh perilaku sesuai nilai Pancasila

Permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa mengandung nilai-nilai ketuhanan antara lain keimanan, ketakwaan, rasa syukur serta memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh pemeluk agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk berkembang di Indonesia.

Baca Juga :  Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank : Tujuan, Fungsi, Jenis dan Contoh Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB)

Prinsip kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung nilai-nilai persamaan, kewajiban, hak, cinta kasih, hormat hormat, keberanian membela kebenaran dan keadilan, toleransi dan gotong royong.

Prinsip Persatuan Indonesia dalam masyarakat Indonesia yang majemuk mengandung nilai-nilai persatuan bangsa dan persatuan daerah sebagai pengikat yang menjamin keutuhan bangsa berdasarkan Bhinneka Tunggal Ika. Nilai ini menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kelompok. Sebaliknya kepentingan pribadi dan kelompok diselaraskan dalam kerangka kepentingan bangsa dan negara.

Mohon Warga Negara yang Dipandu oleh Hikmah Hikmah dalam Bermusyawarah/Perwakilan, mempunyai nilai kewarganegaraan karena kedaulatan negara ada di tangan rakyat dan keputusan bersama merupakan hikmah kebijaksanaan yang patut dihargai bersama.

Mohon Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, memuat nilai-nilai keadilan, keseimbangan antara hak dan kewajiban, menghargai hak orang lain, gotong royong, dan kerja keras untuk mewujudkan kemajuan yang adil dan setara. Kelima sila dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh sehingga pemahaman dan pengamalannya harus mencakup seluruh nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Pengetahuan tentang isi Pancasila

Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta yaitu panca dan tolong. mengatakan lima cara lima dan tolong maksudnya

prinsip atau aturan perilaku yang penting dan baik. Pancasila adalah lima asas yang memuat pedoman atau aturan mengenai tingkah laku yang penting dan baik (Lubis, 2018).

Bunyi kelima sila Pancasila adalah sebagai berikut:

1.
Tuhan Yang Maha Esa.

2.
Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

3.
Persatuan Indonesia.

4.
Demokrasi Dipimpin oleh Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.

5.
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Arti Warna Pada Lambang Garuda Pancasila

Garuda Pancasila terdiri dari tiga komponen utama, yaitu Burung rajawali, baju zirah Dan pita putih. Jumlah bulu pada sayap Garuda sebanyak 17 buah, bulu pada bagian ekor sebanyak 8 buah, bulu pada pangkal ekor sebanyak 19 buah, dan bulu pada bagian leher sebanyak 45 buah. (delapan) dan 1945 (sembilan empat belas empat puluh lima) yang menggambarkan masa proklamasi kemerdekaan Indonesia yaitu tanggal 17 Agustus 1945.

Bukan hanya sayapnya saja yang mengandung makna kemerdekaan. Selain itu, warna-warna yang digunakan pada lambang negara juga tidak boleh ditempatkan sembarangan karena warna-warna tersebut telah ditetapkan untuk ditempatkan pada bagian-bagian lambang negara.

1. Warna hitam adalah warna kepala banteng pada lambang Garuda Pancasila. Hitam juga digunakan untuk mewarnai perisai tengah pada latar belakang bintang, serta untuk mewarnai garis tengah perisai yang datar. Hitam juga digunakan sebagai warna tulisan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

2. Warna merah digunakan untuk warna perisai kiri atas dan kanan bawah yang terdapat pada lambang Garuda Pancasila.

Baca Juga :  Kesetimbangan Kimia: Pengertian, Rumus, & Soal

3. Warna hijau digunakan sebagai warna pohon beringin.

4. Warna putih digunakan untuk warna perisai kiri bawah dan kanan atas. Warna putih juga diberikan pada pita yang dipegang burung Garuda Pancasila.

5. Warna kuning ditempatkan sebagai warna Garuda Pancasila, untuk warna bintang, rantai, kapas dan beras

Arti dari setiap lambang sila Pancasila

Perisai Garuda Pancasila merupakan suatu hal penting yang wajib kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perisai pada Garuda memuat lima simbol yang masing-masing melambangkan prinsip dasar negara, Pancasila. Perisai yang dikenakan melambangkan pertahanan Indonesia.

1. Bintang Tunggal

Arti Sila 1 Ketuhanan Yang Maha Esa dilambangkan dengan perisai berwarna hitam dengan bintang emas berkepala lima (berujung lima). Bintang emas sendiri dapat diartikan sebagai cahaya seperti Tuhan yang merupakan cahaya spiritual bagi setiap manusia.

2. Rantai Emas

Makna Sila 2 Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dilambangkan dengan rantai yang tersusun dari gelang-gelang kecil yang menandakan hubungan antar manusia dengan sesamanya yang saling tolong menolong. Gelang persegi bergambar laki-laki sedangkan gelang lingkaran melambangkan perempuan.

3. Pohon Beringin

Makna Sila 3 Persatuan Indonesia dilambangkan dengan pohon beringin (Ficus benjamina) di kiri atas perisai dengan latar belakang putih. Pohon beringin merupakan salah satu pohon Indonesia yang mempunyai akar tunjang – akar tunggal panjang yang menopang pohon besar ini dengan tumbuh sangat dalam ke dalam tanah. Hal ini mencerminkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Pohon beringin juga mempunyai banyak akar yang menjuntai dari dahannya. Hal ini mencerminkan Indonesia sebagai negara kesatuan namun dengan berbagai latar belakang budaya yang berbeda.

4. Kepala Banteng

Arti Prinsip 4, Demokrasi Dipimpin oleh Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Dilambangkan dengan kepala banteng di kanan atas perisai dengan latar belakang berwarna merah. Sapi liar atau banteng merupakan hewan sosial yang suka berkumpul, sama seperti manusia, dimana pengambilan keputusan harus dilakukan melalui musyawarah, salah satunya dengan cara berkumpul untuk membicarakan suatu hal.

5. Beras Kapas

Makna Prinsip 5 Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia dilambangkan dengan padi dan kapas di kanan bawah perisai dengan latar belakang putih. Kapas dan beras (mencerminkan pangan dan sandang) merupakan kebutuhan pokok seluruh masyarakat Indonesia tanpa memandang status dan kedudukan. Hal ini mencerminkan kesetaraan sosial dimana tidak ada kesenjangan sosial antara satu sama lain, namun hal tersebut (kesetaraan sosial) tidak berarti Indonesia menggunakan ideologi komunisme.

Demikianlah rangkuman materi PPKN Kelas 1 SD Unit 1 “Aku Cinta Pancasila” yang dapat admin Kherysuryawan sajikan pada artikel kali ini, dan bagi anda yang membutuhkan buku ajar Kurikulum Mandiri PPKN Kelas 1 SD silahkan dapatkan filenya dibawah ini :

  • Buku Guru & Siswa PPKN Kelas 1 Kurikulum Mandiri (DI SINI)

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman Materi PPKN Kelas 1 SD Unit 1 “Aku Cinta Pancasila” yang nantinya akan dipelajari pada pembelajaran kurikulum mandiri. Semoga apa yang admin sampaikan dan bagikan pada kesempatan kali ini dapat membantu para guru dan siswa dalam memperoleh materi pembelajaran khususnya mata pelajaran PPKN tingkat sekolah dasar kurikulum mandiri.

www.pusatdapodik.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB