Resmi Kemendikbud Rilis SE Minta Guru Nonsertifikasi Segera Persiapkan 6 dan 8 Desember 2022


Salam dan pembaca yang bahagia. Teman PUSATDAPODIK.COMpada kesempatan kali ini Admin ingin berbagi informasi tentang Resmi, Kemendikbud Rilis SE Minta Guru Non Sertifikasi Segera Persiapkan Tanggal 6 dan 8 Desember 2022.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan surat edaran resmi untuk guru tidak bersertifikat pada Desember 2022.

Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi guru tidak bersertifikat ini bernomor 2708/B2/GT.00.02/2022 yang dikeluarkan pada 2 Desember 2022.

Surat edaran untuk guru tersebut membahas tentang informasi persiapan dan pelaksanaan Uji Kompetensi Siswa PPG UKMPPG periode VII Tahun 2022.

Dalam isi surat edaran tersebut, Kemendikbud menyebutkan bahwa masa pendidikan bagi siswa PPG Golongan II Tahun 2022 akan segera berakhir.

Seperti diketahui, program PPG Dalam Jabatan merupakan program khusus bagi guru yang belum tersertifikasi.

Sehubungan dengan pelaksanaan program PPG Dalam Jabatan, Direktorat Pendidikan Profesi Guru bersama tim pelaksana Komite Nasional UKMPPG akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan UKMPPG.

Dimana kegiatan UKMPPG terdiri dari Ujian Kinerja atau UKin dan UP atau Ujian Pengetahuan periode VII tahun 2022.

Selanjutnya pelaksanaan UP dan UKin UKMPPG periode VII bagi mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan sebagai peserta UKMPPG.

Salah satu syarat guru peserta UKMPPG adalah mahasiswa PPG Daljab kategori II tahun 2022 yang merupakan peserta PPG yang merupakan lulusan guru penggerak atau dokter umum.

Selain itu, Kemdikbud juga memberikan persyaratan yang tidak kalah penting yaitu peserta rekruitmen UKMPPG.

Perlu diketahui bahwa bagi guru yang mengikuti UKin ada biaya yang harus dibayar guru yaitu Rp 600.000.

Bagi guru yang ingin membayar UKMPPG dapat membayarnya melalui perguruan tinggi penyelenggara PPG.

Sedangkan untuk dapat mengikuti UP, guru harus membayar biaya sebesar Rp. 300.000 dan dibayarkan melalui virtual account.

Dalam hal ini guru yang akan mengikuti pembekalan peserta UKin harus siap untuk tanggal 6 Desember 2022.

Kemudian untuk dapat mengikuti pendaftaran UKMPPG dilakukan pada tanggal 6 sampai dengan 8 Desember 2022.

Penting bagi guru untuk mengetahui agenda terkait jadwal pelaksanaan UKMPPG VII periode 2022 agar tidak ketinggalan agenda penting selama Desember 2022.

Nantinya, setelah guru selesai menjalani seluruh agenda UKMPPG, pengumuman hasil UKMPPG akan diinformasikan pada 27 Desember 2022.

Baca Juga Info Lainnya :

Terima kasih telah mengunjungi Web TREN GURU. Ketika artikel ini bermanfaat “Secara resmi Kemendikbud Rilis Surat Edaran Minta Guru Nonsertifikasi Segera Bersiap pada 6 dan 8 Desember 2022silahkan klik LIKE dan SHARE ke teman-teman lainnya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • *بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــم*
    *السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ*

    Bapak Nadiem Makarim yth.
    Semoga bapak dalam keadaan sehat walafiat, dan selalu mendapat Rahmat dan hidayah dari Allah SWT.
    Bersama ini saya sampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya atas UU Sisdiknas yg Bapak cetuskan, semoga benar2 tersahkan dan terealisir oleh DPR.

    Mungkin boleh saya kemukakan:
    Bahwa sebenarnya banyak sekali keadaan guru yg sebenarnya berat sekali dari sisi finansial dan materi. Mungkin dg UU Sisdiknas itu akan membantu. Namun yg lebih berat lagi banyak juga guru yg sekarang ini sudah berusia diatas 50 tahun yg belum mendapatkan sertifikasi/tunjangan profesi guru (TPG).
    Maka dari itu untuk sedikit mengejar kesetaraan dengan mereka2 yg sudah mendapatkan TPG di usia 40 tahun atau usia 30 tahun, alangkah baiknya jika guru2 yg belum mendapatkan TPG sekarang ini yg sudah berusia diatas 50 tahun mendapatkan TPG dihitung dari usia 50 tahun keatas. Dengan demikian mereka mendapatkan TPG dirapel dari usia 50tahun yll sampai dengan usia sekarang ini. Sehingga ini akan sangat membantu sekali kondisi finansial dan materi mereka yg banyak sekali keadaan mereka yg (maaf) tanggungan keluarga (anaknya banyak), belum punya rumah, kendaraan bahkan mungkin pinjaman hutang, dan banyak diantaranya yg ingin pergi umroh/haji.
    Demikian terima kasih, mohon pertimbangannya.

    *وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ*