PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Rumah Adat Tengkonan: Asal Daerah, Penjelasan Lengkap + Gambar

Rumah Adat Tengkonan: Asal Daerah, Penjelasan Lengkap + Gambar

Rumah Adat Tengkonan Asal Daerah Penjelasan Lengkap Gambar.webp
Rumah Tongkonan adalah
Ilustrasi oleh dribbble.com

Rumah Tongkonan merupakan simbol keluarga dan martabat masyarakat Toraja. Rumah tongkonan biasanya digunakan sebagai banua atau rumah adat bahkan sebagai lumbung padi.

Rumah adat merupakan salah satu rumah adat yang hampir setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dan menjadikan setiap rumah adat sangat unik dan memiliki perbedaan tersendiri. Salah satu rumah adat yang unik adalah rumah adat Tongkonan Toraja.

Rumah Tongkonan merupakan rumah adat suku Toraja yang terkenal dengan tampilannya yang unik dan menarik. Bisa dibilang ini adalah salah satu rumah adat paling populer dari Indonesia.

Filosofi Rumah Adat Tongkonan

Setiap rumah adat yang ada di Indonesia tentunya dibangun dan memiliki nilai filosofis tersendiri.

Rumah adat Tongkonan ini sendiri memiliki catatan filosofis yang selalu berangkat dari filosofi hidup yang diambil dari ajaran Aluk Todolo.

Lr5Im50ybM1z8Wvmu1sSIvU KQRp

Filosofi ini mengandung bahwa bangunan rumah adat harus memiliki makna yang terikat dalam segala proses masyarakat Toraja.

Rumah Tongkonan merupakan simbol keluarga dan martabat masyarakat Toraja. Sehingga jika rumah tersebut dijual, otomatis dapat diartikan sebagai menjual harkat dan martabat pemilik rumah tersebut.

Makna dan Fungsi

Rumah adat tongkonan tentunya memiliki arti dan fungsi tersendiri.

Awalnya Rumah Tongkonan diciptakan sebagai tempat untuk menjadi pusat kebudayaan masyarakat Toraja. Rumah Tongkonan sendiri juga dapat digunakan sebagai banua atau rumah adat bahkan sebagai lumbung padi.

Sesuai dengan nilai-nilai filosofis yang telah disebutkan di atas, maka rumah adat Tongkonan merupakan suatu tempat yang memiliki aspek yang sangat luas dan mencakup segala aspek kehidupan yang ada.

Bagian Khas Rumah Adat Tongkonan

Setiap rumah adat dibuat dengan memiliki bagian khas tersendiri yang berbeda-beda. Rumah adat tongkonan sendiri memiliki beberapa bagian berbeda yang masih bisa disesuaikan dengan rumah Anda saat ini. Berikut adalah beberapa bagian unik dan menarik dari rumah adat Tongkonan:

Rumah Tongkonan Toraja Unik dan Bermakna |  Rumah.com

1. Patung kepala kerbau

Ada 3 jenis kepala kerbau yang terpasang di atap rumah yaitu kerbau putih, kerbau hitam dan juga kerbau belang atau sering disebut dengan kerbau bule.

Di beberapa rumah adat Tongkonan lainnya biasanya terdapat tambahan arca seperti patung kepala ayam atau patung naga. Yang menjadi pertanda bahwa pemilik rumah tersebut adalah orang yang sudah lanjut usia.

2. Empat Warna Dasar

Rumah Tongkonan dibuat dengan memiliki empat warna dasar yang masing-masing juga memiliki arti. Warna merah berarti darah yang melambangkan kehidupan manusia.

Warna kuning berarti anugerah dari Yang Maha Kuasa. Putih seperti warna tulang artinya suci atau bersih. Sedangkan warna hitam berarti kematian.

3. Rumah Pohon Sparrow

Rumah dengan bentuk pohon burung pipit ini merupakan salah satu tahap awal pembangunan rumah suku Toraja yang berada di atas pohon dan terbuat dari dahan kayu yang diletakkan di dahan besar dan menggunakan atap yang terbuat dari rerumputan.

4. Bentuk atapnya menyerupai perahu

Tongkonan - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia gratis

Salah satu bagian rumah Tongkonan yang paling khas dan salah satu ciri yang paling kentara adalah bentuk atapnya yang menyerupai perahu. Bentuk atapnya dibuat sebagai pengingat nenek moyang dulu menggunakan perahu untuk menuju Pulau Sulawesi.

5. Konstruksi Rumah Unik

Rumah Tongkonan umumnya dibuat menghadap ke Timur Laut dan dibangun di atas tanah yang luas. Konstruksi luar rumah Tongkonan sangat besar namun kontras dengan isinya.

Di desa Tanah Toraja, biasanya rumah Tongkonan akan dibangun berjejer dan tertata rapi seperti rumah-rumah di kavling-kavling saat ini.

Dan sebaliknya setiap rumah adat biasanya memiliki sawah sendiri sehingga setiap keluarga dapat dengan mudah melakukan pertanian sendiri.

Jenis Rumah Adat Tongkonan

Rumah adat Tongkonan memiliki beberapa jenis rumah adat yang berbeda. Setiap jenis rumah adat yang ada dibuat dan disesuaikan dengan peran penguasa atau pemimpin yang ada.

Berikut ini beberapa jenis rumah adat Tongkonan yang ada dan dapat ditemukan :

5 Gambar Rumah Adat Sulawesi Selatan Beserta Penjelasannya |  BROONET

1. Tongkonan Layuk

Jenis rumah adat Tongkonan yang pertama adalah Tongkonan Layuk. Jenis rumah adat ini merupakan rumah adat yang pertama kali menjadi pusat pemerintahan dan kekuasaan.

Rumah digunakan sebagai tempat yang mengatur segala urusan pemerintahan agar dapat berjalan dengan baik dan lancar.

2. Tongkonan Pekamberan

Rumah adat ini dibuat khusus untuk keluarga besar yang memiliki kekuasaan tinggi di suatu daerah. Tongkonan Pekamberan digunakan oleh penguasa dalam mengatur berbagai bentuk pemerintahan adat yang ada.

Tugas keluarga adalah meneruskan tradisi lokal yang ada dan mewariskannya kepada generasi berikutnya.

3. Tongkonan Batu A’riri

Jenis rumah adat Tongkonan yang terakhir adalah Tongkonan Batu A’riri yang digunakan sebagai rumah bagi keluarga biasa atau masyarakat yang membutuhkan tempat tinggal.

Tongkonan Batu juga memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan sedikit berbeda dengan rumah Tongkonan lainnya.

Nah itulah penjelasan lengkap tentang Rumah Adat Tengkonan. Semoga bermanfaat!

Referensi:

saintif.com

Comment
Share:

Ad