PusatDapodik
Home Berita Pendidikan Rektor UGM: Dosen Tulang Punggung Institusi Pendidikan

Rektor UGM: Dosen Tulang Punggung Institusi Pendidikan

PUSATDAPODIK.COM – Rektor UGM, Prof. Ova Emilia menyapa para dosen yang telah menyelesaikan studinya maupun yang sedang memulai studi doktoral (S3) dan subspesialis baik di kampus dalam maupun luar negeri.

Tahun ini, katanya, ada 128 dosen yang baru menyelesaikan pendidikan doktor dan subspesialis.

Baca juga: Ini Jadwal Lengkap Liburan Sekolah Pelajar di Provinsi Jawa Barat

Sementara itu ada 110 dosen yang baru menempuh studi S3 dan subspesialis.

Rektor UGM mengatakan, dosen merupakan tulang punggung lembaga pendidikan.

Dalam ekosistem yang selalu berubah dewasa ini, perlu dilakukan perubahan mendasar mengenai pengelolaan sumber daya manusia di lembaga pendidikan.

Dosen, katanya, memiliki tanggung jawab utama dalam menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Namun dengan beban tambahan seperti masalah administrasi, menduduki jabatan struktural dan lain-lain, mengurangi fokus pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.

Oleh karena itu pihak universitas ingin mengembangkan tata kelola organisasi agar dosen tidak lagi dibebani dengan urusan administrasi yang akan menghambat motivasi dalam melaksanakan kegiatan tridharma.

“Para dosen yang baru pulang kuliah memiliki energi dan pemikiran baru yang tinggi diharapkan dapat menjadi penggerak lokomotif di UGM,” ujarnya dalam keterangannya, Senin (19/12/2022).

Wakil Rektor UGM Bidang Sumber Daya Manusia dan Keuangan, Prof. Supriyadi menyampaikan harapannya agar para dosen yang baru saja menyelesaikan studinya dapat lebih produktif setelah kembali ke UGM.

Baca juga: 20 Departemen ITB Punya Kapasitas Terbanyak, Referensi SNPMB 2023

www.kompas.com

Comment
Share:

Ad